Ini Dia Hasil Lomba Design Web Fun Basic Skill IT Competition


Ini Dia Hasil Lomba Design Web Fun Basic Skill IT Competition

UNIKU JAYA - Design Web merupakan salah satu lomba individu yang menguji kemampuan untuk merancang layout tampilan website statis dengan memadukan bahasa html (Hyper Text Markup Language) dan CSS (Cascading Style Sheet). Tema dalam lomba Desain Web ini adalah Pentingnya Pengenalan Komputer bagi Anak Usia Dini”, dimana saling berkesinambungan dengan program kerja dari Himpunan Mahasiswa (Hima) Teknik Informatika (TI) sebelumnya yaitu Penyuluhan ke Sekolah Dasar (SD).

Peserta lomba berjumlah 6 orang, dengan rincian 5 orang dari Angkatan 2016 dan 1 orang dari Angkatan 2017. Mereka berkompetisi dengan Skill pemrograman web yang telah mereka kuasai.

“Lomba berlangsung selama 3 jam, yang dimulai dari pukul 08.35 sampai dengan 11.35 WIB di Laboratorium Pemrograman Fakultas Ilmu Komputer (FKOM) Universitas Kuningan (Uniku). Dengan Ketentuan lomba ditempat (onsite), peserta tidak diperkenankan menggunakan (CMS, Framework), editor yang digunakannya pun adalah Notepad++. Peserta wajib membuat 3 menu navigasi (Home, Berita Acara, profile) dan konten website telah disediakan oleh panitia,” kata Wakil Dekan II FKOM Uniku Cecep Juliansyah Abbas, M.Kom., saat dimintai keterangannya, Kamis (08/03/2018).

Diterangkannya, kreatifitas, inovasi, dan estetika web, inilah yang menjadi penilaian utama dari perlombaan Desain Web ini dengan mengacu kepada penggunaan bahasa html dan css. Penilaian dilakukan oleh juri yang kompeten di bidang Desain Web yakni Ibu Yati Nurhayati, M.Kom.

“Dari indikator penilaian tersebut menghasilkan 3 orang Juara lomba Desain Web. Juara pertama diraih oleh Oky Oktaviana dari kelas TI 2016 A, kemudian Juara kedua oleh Hadid Prayuda dari TI 2016 B, dan Juara ketiga didapatkan oleh Agus Permana dari TI 2017 B,” terangnya.

Sementara itu, Muhammad Jahidin selaku koordinator Desain Web, berharap, dengan diadakanya kegiatan ini menjadi batu loncatan awal bagi para peserta.

“Dengan keberaniannya menerima tantangan yang diberikan oleh panitia merupakan langkah awal untuk terus bersaing mengasah skill dan mengharumkan nama almamater,” harapnya.