Himatika Gelar Semesta II Tahun 2017


Himatika Gelar Semesta II Tahun 2017

UNIKU JAYA – Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (Himatika) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku), kembali menggelar kegiatan “Semarak Kompetisi Matematika (Semesta) II 2017” di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I Universitas Kuningan, Selasa (05/09/2017).

Acara yang bertemakan “Math Makes Your Life Grow Up” itu, dihadiri Bupati Kuningan yang diwakili oleh Staf Ahli Ir. Dody Nurohmattudin, Wakil Rektor I Universitas Kuningan Dr. Anna Fitri Hindriana, M.Si., Wakil Dekan I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Dadang Solihat, M.Pd. BI., Ketua Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Muhammad Riyadi, M.Si., Sekertaris Prodi Pendidikan Matematika Azin Taufik, M.Pd., Kepala Laboratorium Matematika Nuranita Adiastuty, M.Pd., Ketua Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Arrofa Acesta, M.Pd., Dosen dan Staf Tenaga Kependidikan Prodi Pendidikan Matematika, Ketua Himatika beserta jajarannya dan tamu undangan lainnya.

“Kegiatan Semesta jilid II 2017 tersebut, dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan stimulus dan motivasi untuk lebih mencintai matematika sebagai basic science, menumbuhkan pola piker logis, kritis, sistematis dan konsisten serta membentuk pribadi yang kreatif dan inovatif, mengembangkan sikap mental dan pendewasaan diri melalui latihan-latihan bernalar dalam rangka pembinaan watak dan kepribadian, menjalin rasa persaudaraan, persatuan dan kesatuan dan mengembangkan dan melatih kemampuan berpikir pelajar terhadap pelajaran yang diperoleh di bangku sekolah khususnya mata pelajaran matematika dalam mengahadapi Ujian Nasional (UN),” kata Esa Syabila selaku Ketua Pelaksana Semesta jilid II tahun 2017 ketika ditemui usai acara pembukaan.

Dalam pelaksanaan kegiatan “Semesta II tahun 2017” itu, selain melaksanakan kegiatan seminar nasional dan call for paper yang menghadirkan dua narasumber, Himatika FKIP Uniku menggelar juga jenis perlombaan kompetisi matematika untuk tingkat SMP dan SMA se-wilayah III Cirebon.

“Alhamdulillah, untuk pelaksanaan semesta jilid II tahun 2017 ini, kita bisa meningkatkan sasaran pesertanya. Pada tahun sebelumnya, hanya di tingkat SMA se-wilayah III Cirebon saja. Tetapi, pada semesta jilid II tahun 2017 tersebut, diikuti oleh tingkat SMP se-wilayah III Cirebon,” tuturnya.

Sedangkan, Wakil Rektor I Universitas Kuningan Dr. Anna Fitri Hindriana, M.Si., dalam sambutannya, mengatakan, pihaknya mengapresiasi dan mendukung serta menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran panitia khususnya para pengurus Himatika FKIP Uniku yang telah mempersiapkan kegiatan Semesta 2017 ini bisa terselenggara dengan sukses dan lancar.

“Terimakasih, kepada semua jajaran pengurus Himatika yang telah mempersiapkan kegiatan ini dengan baik,” tuturnya.

Selain itu, Anna berharap, dengan terselenggaranya kegiatan tersebut, diharapkan ke depannya Himatika konsisten dengan selalu menyelenggarakan kegiatan kompetisi seperti ini.

“Kegiatan ini bisa mendatangkan siswa-siswi dari luar Kabupaten Kuningan dalam rangka memperkenalkan Prodi Pendidikan Matematika di Universitas Kuningan. Mudah-mudahan, kegiatan ini bisa melatih siswa dan siswi untuk berkompetisi secara sehat dan bisa bersaing di tingkat yang lebih tinggi. Mudah-mudahan juga bisa mengembangkan inovasi pembelajaran yang berbasis multimedia elektronik,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Kuningan yang diwakili oleh Staf Ahli Ir. Dody Nurohmattudin dalam sambutannya, mengatakan, pihaknya mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang diselenggarakan oleh Himatika FKIP Uniku tersebut.

“Kegiatan seperti ini dirasa sangat positif sekali dan sangat banyak manfaatnya bagi siswa siswi mulai dari tingkat SMP/MTS/sederajat maupun sampai dengan tingkat SMA/SMK/MA /sederajat,” tuturnya.

Selain itu, dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan mampu meningkatkan semangat belajar dan sikap disiplin baik di lingkungkan sekolah maupun di luar sekolah.

“Saya bersyukur Himatika Uniku dapat menyelenggarakan kegiatan semesta yang diharapkan dapat meningkatkan semangat belajar dan disiplin di lingkungan sekolah. Munculkan sikap elegan dan sportif dalam kehidupan sehari-hari,” harapnya.

Pada kesempatan itu juga, seluruh tamu undangan dan peserta kegiatan semesta jilid II tahun 2017 tersebut, dihibur dengan penampilan tarian saman yang dibawakan oleh mahasiswi dari Prodi Pendidikan Matematika (PMat) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku).