Kelompok 2 KKN Karyawan Gelar Bimtek Bareng Ibu Bupati


Kelompok 2 KKN Karyawan Gelar Bimtek Bareng Ibu Bupati

UNIKU JAYA - Kelompok dua (2) kuliah kerja nyata (KKN) kelas karyawan menggelar bimbingan teknis (Bimtek) di Kecamatan Cibeureum Kabupaten Kuningan pada hari Selasa kemarin. Bimtek ini bertujuan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yg dirasa menjadi hambatan dalam pengembangan Kecamatan Cibeureum yang dirumuskan berdasarkan hasil observasi mahasiswa selama KKN.

“Terdapat tiga (3) materi dalam bimtek tersebut yaitu bimtek standar pengemasan makanan olahan oleh Tatang Rustandi dari Disperindag Kabupaten Kuningan, bimtek administrasi keuangan sederhana oleh Oktaviani Rita Puspasari, SE., M.Si, Ak., dan bimtek literasi edukasi perbankan oleh Suhendar, SE., dari BPR Kabupaten Kuningan,” kata Lilik selaku Ketua Kelompok 2 KKN karyawan ketika dihubungi via telepon, Jum’at (18/08/2017).

Dalam acara yg di helat di Aula Kecamatan Cibeureum tersebut, hadir pula Ibu Bupati Kuningan Ika Acep Purnama yang membuka langsung acara tersebut sekaligus memberikan dukungan moral dan materil terhadap kegiatan kelompok dua (2) KKN kelas karyawan di Kecamatan Cibeureum.

“Selain Ibu Bupati, Bimtek ini juga di hadiri oleh Camat Cibeureum Drs. Pupung Rustandi, Kepala Desa se-Kecamatan Cibeureum beserta perwakilannya dari Karang Taruna, PKK, serta Ketua Bumdes di setiap Desa se-Kecamatan Cibeureum,” terangnya.

Lebih lanjut, bahwa rekan-rekan mahasiswa berharap dengan adanya acara ini akan bermanfaat untuk masyarakat kecamatan cibeureum dalam mengembangka UKM nya atau industri rumahannya.

“Karena selain tape ketan, ternyata di Kecamatan Cibeureum banyak makanan khas untuk dijadikan oleh-oleh seperti dodol jawadah, opak ketan, opak aci, kripik singkong dsb. Namun makanan olahan rumahan tersebut, masih belum berkembang dan belum dikenal oleh masyarakat luas,” jelasnya.

Sementara itu, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok dua (2) KKN Kecamatan Cibeureum Oktaviani Rita Puspasari, SE., M.Si., Ak., mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi dan menyampaikan selamat kepada rekan-rekan mahasiswa KKN Cibeureum atas program kerja yang sudah dirancang dan terlaksana dengan lancar serta sukses tersebut.

“Alhamdulillah, salah satu proker utama mengadakan sosialisasi dan bimtek yang ditujukan untuk warga Kecamatan Cibeureum dengan sasaran utama industri mikro kecil telah sukses di gelar dengan sukses. Ini menambah lagi beberapa program kerja yang sudah terlaksana seperti sosialisasi filter bahaya internet dan pembuatan hidroponik, " ujarnya.

Rita berharap, agar mahasiswa dan mahasiswi KKN di Kecamatan Cibeureum bisa terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat yang ada disana.

“Jangan terlena dengan program yang sudah berjalan, tetap fokus untuk menyelesaikan program-program yang sudah dirancang agar terlaksana dengan baik. Mengingat waktu kita masih ada kurang lebih 12 hari lagi menuju KKN Expo,” harapnya.