LPPM Gelar Seminar Hasil Penelitian dan Pameran Poster 2017


LPPM Gelar Seminar Hasil Penelitian dan Pameran Poster 2017

UNIKU JAYA – Universitas Kuningan (Uniku) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Senin (11/12/2017), menggelar kegiatan seminar hasil penelitian dan pameran poster penelitian tahun 2017 di Ruang Rapat Gedung Rektorat Kampus 1 Universitas Kuningan (Uniku).

Menurut Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Kuningan (Uniku) Oding Syafrudin, MM., dalam laporannya, mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka untuk meningkatkan iklim atmosfir akademik yang kondusif melalui penyebarluasan hasil penelitian dan mempublikasikan hasil kerja riset sebagai bagian tugas akademik dosen.

“Bukan hanya itu saja, tetapi tujuan lainnya dari kegiatan ini adalah untuk menghasilkan luaran utama dan luaran penunjang,” tuturnya.

Dirinya menjelaskan, bahwa sebelumnya sudah dilaksanakan presentasi penelitian Dikti tahun 2017 di dua (2) tempat yang berbeda, yaitu pada tanggal 04-05 Desember di Tanggerang dengan penyelenggaranya dari Kemenristekdikti untuk hibah penelitian doctor. Pada tanggal 11-16 Desember di Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) bagi penelitian dosen pemula dengan diikuti 12 peneliti.

“Kalau sekarang adalah expo poster penelitian yang diikuti oleh 54 poster penelitian yang akan dipamerkan selama 1 minggu dari tanggal 11-16 Desember 2017. Dan presentasi penelitian dana internal selama dua (2) hari yaitu tanggal 11-12 Desember 2017 yang diikuti oleh 81 dosen peneliti. Dari kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan daya saing Perguruan Tinggi,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., dalam arahannya, mengatakan, dirinya secara pribadi sangat mengapresiasi dan mendukung sepenuhnya kegiatan seminar hasil penelitian dan pameran poster penelitian tahun 2017 yang diselenggarakan oleh LPPM Uniku.

“Ini sebagai bukti komitmen kita bersama untuk meningkatkan daya saing Perguruan Tinggi. Alhamdulillah, untuk tahun ini Uniku juga sudah naik peringkat dari kluster 4 menjadi kluster 3,” tuturnya.

Dikdik berharap, dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut, diharapkan dapat memberikan semangat bagi dosen-dosen Uniku untuk melakukan penelitian dan mempublikasikannya sehinggat bisa meningkatkan daya saing Perguruan Tinggi nantinya.

“Alhamdulillah, Uniku juga kembali memiliki jurnal yang sudah terakreditasi lagi setelah sebelumnya jurnal “English Review” milik Program Studi (Prodi) Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang terakreditasi DOAJ. Kini, giliran jurnal Unifikasi milik Prodi Ilmu Hukum Fakultas Hukum (FH) juga sudah terakreditasi di SINTA,” terangnya.

Hadir dalam acara tersebut, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., Wakil Rektor I Dr. Anna Fitri Hindriana, M.Si., Wakil Rektor II Fahmi Yusuf, MMSI., Kepala LPPM Oding Syafrudin, MM., Dosen-dosen peneliti dan tamu undangan lainnya.