KITLV Kunjungi Universitas Kuningan


KITLV Kunjungi Universitas Kuningan

UNIKU JAYA Koninklijk Instituut voor Taal-, Land-en Volkenkunde (KITLV) Belanda melalui perwakilan KITLV Jakarta Boy Hidayat, mengunjungi kampus Universitas Kuningan (Uniku), Selasa (15/08/2017).

Rombongan dari perwakilan KITLV Jakarta diterima secara langsung oleh Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., dengan didampingi oleh Dekan Fakultas Hukum (FH) Haris Budiman, SH., MH., Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Oding Syafrudin, MM., Ketua Program Studi (Kaprodi) Ilmu Hukum sekaligus pengelola jurna Unifikasi Suwari Akhmaddhian, SH., MH., dan Perwakilan dari pengelola jurnal English Review Fahmi Hygienis, S.S., dan Wulan Rahmatunnisa, M.Pd., di Ruang Rapat Gedung Rektorat Universitas Kuningan (Uniku).

Boy Hidayat selaku perwakilan atau koordinator dari KITLV Jakarta dalam kunjungan tersebut, mengatakan, tujuan kita berkunjung kesini adalah dalam rangka melengkapi khazanah perpustakaan KITLV agar dapat diberikan terbitan-terbitan jurnal yang dimiliki oleh Universitas Kuningan (Uniku) yakni jurnal dari Fakultas Hukum (FH) dengan nama jurnalnya “Unifikasi” dan jurnal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dengan nama jurnalnya “English Review” sebagai koleksi di Perpustakaan Universitas Leiden dan disebarkan atau di publikasikan ke seluruh dunia.

“Itulah tujuan utama kedatangan kami ke Universitas Kuningan. Perlu diketahui, KITLV yang berdiri sejak 1851 dan berpusat di Leiden, membuka perwakilannya di Jakarta pada tahun 1969. KITLV-Jakarta bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyelenggarakan berbagai kegiatan ilmiah dan menerbitkan karya-karya ilmiah tentang Indonesia dan Asia Tenggara pada umumnya, di samping tukar menukar penerbitan dengan lembaga-lembaga lainnya,” tuturnya.

Sejak 1 Juli 2014 Perpustakaan KITLV di Leiden bergabung dengan Perpustakaan Universitas Leiden.

“Sebagai perpustakaan dan pusat penelitian, Perpustakaan Universitas Leiden menghimpun informasi penerbitan dan buku-buku dan majalah dalam bidang ilmu sosial dan kemanusiaan dari instansi pemerintahan, swasta, universitas atau terbitan komersial umum dan terbuka yang disimpan di perpustakaan KITLV di Leiden dalam bentuk asli, digital dan/atau microfilm,” jelasnya.

Sedangkan, Dekan Fakultas Hukum (FH) Universitas Kuningan (Uniku) Haris Budiman, SH., MH., mengatakan, kedatangan rombongan dari KITLV Jakarta ini merupakan kesempatan baik bagi para dosen dan mahasiswa-mahasiswi Universitas Kuningan (Uniku)  untuk menambah data di Perpustakaan Universitas Leiden.

“Kami menyambut baik atas kepercayaannya ini sehingga jurnal yang di terbitkan dapat go internasional,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE.,M.Si., mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi atas kunjungan dan kepercayaannya yang telah diberikan dari pihak KITLV Jakarta kepada Universitas Kuningan (Uniku).

“Saya ucapkan terimakasih atas kepercayaannya kepada Uniku sehingga bisa dikunjungi oleh pihak KITLV Jakarta. Dan saya juga ucapkan selamat datang di kampus kebanggaan masyarakat Kabupaten Kuningan,” tuturnya.

Dikdik berharap, dengan kedatangannya rombongan dari pihak KITLV Jakarta ke kampus Universitas Kuningan (Uniku) tersebut, diharapkan bisa lebih ditingkatkan lagi kedepannya dengan bentuk kerjasama antara dua (2) lembaga ini yakni Uniku dengan KITLV.

“Semoga, ke depannya bisa lebih di tingkatkan lagi dalam bentuk kerjasama antara Uniku dengan KITLV,” harapnya.