Kegiatan KKN 2011


Kegiatan KKN 2011

Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Kuningan tahun akademik 2011 merupakan kegiatan dengan bentuk Interdisipliner di desa-desa yang pelaksanaan perintisannya sudah di implementasikan sejak tahun 2004 yang secara oprasional ditangani oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat (LPPM) Universitas Kuningan.

Perguruan tinggi didirikan dengan tiga misi mulia, yang kemudian dikenal dengan sebutan Tridharma Perguruan Tinggi. Ketiga dharma perguruan tinggi tersebut yaitu : 1) Pendidikan dan pengajaran; 2) Penelitian; dan 3) Pengabdian pada Masyarakat. Seluruh sivitas akademika, yaitu dosen dan mahasiswa, berkewajiban menjalankan ketiga misi tersebut.

KKN yang dilaksanakan oleh mahasiswa sekarang ini, dilakukan dalam rangka menjalankan salah satu misi mulia perguruan tinggi, yaitu pengabdian pada masyarakat. Kegiatan ini baru bermakna apabila tujuan pengabdian ini dirasakan secara positif oleh masyarakat sekitar tempat kegiatan tersebut. Jadi penilaiannya adalah oleh masyarakat itu sendiri. Maka masasiswa perlu menyadari hal ini sejak awal dan oleh karenanya ia harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Mahasiswa perlu bertanya pada diri masing-masing : Apa yang bisa dia lakukan buat masyarakat? Apa yang bisa ia sumbangkan untuk perbaikan masyarakat? Jika hal ini disadari, maka kegiatan KKN UNIKU akan mendapat sambutan positif dari masyarakat.

 

Melalui kegiatan KKN ini, mahasiswa diharapkan  mendapat pelajaran yang sangat berharga untuk mengasah ketrampilan, wawasan dan daya nalarnya, terutama di dalam mengatasi masalah yang dihadapi dimasyarakat.
Pada pelaksanaan KKN tahun-tahun sebelumnya, para mahasiswa diwajibkan berada di lapangan selama 2 minggu. Namun, pelaksanaan KKN tahun ini berbeda dengan pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini selama satu bulan para mahasiswa akan berada dilapangan dan berlangsung dari tanggal 18 Juli 2011 sampai dengan 18 Agustus 2011. Dan pelaksanaannya dilakukan di Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Brebes.
Selama berada dilapangan, selain mengajar mereka juga belajar, serta diarahkan oleh para dosen pembimbingnya untuk melakukan program-program kongkrit dengan melibatkan masyarakat secara langsung dalam pembinaan, pelestarian, penerapan dan pengembangan bidang keilmuan masing-masing mahasiswa di masayarakat.
Mahasiswa yang mengikuti KKN tahun 2011 ini sebanyak 969 peserta, yang terdiri dari :    

FKIP : 573 peserta, yang terdiri dari :
  • 204 peserta di Kecamatan Maleber, yang terbagi di 12 desa.
  • 208 peserta di Kecamatan Garawangi, yang terbagi di 13 desa.
  • 161 peserta di Kecamatan Lebakwangi, yang terbagi di 10 desa.

FE : 202 peserta, yang terdiri dari :
  • 97 peserta di Kecamatan Losari, yang terbagi di 7 desa.
  • 105 peserta pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kuningan, yang terbagi pada 6 kelompok.

FHUT : 32 peserta, yang terdiri dari :
  • 32 peserta di Kecamatan MAndirancan, yang terbagi di 2 desa.

FKOM : 162 peserta, yang terdiri dari :
  • 133 peserta di Kecamatan Losari, yang terbagi di 9 desa.
  • 29 peserta di Kecamatan Cigugur, yang terbagi di 2 desa.
Mereka akan dibimbing oleh 35 dosen pembimbing yang akan memberi arahan dalam penyusunan program maupun kegiatan dilapangan.
Besar harapan kami  semoga pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini bermanfaat bagi mahasiswa dan  masyarakat terutama di beberapa kecamatan pada Kabupaten Kuningan dan Kabupaten  Brebes.
 
Atas nama segenap panitia Pelaksana KKN UNIKU, menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang  telah berpartisipasi pada kegiatan ini sehingga kegiatan KKN UNIKU tahun akademik 2011 dapat berjalan lancar.