Himatika Gelar Semesta 2018


Himatika Gelar Semesta 2018

UNIKU JAYA - Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (Himatika) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku) menggelar kegiatan “Semarak Kompetisi Matematika (Semarak) 2018” di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I Universitas Kuningan, Sabtu (06/10/2018).

Acara yang bertemakan “Build A Smart And Achieving Generation Of Mathematics” itu, dihadiri Wakil Dekan II FKIP Uniku Haruji Satianugraha, M.Pd., Ketua Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Muhammad Riyadi, M.Si., Sekretaris Prodi Pendidikan Matematika Azin Taufik, M.Pd., Dosen dan Staf Tenaga Kependidikan Prodi Pendidikan Matematika FKIP Uniku, Ketua Himatika Ayip Romajudin Nur beserta jajarannya, Ketua Pelaksana Semesta 2018 Dhea Dwi Agustin dan tamu undangan lainnya.

“Kegiatan Semesta 2018 tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan stimulus dan motivasi untuk lebih mencintai matematika sebagai basic science, menumbuhkan pola piker logis, kritis, sistematis dan konsisten serta membentuk pribadi yang kreatif dan inovatif, mengembangkan sikap mental dan pendewasaan diri melalui latihan-latihan bernalar dalam rangka pembinaan watak dan kepribadian, menjalin rasa persaudaraan, persatuan dan kesatuan dan mengembangkan dan melatih kemampuan berpikir pelajar terhadap pelajaran yang diperoleh di bangku sekolah khususnya mata pelajaran matematika dalam mengahadapi Ujian Nasional (UN),” kata Ayip Romajudin Nur selaku Ketua Himatika FKIP Uniku saat dimintai keterangannya usai acara pembukaan Semesta 2018.

Dalam pelaksanaan “Semesta” tahun ini, babak penyisihan dibagi menjadi tiga (3) rayon yaitu rayon 1 Kuningan yang bertempat di Gedun SC Kampus I Uniku, rayon 2 Cirebon bertempat di SMK Islamic Center dan untuk rayon 3 Majalengka bertempat di SMAN 1 Maja.

“Semesta 2018 yang diikuti oleh siswa siswi mulai dari SMP/MTS sederajat dan SMA/SMK/MA sederajat, babak penyisihan dibagi tiga (3) rayon yaitu Kuningan di Gedung SC Kampus I Uniku, Cirebon rayon 2 di SMK Islamic Center dan Majalengka yang merupakan rayon 3 digelar di SMAN 1 Maja. Untuk babak grandfinalnya kan digelar terpusat yaitu di Gedung SC Kampus I Uniku pada tanggal 14 Oktober 2018 mendatang,” ujarnya.

Sedangkan, Ketua Prodi Pendidikan Matematika FKIP Uniku Muhammad Riyadi, M.Si., dalam sambutannya, mengatakan, pihaknya mengapresiasi dan mendukung serta menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran panitia khususnya para pengurus Himatika FKIP Uniku yang telah mempersiapkan kegiatan Semesta 2018 ini bisa terselenggara dengan sukses dan lancar.

“Terimakasih, kepada semua jajaran pengurus Himatika yang telah mempersiapkan kegiatan ini dengan baik,” tuturnya.

Selain itu, Ustad Riyadi sapaan akrabnya, berharap, dengan terselenggaranya kegiatan tersebut, diharapkan ke depannya Himatika konsisten dengan selalu menyelenggarakan kegiatan kompetisi seperti ini dengan dibagi menjadi tiga (3) rayon di babak penyisihannya.

“Semesta itu sudah menjadi agenda acara tahunan dari Himatika itu sendiri dengan nama yang konsisten selalu sama seperti sekarang tahun-tahun sebelumnya. Karena, tidak ada matematika, maka tidak ada ilmu yang lainnya. Maka dari itu, mari kita pelajari lebih dalam ilmu matematika dan dengan adanya kompetisi ini semoga semangat untuk belajar matematika bisa lebih tinggi lagi,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Dekan II FKIP Uniku Haruji Satianugraha, M.Pd., dalam sambutannya, mengatakan, pihaknya juga sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang diselenggarakan oleh Himatika FKIP Uniku.

“Kegiatan yang sudah menjadi agenda tahunan seperti ini, dirasa sangat positif sekali dan sangat banyak manfaatnya bagi siswa siswi mulai dari tingkat SMP/MTS/sederajat maupun sampai dengan tingkat SMA/SMK/MA /sederajat,” tuturnya.

Selain itu, sambung dosen Pendidikan Biologi itu, dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan dapat mampu meningkatkan semangat belajar dan sikap disiplin baik di lingkungkan sekolah maupun di luar sekolah.

“Semoga, dari kompetisi ini dapat lahir bibit-bibit potensial yang nantinya dapat mewakili Sekolahnya maupun Kabupatennya masing-masing, baik di tingkat regional ma

  1. nasional dalam perlombaan matematika khususnya,” harapnya.