Jurnal FH “Unifikasi” Terindeks Sinta


Jurnal FH “Unifikasi” Terindeks Sinta

UNIKU JAYA - Berdasarkan hasil klasterisasi jurnal nasional yang dilakukan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang diumumkan dalam portal SINTA (Science and Technology Indeks), satu buah jurnal penelitian Faklultas Hukum (FH) Universitas Kuningan (Uniku) bernama “Unifikasi” telah terindeks SINTA dan disetarakan dengan jurnal nasional terakreditasi berdasarkan juknis Permenristekdikti No 20 tahun 2017 karena telah memenuhi standar tata kelola jurnal nasional terakreditasi.

“Terindeksnya satu buah jurnal “Unifikasi” ini, diharapkan akan semakin memacu publikasi hasil-hasil penelitian dosen FH Uniku khususnya dengan jabatan fungsional lektor kepala yang menurut Permenristekdikti No 20 tahun 2017, Pasal 4, wajib menghasilkan paling sedikit 3 (tiga) karya ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal nasional terakreditasi atau paling sedikit 1 (satu) karya ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal internasional, paten, atau karya seni monumental atau desain monumental, dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun. Jurnal Unifikasi merupakan Jurnal Ilmu Hukum dengan p-ISSN 2354-5976, e-ISSN 2580-7382 terindeks SINTA dengan skor SINTA 4 (Q-4),” kata Suwari Akhmaddhian, SH., MH., selaku Editor Jurnal Unifikasi FH Uniku ketika dimintai keterangannya, Sabtu (09/12/2017).

Dekan Fakultas Hukum (FH) Universitas Kuningan (Uniku) Haris Budiman, SH., MH., ditempat yang sama, menyatakan, bahwa FH Uniku walaupun baru berusia muda atau masih belia tetapi kita konsen terhadap kualitas. “Ini kesempatan bagi dosen-dosen, khususnya bidang ilmu hukum untuk mempublikasikan karya ilmiahnya di jurnal kami,” tuturnya.

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), mengklasterisasi 959 jurnal yang telah terdaftar di portal SINTA dan mengklasifikasikan kedalam SINTA 1 hingga SINTA 6 (Q1-Q6), dengan rincian sebagai berikut :SINTA 1 (Q1) dengan nilai 85 -100, terdiri dari 37 jurnal, adalah jurnal nasional terakreditasi A;

SINTA 2 (Q2) dengan nilai 70 -< 85, terdiri dari 262 jurnal, adalah jurnal nasional terakreditasi B; SINTA 3 (Q3) dengan nilai 60 -< 70, terdiri dari 133 jurnal; SINTA 4 (Q4) dengan nilai 50 -< 60, terdiri dari 261 jurnal.

“SINTA 5 (Q5) dengan nilai 40 -< 50, terdiri dari 215 jurnal dan SINTA 6 (Q6) dengan nilai 30 -< 40, terdiri dari 51 jurnal. Semoga, jurnal yang sedang kami kelola ini bisa terus meningkatkan kualitasnya,” harapnya.

 

(Sumber : http://fhukum.uniku.ac.id/unifikasi-jurnal-ilmu-hukum-terindeks-sinta-disetarakan-dengan-jurnal-nasional-terakreditasi/)