5 Robot Hasil Karya Komunitas Mikrokontroler FKOM Dipamerkan


5 Robot Hasil Karya Komunitas Mikrokontroler FKOM Dipamerkan

UNIKU JAYA – Komunitas mikrokontroler yang terdiri dari mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (FKOM), memamerkan lima (5) hasil karya  robotnya di Ruang Rapat Gedung Rektorat Kampus 1 Universitas Kuningan (Uniku), Kamis (21/12/2017).

“Ada lima hasil karya dari teman-teman mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (FKOM) yang dipamerkan pada hari ini. Ini merupakan hasil karya dari teman-teman komunitas yang bernamakan “Mikrokontroler”,” kata Dekan Fakultas Ilmu Komputer (FKOM) Dadang Hamdani, M.Kom., ketika dimintai keterangannya.

Masih ditempat yang sama, Dadang menjelaskan, kelima hasil karya robot yang dipamerkan hari ini adalah penyiraman otomatis tanaman, sistem pengukur ketinggian level air berbasis SMS, smart home (sistem keamanan rumah), line follower robot berbasis mikrokontroler arduino dan sistem parkir berbasis RFID.

“Kelimanya ini merupakan hasil karya dari teman-teman mahasiswa FKOM yang tergabung dalam komunitas “Mikrokontroler”. Mudah-mudahan, bisa berjalan dengan baik dan lebih meningkat lagi kedepannya,” terangnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan dari teman-teman mahasiswa yang tergabung dalam komunitas mikrokontroler Fakultas Ilmu Komputer (FKOM) yang sudah memamerkan lima (5) hasil karyanya.

“Terimakasih dan saya sangat apresiasi sekali kepada komunitas mikrokontroler FKOM yang sudah memamerkan hasil karyanya lima (5) buah robot. Ini kegiatan yang sangat positif sekali, sehingga bisa menjadi kebanggaan yang sangat luar biasa bagi Uniku,” tuturnya.

Dikdik berharap, dengan dipamerkannya robot hasil karya dari komunitas mikrokontroler tersebut, diharapkan kedepannya lebih meningkat lagi dan kembali lahir robot-robot yang lainnya.

“Tingkatkan terus kegiatan komunitasnya. Hasilkan dan lahirkan alat atau produk yang bisa di HAKI kan serta bisa bermanfaat bagi masyarakat luas serta berpartisipasi dalam lomba Kontes Robot Indonesia (KRI) yang akan diselenggarakan pada bulan Februari 2018 mendatang,” harapnya.

Hadir dalam acara tersebut, Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., Wakil Rektor III Ilham Adhya, M.Si., Dekan Fakultas Ilmu Komputer (FKOM) Dadang Hamdani, M.Kom., Wakil Dekan II Cecep Juliansyah Abbas, M.Kom., Sekretaris Prodi sekaligus Pembina Komunitas Mikrokontroler Nunu Nugraha dan tiga (3) orang mahasiswa perwakilan dari Komunitas Mikrokontroler.