• Pendidikan Biologi (S2)
  • Pendidikan Ekonomi (S2)

Pendidikan Biologi (S2)   Kunjungi Halaman Website

Profil Program Studi Magister Pendidikan Biologi

Prodi Magister Pendidikan Biologi (MPBio) Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Kuningan sejak dibukanya pada tahun 2011, mulai berkembang dengan peminat tahun pertama sebanyak 70 orang mahasiswa dan pendaftar 92 orang. Usaha pengembangan Prodi mulai dilakukan sejak diterima surat keputusan izin oprasional No. 131/E/0/2011. Kegiatan diawali dengan seminar nasional kependidikan Biologi. Sebagai program pengembangan mulai dari akademik, khususnya kurikulum, pelaksanaan kuliah, proses pembelajaran, evaluasi, penyiapan pedoman penulisan dan pembimbingan tesis. Kegiatan penelitian, pengabdian kepada masyarakat, kerja sama dengan pelbagai pihak terns mulai dilaksanakan. Pembinaan dosen, staf administrasi dan penciptaan iklim akademik diupayakan mengikuti peraturan yang telah ada di SPs. UNIKU. Manajemen Prodi MPBio, kelengkapan sarana-prasarana dan fasilitas pembelajaran secara bertahap dilengkapi sesuai dengan kebutuhan. 

Prodi Magister Pendidikan Biologi (MPBio) Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Kuningan, Sebagai Prodi MPBio berusaha mewujudkan Visi yang dicanangkan yaitu: "Terwujudnya Program Studi Magister Pendidikan Biologi Yang Berkualitas Dan Menghasilkan Lulusan Yang Berkarakter, Inovatif Dan Kreatif Di Jawa Barat Pada Tahun 2020". Dengan Misi yang diemban oleh Prodi MPBio:

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan Program Studi Pendidikan Biologi yang terpadu serta fungsional dalam menghasilkan pengguna iptek di bidang pendidikan biologi
  2.  Mengembangkan serta meningkatkan potensi setiap peserta didik secara berkelanjutan.
  3. Mengembangkan bahan ajar dan pembelajaran dengan berbagai pola yang memungkinkan meningkatnya hasil belajar dan kinerja dalam berbagai kondisi sesuai dengan kurikulum pendidikan biologi.
  4.  Menyelenggarakan kegiatan untuk berkembangnya kemampuan dalam mengelola lembaga pendidikan dan pelatihan sebagai organisasi belajar.
  5.  Menyelenggarakan penelitian dan kajian baik untuk memperkaya khasanah pengetahuan dalam pendidikan biologi, maupun untuk memecahkan masalah pembelajaran yang aktual
  6. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat, serta meningkatkan keselarasan kegiatan akademik dan sosial.

 

Tujuan dari Program Studi Magister Pendidikan Biologi ini adalah menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan dalam menerapkan ilmu dan pengetahuan ilmiah untuk memperbaiki sistem pembelajaran dalam rangka memecahkan masalah-masalah belajar, antara lain:

  1. Mempunyai pemahaman yang akurat tentang hakekat keilmuan ilmu pendidikan dan perspektif yang visioner dan berkarakter yang pada gilirannya akan menjadi landasan untuk mengembangkan bidang ilmu tersebut.
  2.  Mampu memahami secara komprehensif dan integratif berlandaskan ilmiah ilmu pendidikan pada umumnya dan pendidikan biologi pada khususnya.
  3. Mampu merangkum secara koheren proses pendidikan yang secara obyektif terjadi di semua lingkungan kehidupan dan kemudian menyikapinya berdasarkan konsep-konsep pendidikan biologi sehingga terjadi pemberdayaan proses pendidikan yang optimal.
  4. Mampu meningkatkan profesionalisme pendidikan biologi.
  5.  Mampu menerapkan pendekatan sistem dalam rangka pengembangan pembelajaran dan pelatihan.
  6. Mampu menciptakan (creating) a) rancangan program pembelajaran, b) produk-produk pembelajaran, serta c) sistem pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat pengguna.
  7.  Mampu menggunakan berbagai sumber belajar.
  8. Mampu melakukan proses pengelolaan yang terkait dengan tindakan, a) memperkirakan (forecasting), b) merencanakan (planning), serta c) melakukan pemeriksaan (evaluation and supervision)

 

Sasaran Program Studi Magister Pendidikan Biologi adalah Menjadi Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Kuningan yang menyelenggarakan pendidikan berdasarkan kurikulum berbasis kompetensi, menggalakkan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat bagi dosen dan mahasiswa serta melaksanakan kegiatan penunjang yang mendukung pendidikan berkualitas, seta lulusannya berkarakter, inovatif dan kreatif.

Untuk mencapai Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran program studi dilakukan Strategi Pencapaian sebagai berikut: (1) Menyusun rencana berdasarkan rentang waktu yaitu rencana Jangka Menengah (8 tahun), rencana Jangka Pendek (4 tahun) dan rencana Tahunan (1 tahun), (2) Mengimplementasikan poin-poin pertama, (3) Evaluasi terhadap implementasi pada poin pertama sesuai dengan indikator-indikatornya, dan (4) Melakukan revisi terhadap program-program pada poin pertama yang didasarkan pada hasil evaluasi dan perkembangan lingkungan eksternal.

Dalam kaitanya dengan penyelenggaraan pendidikan di Program Studi Magister Pendidikan Biologi kurikulum merupakan hal yang sangat penting untuk mencapai kompetensi lulusan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Adapun kurikulum program magister terdiri atas tiga komponen yaitu (a) Mata Kuliah Landasan Keahlian (MKLK) minimum 10 SKS (b) Mata Kuliah Landasan Keahlian Pilihan (MKLKP) minimal 2 SKS. (c) Mata Kuliah Keahlian Utama (MKKU) rnencakup sejumlah MK spesialisasi bidang studi, MK Proses Belajar Mengajar Bidang Studi (PBMBS), Minimun 27 SKS, dan Tugas akhir (Tesis) 8 SKS.

a. Mata Kuliah Landasan Keahlian (MKLK) Wajib

Fungsi komponen tata kuliah Mata Kuliah Landasan Keahlian (MKLK) dalam kurikulum SPs bagi program magister adalah untuk membekali para mahasisvva agar memperoleh landasan yang kuat dan wawasan profesional yang lebih luas melalui pengembangan kemampuan dasar oleh ilmu yang berkaitan dengan bidang profesi masing-masing.

Kompetensi yang perlu dikembangkan melalui kompetensi mata kuliah ini meliputi (a) kemampuan memahami hubungan antara teori penelitian dengan praktik di bidang profesinya, pemahaman bahwa praktik-praktik tugasnya mempunyai basis ilmu. (b) keterampilan memahami hasil-hasil (temuan-ternuan) penelitian keilmuan di bidang pendidikan, menafsirkan dan menarik implikasi untuk digunakan dalam melaksanakan tugas-tugas profesi sehari—hari. (c) kemampuan rnenerapkan asas-asas penelitian pendidikan untuk melakukan penelitian dengan maksud menunjang pelaksanaan tugas‑tugas sehari-hari dan dalam jangka panjang bermanfaat bagi pengembangan profesi bidangnya. Kemampuan-kemampuan tersebut untuk membekali para mahasiswa program magister (S2) terutama sebagai peneliti. Untuk kepentingan tercapainya kompetensi tersebut di atas, kajian yang diharapkan dapat mendukung berupa mata kuliah: Mata kuliah filsafat ilmu, metode penelitian pendidikan, statistik terapan, inovasi pendidikan.

b. MK Landasan Keahlian (MKLK) Pilihan

Fungsi komponen MK Landasan Keahlian (MKLK) Pilihan dalam kurikulum

program pascasarjana untuk program magister adalah untuk mernbentuk
kepribadian dan karakteristik profesional pendidik, mengembangkan
kemarnpuan rnengidentifikasi dan memahami persoalan pendidikan dan alternatif pemecahannya dalam bidang keahlian dan pekerjaan dengan
pandangan dan wawasan yang komprehensif mengenai pendidikan
secara keseluruhan terutama pendidikan di Indonesia. Komponen yang perlu dikembangkan melalui pelaksanaan komponen mata kuliah ini
meliputi (1)pemahaman landasan filosofis, historis, sosiologis,
antropologis, psikologis, politis dan organisasional pendidikan, (2)kepekaan dalam melihat keterkaitan antara masalah-masalah dalam
bidang-bidang pembangunan yang lain dan mampu mengkaji serta
menyarankan alternatif pemecahan. (3) pemahaman tentang hubungan tujuan dengan proses pendidikan yang meliputi antara lain kurikulum, proses belajar rnengajar, dan evaluasi dalam sistem penyelenggaraan dan pelaksanaan pendidikan untuk mengani masalah-masalah pendidikan. Untuk kepentingan pencapaian komponen tersebut di atas mata kuliah yang diharapkan dapat mendukung antara lain adalah:

  1. Pelbagai mata kuliah mengenai prinsip dan kaidah yang melandasi pendidikan.
  2.  Pelbagai mata kuliah mengnai isu dan problematika pendidikan balk yang bersifat makro maupun mikro.
  3.  Pelbagai mata kuliah mengenai alternatif pengembangan pendidikan sebagai suatu sistem yang menyangkut kebijakan penyelenggaraan dan pelaksanaan serta akuntabilitasnya

Bobot SKS bagi pelbagai mata kuliah di atas adalah 2 SKS.

c. Mata Kuliah KeahIlan Utama (MKKU)

Fungsi mata kuliah keahlian utama (MKKU) dalam kurikulum program magister (S2) adalah untuk mengembangkan kompetensi dalam bidang studi yang dipilih mahasiswa sebagai spesialisasi atau keahliannya, keahlian ini meliputi (1) pemahaman terhadap materi bidang studi utama (2) pemahaman terhadap materi bidang studi pendukung. (3) pemahaman dan keterampilan dalam menerapkan konsep-konsep serta prinsip-prinsip dalam bidang studinya dalam praktek profesi dan, (4) pemahaman serta keterampilan dalam mengembangkan pengetahuan.

Untuk kepentingan pencapaian kompetensi tersebut di atas mata kuliah yang diharapkan dap'at mendukung antara lain adalah:

    1. Pelbagai mata kuliah bidang studi
    2. Pelbagai mata kuliah pendukung
    3. Pelbagai mata kuliah proses layanan profesi yang antara lain meliputi proses belajar mengajar, praktek pengalarnan lapangan dan praktek laboratorium

Bobot SKS bagi pelbagai mata kuliah di atas adalah 28 SKS.

d. Tugas akhir (Tesis)

Penyusunan tugas akhir bagi mahasiswa S2 dimaksudkan agar mahasiswa memiliki pemahaman serta keterampilan dalam mengembangkan pengetahuan dalam bidang studinya melalui penelitian dan pengembangan. Untuk kepentingan pencapaian kompetensi tersebut matakuliah yang diharapkan dapat mendukung adalah Tesis

Bobot SKS bagi Tugas akhir (Tesis) di atas adalah 8 SKS. Secara keseluruhan bobot SKS program magister adalah antara 36-50 SKS

e. Mata Kuliah Prapasca

Disamping ketiga komponen mata kuliah di atas khususnya bagi mahasiswa program magister SPs UNIKU disajikan mata kuliah prapasca dengan tujuan menberikan landasan yang sama pada program tertentu. Jenis mata kuliah yang disajikan ditentukan oleh Prodi masing-masing yang berkoordinasi dengan Direktur SPs. Sifat mata kuliah prapasca (non SKS) adalah wajib ditempuh.

 

Prodi MPBio SPs UNIKU berusaha melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang meliputi dharma pendidikan dan pengajaran, dharma penelitian, dan dharma pengabdian pada masyarakat. Dalam pendidikan dan pengajaran, Prodi MPBio SPs Universitas Kuningan melaksanakan kegiatan perkuliahan tatap muka, kuliah lapangan, praktikum, penilaian untuk setiap matakuliah, dan kegiatan-kegiatan lain yang berhubungan dengan proses pembelajaran.

Dalam kegiatan penelitian Prodi MPBio berusaha melaksanakan kegiatan penelitian setiap tahun minimal melaksanakan dua judul penelitian. Penelitian ini dilakukan oleh dosen perorangan maupun kelompok. Sumber pembiayaan, didanai antara lain dari lembaga UNIKU melalui alokasi anggaran penelitian, pada tahun kedua dan seterusnya jika telah terakredirtasi akan mengajukkan dana dari DP2M Dirjen Dikti melalui Hibah Penelitian Tim Pascasarjana (HPTP), dan Hibah Bersaing, serta kerjasama dengan lembaga lain baik nasional maupun daerah, dan biaya dari peneliti sendiri.

Pengabdian pada masyarakat dilakukan, khususnya berkaitan dengan bidang keilmuan pendidikan biologi, pada tahun pertama melalui kerjasana dengan musyawarah guru SMP (MGMP SMP) dan SMA, telah membuat perjanjian kerja sama untuk memberikan workshop (pelatihan) dalam pembelajaran & penelitian. Hasilnya telah dilaksanakan pada awal tahun 2012 di MGMP SMP yang bertempat di SMP 6 Kuningan, dan MGMP SMA yang bertempat di SMAN 1 Kuningan.

Komponen yang penting dalam penyelenggaraan pendidikan adalah dosen dan mahasiswa dan tenaga penunjang pembelajaran atau tenaga administrasi. Prodi MPBio SPs Universitas Kuningan pada tahun pertama ini memiliki 11 orang dosen tetap (kualifikasi S3 4 diantaranya Guru besar), tiga orang DPK kualifikasi S3 dan S2) dengan disiplin ilmu yang relevan. Kepedulian dosen terhadap pelaksanaan Prodi ini sangat tinggi, sehingga membuat kinerjanya memuaskan pihak yang berkepentingan. Tugas para dosen itu selain menyiapkan bahan untuk memberi kuliah dan memberi bimbingan penyelesaian tugas dan penulisan tesis, juga berpartisipasi dalam seminar, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan penulisan buku atau rangkuman kuliah. Hubungan dosen-mahasiswa-pimpinan berlangsung secara kesejawatan, tanpa mencerminkan birokrasi yang kaku, sehingga menghasilkan komunikasi yang efektif. Kelancaran penyelenggaraan Prodi dan pelaksanaan tugas dosen dibantu oleh pelayanan administrasi akademik dan keuangan dilakukan oleh staf administrasi dipimpin oleh Ka TU. Terdiri dari 4 orang tenaga tetap staf administrasi SPs, yang semuanya memiliki kemampuan pengetahuan keterampilan administratif, komitmen, dan motivasi kerja yang mernadai.

Calon mahasiswa memiliki karakteristik yang beragam karena itu penerimaan mahasiswa baru dibatasi harus berlatar belakang keilmuan S-1 bidang IPA, sedangkan usia, pekerjaan, dan sebagainya bukan menjadi prasyarat, sehingga memiliki keunggulan dan kelemahan. Keunggulannya, semakin banyak orang yang berminat dan memiliki kepedulian terhadap masalah-masalah biologi, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pemecahan masalah-masalah tadi secara komprehensif.

Secara kuantitas, penerimaan mahasiswa baru Prodi MPBio setiap tahunnya yang mendaftar berfluktuatif. Pada awal tahun ajaran barn tinggi perninatnya dan pada pertengahan tahun rendah jumlahnya. Hal ini diduga belum ada informasi yang jelas tentang penerimaan mahasiswa baru yang ada tiap semester. Dalam penerimaan mahasiswa baru dilakukan seleksi dengan menggunakan tes, dengan ketetapan 80%.

Proses perkuliahan direncanakan 4 semester, kinerja dilakukan dalam perkuliahan melalui diskusi kelompok, diskusi kelas, penyelesaian tugas, pembimbingan penyusunan tesis serta kegiatan-kegiatan nonakademis. Para mahasiswa sendiri banyak dilibatkan dalam pengenalan permasalahan pendidikan dalam masyarakat dan sekaligus dalam program pengabdian kepada masyarakat. Mahasiswa melaksanakan penelitian untuk tesisnya hams berbasis pendidikan biologi, kegiatannya dapat dilakukan setelah ujian komprehensip.

Untuk setiap mata kuliah para dosen menyusun deskripsi, silabus, SAP dan menyiapkan handout serta menetapkan buku pegangan utama. Sebagian mata kuliah menekankan pada kajian paradigmatik dan teoretik sedangkan mata kuliah lainnya menekankan penguasaan data empirik lewat kunjungan lapangan dan atau penelitian lapangan karena menekankan kemampuan problem-solving.

Pembelajaran menekankan mahasiswa belajar aktif. Perkuliahan oleh dosen dibatasi dalam memberi penjelasan konsep-konsep, namun lebih banyak mahasiswa diberi tugas mengkaji dan rnelaporkan bagian-bagian dari buku (chapters report) atau dari majalah/jumal, menganalisis dan memecahkan masalah melalui diskusi dan seminar kelas. Kajian dilakukan terhadap konsep-konsep teoretis dan masalah-masalah praktis yang muncul di lapangan (di sini dan atau di tempat lain), menggunakan pelbagai sudut pandang.

Suasana akademik tercipta dan dibina di dalam kelas dan luar kelas, sebab aktivitas pembelajaran tidak hanya berlangsung di kelas, melainkan juga dalam bentuk diskusi-diskusi, seminar, bedah buku di luar kampus, atau di unit-unit khusus seperti perpustakaan. Para dosen Prodi MPBio diwajibkan melakukan kegiatan penelitian dan publikasi, menulis buku, handout, dan makalah yang dipublikasikan dan digunakan dalam lingkungan sendiri, serta artikel yang ditulis di dalam jurnal MPBio.

Sistem peningkatan dan pengendalian mutu program dilakukan melalui konsultasi, kegiatan perencanaan, monitoring dan evaluasi serta perbaikan bagian­bagian atau unsur-unsur program secara berkelanjutan. Sesuai dengan rencana, maka evaluasi dan perbaikan program secara menyeluruh dilakukan 1 tahun sekali melalui audit mutu Akademik internal dari SPM UNIKU, sedangkan evaluasi bagian dan hal-hal yang mendesak dilakukan setiap awal semester oleh Prodi. Pelaksanaan kinerja dilakukan sesuai dengan SOP dan merujuk pada konsepfirst thing first dan zero defects, proses pemeliharaan mutu dilakukan secara terus­menerus.

Penyelenggaraan pendidikan ditunjang oleh sarana dan prasarana yang relatif memadai, seperti lokasi kampus yang strategis, nyaman dan rindang, berada di lingkungan masyarakat Kuningan yang relegius, serta didukung oleh ruang kuliah, alat bantu pembelajaran yang cukup. Jika ada beberapa kekurangan fasilitas, pihak lembaga berusaha untuk melengkapinya.

Sistem informasi IT tersedia dan dirancang sesuai dengan kebutuhan manajemen, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Ini dilaksanakan dengan menggunakan pelbagai media, seperti formulir, surat, brosur, media cetak dalam bentuk buku panduan/informasi, interne, dll. Selain itu informasi dilakukan juga melalui komunikasi langsung dengan menggunakan HP, SMS, telepon atau tatap muka antara dosen, pimpinan prodi, direktus SPs dan tata usaha, sistem on-campus connectivity dan global connectivity telah bisa diakses oleh semua civitas akademika UNIKU.

Rencana Pengembangan, meliputi rencana pengembangan fisik dan non fisik. Rencana pengembangan fisik dilaksanakan sepenuhnya oleh pihak universitas dan yayasan, sedangkan perencanaan nonfisik seperti pengembangan kurikulum, pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian pada masyarakat, sosialisasi Prodi, dan sebagainya merupakan wewenang Prodi setelah melalui musyawarah dosen.


 

Pendidikan Ekonomi (S2)   Kunjungi Halaman Website

PROFIL DAN KURIKULUM

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI

JENJANG MAGISTER (S2)

 

A.   VISI DAN MISI

 

1.    Visi

 

Pada tahun 2020, menjadi pusat pengembangan studi dan pengembangan Sumber Daya Manusia dalam bidang Pendidikan Ekonomi yang terpercaya dan terdepan serta menjadi bagian dan akselerasi pembangunan di Indonesia.

 

2.    Misi

      1.  Membina dan mengembangkan program studi Pendidikan Ekonomi yang ilmiah, utuh, terpadu, serta fungsional.
      2. Meningkatkan kemampuan kepakaran dan profesionalisme para lulusan sebagai tenaga pendidik, akademik, praktisi dan peneliti di bidang Pendidikan Ekonomi.
      3. Menyebarluaskan hasil penelitian, telaah tindakan dan keterampilan untuk dimanfaatkan berbagai pihak yang memerlukan dukungan ilmu pendidikan Ekonomi dalam rangka pemerataan kesempatan pendidikan dan meningkatkan mutu pendidikan.
      4. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran yang secara substansial dan struktural sesuai dengan kurikulum magister Pendidikan Ekonomi yang berlaku.
      5. Melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan di bidang Pendidikan Ekonomi baik untuk kepentingan “body of knowledge” maupun untuk terapannya serta mandiri atau terpadu dengan kegiatan pendidikan dan pengajaran.

 

B.      PROFIL KOMPETENSI LULUSAN

 

1.    Profil Kompetensi Lulusan Program Magister (S2)

      1.  Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni di dalam bidang pendidikan ekonomi (pada setiap level dan satuan pendidikan) atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
      2.  Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang pendidikan ekonomi melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
      3. Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan pendidikan ekonomi, serta mampu mendapat pengakuan nasional maupun internasional.
      4. Mampu memecahkan masalah yang berhubungan dengan pendidikan ekonomi,
      5. Mampu mengelola pendidikan baik dalam tataran makro, meso, maupun mikro dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan.
      6. Mempunyai landasan yang kokoh dalam pemahaman keilmuan serta mampu melakukan penelitian secara mandiri dalam meningkatkan kepekaan mencermati dan mengatasi masalah – masalah pendidikan yang berkembang khususnya bidang ekonomi.
      7.  Mempunyai kemampuan professional yang tinggi, adaptif dan antisipatif terhadap perubahan dalam bidang pendidikan ekonomi serta siap membaktikan ilmu yang telah dimilikinya bagi kepentingan masyarakat.

 

C.      SUBSTANSI KAJIAN

Untuk mewujudkan visi, misi, dan tujuan yang telah ditetapkan; substansi kajian yang diprogramkan melalui perkuliahan bagi program magister adalah sebagai berikut.

 

Substansi Kajian pada Program Pendidikan Magister (S2)

Kajian pada Program Studi S2 ditekankan pada penguasaan mahasiswa secara mendalam terhadap materi ekonomi dan penerapannya baik mikro maupun makro serta penguasaan terhadap perencaan pembelajaran, dan penerapan model-model pembelajaran ekonomi serta penguasaan terhadap metodologi penelitian pendidikan ekonomi.

 

D.   PROSES PEMBELAJARAN

 

Proses pembelajaran dilaksanakan melalui eksposisi, inkuiri dan discovery, diskusi, simulasi, praktikum, studi lapangan, studi pengembangan, dan penulisan karya ilmiah pendidikan ekonomi melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner.

 

E.    PENILAIAN

 

Penilaian baik yang menyangkut  proses maupun hasil belajar mahasiswa disesuaikan dengan karakteristik substansi mata kuliah. Sistem penilaian menggunakan Penilaian Acuan Patokan (PAP) dengan mencakup  komponen-komponen ujian (UTS dan UAS), kinerja (laporan, kajian buku/lapangan, persentasi dll)

F.    STRUKTUR KURIKULUM

 

1.    Struktur Kurikulum Program Magister (S2)

 

Struktur kuriklum program Magister  (S2) prodi Pendidikan Ekonomi dan sebaran mata kuliahnya adalah sebagai berikut.

 

STRUKTUR KURIKULUM

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI

JENJANG MAGISTER (S2)

 

No.

Kode

Mata Kuliah

Sks

Semester

1

2

3

4

   I.      Mata Kuliah Prasyarat (Matrikulasi) *)

 

 

 

 

 

 

PE401

Ilmu Ekonomi

3

 

 

 

 

 

PE402

Pedagogik

3

 

 

 

 

 

PE502

Statistika

3

 

 

 

 

Jumlah sks Matrikulasi

9

 

 

 

 

II.      Mata Kuliah Inti:

 

 

 

 

 

A.      Mata Kuliah Landasan Keahlian (MKLK)

 

 

 

 

 

1

06SPS01

Metodologi Penelitian

3

X

 

 

 

2

06SPS02

Statistika Terapan

3

 

X

 

 

Jumlah sks MKLK

6

 

 

 

 

B.       Mata Kuliah Keahlian (MKK) SPs

 

 

 

 

 

1

00UNIV01

Filsafat Ilmu                                 

2

X

 

 

 

2

00UNIV02

Pedagogik                                 

2

 

X

 

 

Jumlah sks MKK SPs

4

 

 

 

 

C.       Mata Kuliah Keahlian (MKK) Prodi

 

 

 

 

 

1

02MPEk01

Teori dan Aplikasi Mikroekonomi

3

 

X

 

 

2

02MPEk02

Teori dan Kebijakan Makroekonomi

3

x

 

 

 

3

02MPEk03

Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan

3

 

X

 

 

4

02MPEk04

Teori dan Model Pembelajaran Ekonomi

3

 

 

X

 

5

02MPEk05

Pengembangan Kurikulum Pendidikan Ekonomi

3

X

 

 

 

 

 

Manajemen Sumberdaya Manusia

3

X

 

 

 

 

 

Manajemen Pendidikan

3

X

 

 

 

 

 

Statistik Terapan

3

 

X

 

 

 

 

Bisnis dan Kewirausahaan

3

 

X

 

 

 

 

Masalah dan Strategi Pembangunan Ekonomi

3

 

 

X

 

 

 

Ekonomi dan Perbankan Syariah

2

 

 

X

 

Jumlah sks MKK Prodi

32

 

 

 

 

III.     Mata Kuliah Pilihan: Mata Kuliah Keahlian (MKK) Khusus**)

 

 

 

 

 

1

 

Inovasi Pendidikan

3

 

X

 

 

2

 

Metode Pendidikan Kuantitatif

3

 

X

 

 

3

 

Desain Eksperimen

3

 

X

 

 

4

 

Penelitian Pendidikan

3

 

X

 

 

Jumlah sks MKK Khusus

12

 

 

 

 

18

06SPS03

Tesis

8

 

 

 

X

Jumlah sks Tesis

8

 

 

 

 

Jumlah sks bagi mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan sebidang

48

 

 

 

 

                     

Keterangan:

*)    Matrikulasi dilaksanakan selama 2 (dua) hari perkuliahan.