Dies Natalis 1st, GIBEI Gelar Kompetisi Stocklab Game


Dies Natalis 1st, GIBEI Gelar Kompetisi Stocklab Game

UNIKU JAYA – Dalam rangka memperingati dies natalis yang pertama (1st), Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (GIBEI) Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Kuningan (Uniku) menggelar kegiatan kompetisi “Stocklab Game” bagi mahasiswa dan mahasiswi FE Uniku. Kegiatan kompetisi “Stocklab Game” yang diikuti oleh 100 orang peserta tersebut, dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., di Aula Fakultas Ekonomi (FE), Rabu (08/11/2017).

“Kompetisi Stocklab Game yang diselenggarakan hari ini merupakan dalam rangka memperingati dies natalis Galeri Investasi Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Kuningan (Uniku) yang pertama (1st),” kata Kepala Galeri Investasi FE Uniku Oktaviani Rita Puspasari, SE., M.Si., Ak., dalam laporannya.

Lebih jauh, dirinya menjelaskan, bahwa kegiatan Stocklab Game ini digagas oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memberikan literasi perdagangan di pasar modal meliputi instrumentnya, baik itu saham maupun reksadana serta aksi-aksi korporasi yang mengadaptasi langsung dari kondisi perekonomian di Indonesia.

“Dengan adanya game ini, diharapkan minat mahasiswa dan mahasiswi terhadap dunia pasar modal akan lebih besar. Perlu diketahui bersama, bahwa Galeri Investasi FE Uniku itu sendiri, merupakan kepanjangan tangan dari Bursa Efek Indonesia (BEI) yang selama 1 tahun ini telah melakukan berbagai kegiatan yang utamanya menyasar fungsi sosialisasi, edukasi dan literasi pasar modal,” jelasnya.

Sedangkan, Dekan Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Herma Wiharno, M.Si., dalam sambutannya, mengatakan, pihaknya sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan kompetisi Stocklab Game yang diselenggarakan oleh Galeri Investasi Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Kuningan (Uniku) dalam rangka memperingati dies natalisnya yang pertama tersebut.

“Saya secara pribadi menilai, Stocklab Game itu merupakan sebuah simulasi dari kegiatan tentang manajemen keuangan, salah satunya adalah terkait mengenai saham. Jadi, saya rasa ini kegiatan sangat positif dan bermanfaat sekali khususnya bagi mahasiswa dan mahasiswi,” tuturnya.

Herma berharap, meskipun kegiatan tersebut hanya sekedar lomba, diharapkan para mahasiswa dan mahasiswi dapat memaknai kompetisi ini sebagai sebuah gambaran dan pelajaran mengenai tata kelola dan cara seputar akuntansi manajemen dan tranding saham,” harapnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., dalam sambutannya, mengatakan, pihaknya pun sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Galeri Investasi Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Kuningan (Uniku) dalam rangka memperingati dies natalisnya yang kesatu.

“Saya, sangat mengapresiasi dan bangga kepada Galeri Investasi FE Uniku karena walaupun usianya terbilang masih belia (muda) atau baru saja berusia 1 tahun, tetapi sudah bisa menunjukan eksistensi dengan memberikan sebuah prestasi dan capaian yang sangat luar biasa. Buktinya, di Kompetisi Stocklab Game se-wilayah III Cirebon, GIBEI Uniku berhasil menjadi juara II. Dan di wilayah Jawa Barat berhasil meraih juara IV dan IX dalam kompetisi yang sama pula. Ini patut kita syukuri dan kita tingkatkan kedepannya agar lebih baik lagi,” tuturnya.

Ditambahkannya, Galeri Investasi ini dijadikan sebagai sarana untuk belajar dan terus menggali serta mencari pengetahuan terutama mengenai informasi pasar modal oleh para mahasiswa dan mahasiswi Uniku khususnya maupun masyarakat Kabupaten Kuningan pada umumnya.

“Kita patut bersyukur dengan diselenggarakannya acara dies natalis Galeri Investasi dengan menggelar kompetisi Stocklab Game tersebut, diharapkan para mahasiswa dan mahasiswi FE Uniku bisa lebih bersemangat lagi dalam memajukan Fakultasnya terutama demi kemajuan Uniku pada umumnya,” tambahnya.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., Dekan Fakultas Ekonomi (FE) Dr. Herma Wiharno, M.Si., Wakil Dekan I Dadang Suhardi, MM., Wakil Dekan II Dadang Suhendar, M.Si., Ketua Program Studi (Prodi) Akuntansi Enung Nurhayati, M.Si., Sekertaris Prodi Manajemen Iqbal Arraniri, MM., Kepala Galeri Investasi Oktaviani Rita Puspasari, SE., M.Si., Ak., Kepala Laboratorium Manajemen Ilham Akbar, MM., Kepala Tata Usaha FE Yanti, SE., Dosen dan Staf Tenaga Kependidikan FE, para pengurus GIBEI FE Uniku dan tamu undangan lainnya.