Di PKKMB, FKOM Gelar Kuliah Umum


Di PKKMB, FKOM Gelar Kuliah Umum

UNIKU JAYA – Sebanyak 322 mahasiswa baru dari lima (5) Program Studi (Prodi) di Fakultas Ilmu Komputer (FKOM) Universitas Kuningan (Uniku), mengikuti kegiatan “Kuliah Umum” dengan tema “Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Generasi Emas Pada Era Industri 4.0” di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I Universitas Kuningan (Uniku), Kamis (13/09/2019).

Dekan Fakultas Ilmu Komputer (FKOM) Universitas Kuningan (Uniku) Dadang Hamdani, M.Kom., mengutarakan, bahwa kegiatan ini telah direncanakan dengan matang untuk mengundang Ketua Umum APTIKOM, dengan tujuan agar dapat memberikan arahan dan motivasi bagi mahasiswa baru di Fakultas Ilmu Komputer (FKOM) Uniku.

“Selain dikenal pernah menjabat sebagai Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Komputer (FKOM) Universitas Indonesia (UI) serta Ketua Panitia Kerja E yang membawahi bidang Alumni dan Kerjasama, Senat Akademik, Universitas Indonesia, Prof. Zainal A Hasibuan ini juga pernah menjabat berbagai posisi penting,  baik dalam lingkup institusi pendidikan maupun di luar. Sehingga beliau diharapkan dapat membagi ilmu dan pengalamannya bagi mahasiswa baru di FKOM agar setelah lulus dapat menjadi orang yang sukses,” tuturnya.

Lebih jauh, Dadang sapaan akrabnya, mengatakan, dalam kuliah umum tersebut, prof. Zainal memberikan pemahaman akan  pentingnya kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap lulusan, baik itu kompetensi umum, kompetensi utama, dan kompetensi khusus.

“Kompetensi yang dimiliki harus disertai dengan adanya sertifkat kompetensi sebagai bukti kualitas dari kompetensi yang dimilikinya,” ujarnya.

Dijelaskannya, untuk mencapai kompetensi tersebut, beliau mengutarakan, bahwa kompetensi lulusan terkait erat dengan kurikulum yang ada di Program Studi itu sendiri sehingga Prodi perlu untuk melakukan kajian tentang bagaimana kompetensi SDM TIK yang dibutuhkan industri dewasa ini.

“Hasil kajian tersebut, nantinya diimplementasikan dalam kurikulum dikarenakan semua mata kuliah yang ada dalam sebuah kurikulum harus menghasilkan kompetensi yang utuh sesuai dengan harapan,” jelasnya.

Ditambahkannya, selain itu, beliau juga memberikan berbagai macam contoh profesi yang terkait dengan rumpun keilmuan komputer dan banyaknya lowongan pekerjaan yang membutuhkan lulusan di bidang komputer pada saat era teknologi informasi saat ini.

“Hal ini bertujuan agar mahasiswa dapat menentukan tujuan profesi apa yang nanti akan digeluti dan bagaimana mempersiapkan agar dapat menggeluti profesi tersebut,” pungkasnya.