1.319 Mahasiswa Baru Uniku Ikuti PKKMB 2018


1.319 Mahasiswa Baru Uniku Ikuti PKKMB 2018

UNIKU JAYA - Dengan berpedoman kepada aturan yang telah dikeluarkan oleh Dirjen Kemenristek Dikti 2018 tentang Panduan Umum Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB), resmi dibuka dengan diselenggarakannya sidang terbuka Universitas Kuningan (Uniku) di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I, Rabu (12/09/2018).

Kegiatan yang akan berlangsung selama empat (4) hari mulai dari tanggal 12 - 15 September 2018 tersebut, dihadiri oleh Bupati Kuningan Acep Purnama, SH., MH., Rektor Universitas Kuningan Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., beserta jajaran pimpinan di lingkungan Universitas Kuningan (Uniku) lainnya, Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK) Drs. Djuhari Karnawisastra, M.Pd., Ketua Pengurus YPSAK Drs. Uri Syam, SH., MH., beserta jajaranya, Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Uniku Rizky Rama Eka Saputra beserta jajaran pengurus lainnya, Perwakilan MPM, Perwakilan BLM dan Perwakilan dari pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di lingkungan Uniku, Mahasiswa dan mahasiswi baru Uniku tahun akademik 2018/2019 dan tamu undangan lainnya.

Ketua Pelaksana Kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru dan Ospek bagi mahasiswa baru Uniku tahun 2018 / 2019 yang merupakan Wakil Rektor III Ilham Adhya, M.Si., dalam laporannya, mengatakan, kegiatan penerimaan mahasiswa baru secara keseluruhan dilaksanakan tiga (3) gelombang, mulai dari tanggal 02 Januari – 08 September 2018.

“Jumlah pendaftar ke Uniku sebanyak 1.872 orang yang terdiri dari jalur reguler sebanyak 1.305 orang, jalur prestasi sebanyak 553 orang dan program transfer sebanyak 14 orang. Ujian masuk dilaksanakan pada tanggal 12 Mei 2018 dan 18 Agustus 2018 dan tanggal 08 September 2018. Calon mahasiswa yang melakukan registrasi atau pendaftaran ulang sebanyak 1.363 calon mahasiswa dengan rincian program sarjana dan diploma sebanyak 1.319 calon mahasiswa dan program pascasarjana sebanyak 44 calon mahasiswa,” tuturnya.

Kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) Universitas Kuningan (Uniku) tahun akademik 2018 – 2019 dilaksanakan selama empat (4) hari. Program sarjana dan diploma dimulai pada tanggal 12 – 15 September 2018 bertempat di kampus I Universitas Kuningan.

“Peserta kegiatan PKKMB tahun 2018 diikuti oleh 1.319 orang dengan rincian mahasiswa reguler sebanyak 1.114 orang dan kelas karyawan sebanyak 205 orang. Dalam kegiatan PKKMB tahun 2018 ini diisi berbagai materi diantaranya dari Gubernur Jawa Barat (dalam konfirmasi), Kapolres Kuningan, Dandim 0615 Kuningan, BNN Kabupaten Kuningan, Kejaksaan Negeri Kabupaten Kuningan, Ketua YPSAK, Rektor, Wakil Rektor, Kepala Biro, Kepala Pusat dan Lembaga di lingkungan Uniku, Dekan dan Wakil Dekan, Ketua Program Studi, Ketua BEM dan BEM Fakultas dan Ikatan Alumni Uniku serta Ormawa yang ada di lingkungan Uniku,” jelasnya.

Ketua BEM Universitas Kuningan Rizky Rama Eka Saputra, mengatakan, ini merupakan langkah awal untuk semuanya para mahasiswa baru dalam upaya perubahan. Dimana perubahan yang dikehendaki bukan perubahan segelintir orang saja, namun perubahan secara masal dari semua manusia.

“Mahasiswa selain sebagai akademisi juga berperan sebagai agent of change, social control dan iron stock bagi kemajuan bangsa. Selamat datang wahai mahasiswa dan mahasiswi generasi terbaik di green campus yang siap mengemban amanah sebagai mahasiswa dan mahasiswi di Kampus kebanggaannya masyarakat Kabupaten Kuningan,” tuturnya.

Rektor Universitas Kuningan Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., dalam sambutannya, mengatakan, PKKMB ini merupakan kegiatan akademik pertama bagi mahasiswa baru Uniku sehingga wajib diikuti oleh semua mahasiswa baru.

“Kegiatan ini akan menjembatani peserta didik dalam rangka menyiapkan mental dan memberikan gambaran tentang sistem pembelajaran dan kehidupan di kampus baik aspek akademik maupun aspek sosial budaya,” tuturnya.

Sudah selayaknya jika kegiatan PKKMB ini diharapkan diisi dengan kegiatan – kegiatan yang mampu memberikan informasi kepada mahasiswa baru dan mampu mendorong mahasiswa baru untuk memahami suasana akademik yang ada di kampus Uniku.

“Kegiatan ini juga diharapkan akan diperkenalkan dengan sistem pendidikan yang ada di perguruan tinggi dan juga diperkenalkan lembaga kemahasiswaan yang ada di Uniku. Program ini juga diselenggarakan agar menciptakan keakraban yang harmonis antara mahasiswa baru dan mahasiswa lama serta dengan seluruh warga Uniku,” harapnya.

Dalam kesempatan ini, saya sampaikan selamat datang dan terimakasih kepada para mahasiswa baru dan juga jajaran panitia yang telah berkomitmen untuk menjadikan kegiatan PKKMB Uniku 2018 – 2019 sebagai wahana silaturahmi dan interaksi positif menuju mahasiswa yang siap untuk menorehkan prestasi dimasa depan.

“Selamat datang dan terimakasih kepada seluruh mahasiswa baru dan panitia yang telah berkomitmen untuk menjadikan kegiatan PKKMB ini sebagai wahana silaturahmi dan interaksi positif menuju mahasiswa yang siap untuk menorehkan prestasi dimasa depan. Perlu diketahui bersama, bahwa Uniku dari tahun ke tahun selalu saja melahirkan para mahasiswa dan mahasiswi yang berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik dan itu yang harus kita pertahankan dan perjuangkan lagi kedepannya. Insya Allah kita juga akan meresmikan bank sampah dalam waktu dekat yang nantinya akan dikelola oleh mahasiswa dan mahasiswi Uniku,” pintannya.

Sedangkan, Ketua Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK) Drs. Uri Syam, SH., MH., mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran panitia pelaksana kegiatan PKKMB ini sehingga bisa terlaksana dengan baik, lancar dan sukses.

“Selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru Uniku tahun akademik 2018 – 2019 di kampus kebanggaannya masyarakat Kabupaten Kuningan. Perlu diketahui, bahwa Uniku sudah terakreditasi “B” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Ini merupakan salah satu bukti kalau Uniku memiliki kualitas yang harus dipertahankan dan diperjuangkan kembali kedepannya agar Uniku semakin didepan dengan tetap memegang teguh pada motto Uniku mendampingi, melayani dan memberi yang terbaik,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Kuningan Acep Purnama, SH., MH., dalam sambutannya, dirinya juga sangat mengapresiasi dan bangga serta menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran panitia pelaksana kegiatan PKKMB ini sehingga bisa terselenggara dengan lancar dan sukses.

“Terimakasih saya sampaikan kepada seluruh jajaran panitia yang telah mempersiapkan kegiatan akademik pertama bagi mahasiswa dan mahasiswi baru Uniku tahun akademik 2018 – 2019 sehingga bisa terselenggara dengan baik, lancar dan sukses,” tuturnya.

Dijekaskannya, bahwa kegiatan PKKMB ini merupakan salah satu agenda kegiatan akademik pertama bagi mahasiswa baru yang mana didalamnya diisi dengan kegiatan-kegiatan positif dan bermanfaat dengan memberikan informasi, kemahasiswaan dan layanan akademik yang ada di kampus Uniku.

“Ini merupakan kegiatan akademik pertama bagi mahasiswa dan mahasiswi baru yang harus diikuti karena kegiatan ini sangat bermanfaat dan positif sekali guna memberikan informasi, kemahasiswaan dan layanan yang ada di kampus Uniku. Ikuti kegiatan ini dengan baik, dan manfaatkan kegiatan ini untuk saling kenal satu sama lain serta mempererat tali silaturahmi,” jelasnya.