• Bahasa Inggris
  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Pendidikan Biologi
  • Pendidikan Ekonomi
  • Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Pendidikan Matematika

Bahasa Inggris   Kunjungi Halaman Website

     VISI, MISI DAN TUJUAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris didirikan pada tanggal Tanggal 7 Juni 2006 berdasarkan SK. DIRJEN No. 1882/D//T/2006  Tanggal 7 Juni 2006. Program Studi ini didirikan sebagai jawaban atas tuntutan masyarakat yang makin mempercayai UNIKU sebagai salah satu Universitas yang kompeten di negara kita.

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris mengemban Visi “Unggul Dalam Berkarya Profesional Dalam Bertindak Dengan Didasari Iman Dan Taqwa “.

Visi ini dijabarkan dalam Misi sebagai berikut :

    1. Menghasilkan tenaga kependidikan Bahasa Inggris yang profesional sesuai dengan tuntutan jaman.
    2. Menghasilkan tenaga kependidikan Bahasa Inggris yang berwawasan  luas dan peka akan perubahan ( Agen pembaharu )
    3.  Menghasilkan tenaga kependidikan Bahasa Inggris yang beriman dan bertaqwa dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi.

 

Disamping itu Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki beberapa tujuan. Adapun tujuan tujuan dijabarkan sebagai berikut :

    1. Membekali mahasiswa dengan kemampuan atau keterampilan berbahasa yaitu kemampuan membaca, menulis, berbicara dan menyimak.
    2. Membekali mahasiswa dengan Ilmu Kebahasaan.
    3. Membekali mahasiswa dengan dasar dasar Ilmu Penelitian khususnya penelitian bahasa untuk melakukan penelitian dan inovasi baru sesuai dengan bidangnya.
    4. Membekali mahasiswa dengan ilmu kependidikan sebagai dasar untuk menjadi tenaga kependidikan yang tangguh dan profesional.

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia   Kunjungi Halaman Website

      VISI, MISI, DAN TUJUAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

 

     Visi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2020
     Menjadi lembaga yang dapat mewujudkan lulusan yang andal, profesional, dan bermoral dalam
     bidang  pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

 

      Misi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  1. Mewujudkan sistem pendidikan bahasa dan sastra Indonesia yang akademis, demokratis, dan berkualitas.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berkenaan dengan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia untuk kepentingan pembaharuan dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk penyebarluasan dan penerapan teori keilmuan dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

 

     Tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  2. Menghasilkan lulusan yang terampil melaksanakan pembelajaran dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  3. Menghasilkan lulusan yang bertanggung jawab, bermoral, dan mencintai profesi sebagai guru dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

 

Keunggulan Program Studi

Program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mempunyai keunggulan utama yaitu mencetak guru professional dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia. Selain itu, program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia mempunyai keungggulan pendukung diantaranya dalam bidang teater (didukung kerjasa sama dengan Teater Koma, Teater Tanah Air, Komite Teater Dewan Kesenian Jakarta, fasilitas Dapur Sastra, mata kuliah Anatomi Drama dan Apresiasi Drama Indonesia), jurnalistik (didukung kerja sama dengan Radar Kuningan, Media Online Berita Kuningan dan mata kuliah Jurnalistik), penulis buku teks dan penulis sastra (didukung mata kuliah Menulis, Penulisan Bahan Ajar, Apresiasi puisi, Apresiasi prosa fiksi, dan Apresiasi Drama), pewara (didukung mata kuliah Berbicara), dan editor (didukung kerja sama dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, mata kuliah Menulis, dan Analisis Kesalahan Berbahasa).

 

Pengembangan Program Studi

Pengembangan yang dilakukan oleh program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah dengan pengajuan pembukaan pendidikan jejang strata 2 (Magister), mengembangkan labotorium bahasa dan Dapur Sastra, melakukan kerja sama dengan Teater Koma Jakarta, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin, Komite Teater Dewan Kesenian Jakarta, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Radar Cirebon, dan tingkatan sekolah jenjang SD sampai dengan SMA dalam bidang pelatihan kesenian, jurnalistik, dan pewara.

 

Prospek Lulusan

Lulusan Program Studi PBSI berkompeten menjadi guru Bahasa dan Sastra Indonesia di SLTP dan SLTA. Selain itu, mereka juga memiliki kompetensi untuk menjadi wartawan, penulis, editor, pewara, dan dramawan.

 

Data Alumni

Saat ini, lulusan Program Studi PBSI telah bertebaran di berbagai sekolah, baik di Kabupaten Kuningan maupun di luar Kabupaten Kuningan. Sebagian besar telah menjadi Pegawai Negeri Sipil, sebagian yang lain menjadi guru tetap dan tidak tetap di sekolah-sekolah swasta. Banyak di antara mereka menduduki posisi penting dan strategis, seperti: Kepala UPTD kecamatan, pengawas, kepala sekolah, wakil kepala sekolah, pembina OSIS, pembina ekskul, penulis, dan sastrawan.

 

Prestasi yang Pernah Diraih Oleh Program Studi PBSI

  1. Nominasi Kelompok Teater Terbaik Festival Drama Basa Sunda Tahun 2004
  2. Nominasi Musik Terbaik Festival Drama Basa Sunda Tahun 2008
  3. Nominasi Setting Panggung Terbaik Festival Drama Basa Sunda Tahun 2010
  4. Pemenang 2 Tingkat Nasional Parade Bedug Sampoerna Hijau Tahun 2008
  5. Juara Umum Pekan Olahraga Mahasiswa FKIP Uniku Tahun 2012
  6. Nominasi Aktris Terbaik Festival Drama Basa Sunda Tahun 2014
  7.   Nominasi Setting Terbaik Festival Drama Basa Sunda Tahun 2014
  8. Nominasi Sutradara Terbaik Festival Drama Basa Sunda Tahun 2014

STRUKTUR KURIKULUM DAN

SEBARAN MATA KULIAH PROGRAM STUDI PBSI

 

1.      Struktur Kurikulum dan Sebaran Mata Kuliah

 

NO

KODE

MATA KULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN (MPK)

SKS

SEMESTER

1

2

3

4

5

6

7

8

1

MKU013

Pendidikan Agama

3

-

3

-

-

-

-

-

-

2

MKU023

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

3

3

-

-

-

-

-

-

-

3

MKU032

Filsafat Ilmu

2

2

-

-

-

-

-

-

-

4

MKU042

Pendidikan Kewirausahaan

2

-

-

-

2

-

-

-

-

5

MKU052

Ilmu Sosial Budaya Dasar

2

-

2

-

-

-

-

-

-

JUMLAH

12

5

5

-

2

-

-

-

-

 

NO

KODE

MATA KULIAH KEILMUAN DAN KETERAMPILAN (MKK)

SKS

SEMESTER

1

2

3

4

5

6

7

8

1

IND013

Linguistik Umum

3

3

-

-

-

-

-

-

-

2

IND023

Fonologi Bahasa Indonesia

3

-

3

-

-

-

-

-

-

3

IND034

Morfologi Bahasa Indonesia

4

-

-

4

-

-

-

-

-

4

IND044

Sintaksis Bahasa Indonesia

4

-

-

-

4

-

-

-

-

5

IND053

Semantik Bahasa Indonesia

3

-

-

-

-

3

-

-

-

6

IND063

Pragmatik Bahasa Indonesia

3

-

-

-

-

-

3

-

-

7

IND073

Wacana Bahasa Indonesia

3

-

-

-

-

-

-

3

-

8

IND083

Sosiolinguistik

3

-

-

3

-

-

-

-

-

9

IND093

Psikolinguistik

3

-

-

-

3

-

-

-

-

10

IND102

Menyimak

2

2

-

-

-

-

-

-

-

11

IND112

Berbicara

2

2

-

-

-

-

-

-

-

12

IND122

Membaca

2

2

-

-

-

-

-

-

-

13

IND133

Menulis

3

-

3

-

-

-

-

-

-

14

IND142

Pembelajaran Menyimak

2

-

2

-

-

-

-

-

-

15

IND152

Pembelajaran Berbicara

2

-

2

-

-

-

-

-

-

16

IND162

Pembelajaran Membaca

2

-

2

-

-

-

-

-

-

17

IND173

Pembelajaran Menulis

3

-

-

3

-

-

-

-

-

18

IND183

Teori Belajar Bahasa

3

-

-

-

-

3

-

-

-

19

IND193

Analisis Kesalahan Berbahasa

3

-

-

-

-

-

-

3

-

20

IND203

Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia

3

-

-

-

-

-

-

3

-

21

IND213

Teori Sastra

3

3

-

-

-

-

-

-

-

22

IND222

Sejarah Sastra Indonesia

2

-

-

-

-

-

2

-

-

23

IND232

Anatomi Puisi

2

-

2

-

-

-

-

-

-

24

IND242

Anatomi Prosa Fiksi

2

-

-

2

-

-

-

-

-

25

IND252

Anatomi Drama

2

-

-

-

-

2

-

-

-

26

IND263

Apresiasi Puisi Indonesia

3

-

-

3

-

-

-

-

-

27

IND273

Apresiasi Prosa Fiksi Indonesia

3

-

-

-

3

-

-

-

-

28

IND283

Apresiasi Drama Indonesia

3

-

-

-

-

-

3

-

-

29

IND292

Jurnalistik

2

-

-

-

2

-

-

-

-

30

IND302

Bahasa Inggris

2

2

-

-

-

-

-

-

-

31

IND312

Bahasa Bantu (Arab)

2

-

-

2

-

-

-

-

-

32

IND322

Bahasa dan Sastra Daerah

2

-

-

-

2

-

-

-

-

33

IND332

Statistika

2

-

-

-

-

2

-

-

-

34

IND343

Penulisan Proposal Penelitian

3

-

-

-

-

-

-

3

-

35

IND350

Komprehensif

0

-

-

-

-

-

-

-

0

36

IND366

Skripsi

6

-

-

-

-

-

-

-

6

JUMLAH

95

14

14

17

14

10

8

12

6

 

NO

KODE

MATA KULIAH KEAHLIAN BERKARYA (MKB)

SKS

SEMESTER

1

2

3

4

5

6

7

8

1

KIP013

Landasan Pendidikan

3

3

-

-

-

-

-

-

-

2

KIP023

Psikologi Pendidikan

3

-

3

-

-

-

-

-

-

3

KIP032

Administrasi Pendidikan

2

-

-

-

2

-

-

-

-

4

KIP043

Kurikulum Pembelajaran

3

-

-

3

-

-

-

-

-

5

KIP053

Perencanaan Pembelajaran

3

-

-

-

3

-

-

-

-

6

KIP063

Strategi Pembelajaran

3

-

-

-

-

3

-

-

-

7

KIP073

Evaluasi Pembelajaran

3

-

-

-

-

-

3

-

-

8

KIP083

Metodologi Penelitian  

3

-

-

-

-

-

3

-

-

JUMLAH

23

3

3

3

5

3

6

-

-

 

NO

KODE

MATA KULIAH PERILAKU BERKARYA (MPB)

SKS

SEMESTER

1

2

3

4

5

6

7

8

1

IND413

Telaah Kurikulum dan Buku Teks Bahasa Indonesia

3

-

-

-

-

3

-

-

-

2

IND422

IND432

Penulisan Bahan Ajar**

Keprotokolan**

2

-

-

-

-

2

-

-

-

3

IND442

Aplikasi Teknologi Pembelajaran

2

-

-

2

-

-

-

-

-

4

KIP092

Microteaching

2

-

-

-

-

-

2

-

-

5

KIP103

Program Pengalaman Lapangan

3

-

-

-

-

-

-

3

-

JUMLAH

12

-

-

2

-

5

2

3

-

 

NO

KODE

MATA KULIAH BERKEHIDUPAN BERMASYARAKAT (MBB)

SKS

SEMESTER

1

2

3

4

5

6

7

8

1

MKU062

Kuliah Kerja Nyata

2

-

-

-

-

-

2

-

-

JUMLAH

2

-

-

-

-

-

2

-

-

 

JUMLAH TOTAL SKS YANG HARUS DITEMPUH MAHASISWA

144

 

2.      Sebaran Mata Kuliah Per-Semester

NO

MATA KULIAH

SKS

 

NO

MATA KULIAH

SKS

SEMESTER 1

 

SEMESTER 2

1

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

3

 

1

Pendidikan Agama

3

2

Filsafat Ilmu

2

 

2

Ilmu Sosial Budaya Dasar

2

3

Bahasa Inggris

2

 

3

Fonologi Bahasa Indonesia

3

4

Linguistik Umum

3

 

4

Pembelajaran Menyimak  

2

5

Menyimak

2

 

5

Pembelajaran Berbicara  

2

6

Berbicara

2

 

6

Pembelajaran Membaca

2

7

Membaca

2

 

7

Menulis

3

8

Teori Sastra

3

 

8

Anatomi Puisi

2

9

Landasan Pendidikan

3

 

9

Psikologi Pendidikan

3

 

Jumlah SKS

22

 

 

Jumlah SKS

22

 

NO

MATA KULIAH

SKS

 

NO

MATA KULIAH

SKS

SEMESTER 3

 

SEMESTER 4

1

Morfologi Bahasa Indonesia

4

 

1

Pendidikan Kewirausahaan

2

2

Sosiolinguistik

3

 

2

Sintaksis Bahasa Indonesia

4

3

Pembelajaran Menulis

3

 

3

Psikolinguistik

3

4

Anatomi Prosa Fiksi

2

 

4

Apresiasi Prosa Fiksi Indonesia

3

5

Apresiasi Puisi Indonesia

3

 

5

Jurnalistik

2

6

Bahasa Bantu (Arab)

2

 

6

Bahasa dan Sastra Daerah

2

7

Kurikulum Pembelajaran

3

 

7

Administrasi Pendidikan

2

8

Aplikasi Teknologi Pembelajaran

2

 

8

Perencanaan Pembelajaran

3

 

Jumlah SKS

22

 

 

Jumlah SKS

21

 

NO

MATA KULIAH

SKS

 

NO

MATA KULIAH

SKS

SEMESTER 5

 

SEMESTER 6

1

Semantik Bahasa Indonesia

3

 

1

Pragmatik Bahasa Indonesia

3

2

Teori Belajar Bahasa

3

 

2

Sejarah Sastra Indonesia

2

3

Anatomi Drama

2

 

3

Apresiasi Drama Indonesia

3

4

Statistika

2

 

4

Evaluasi Pembelajaran

3

5

Strategi Pembelajaran

3

 

5

Metodologi Penelitian  

3

6

Telaah Kurikulum dan Buku Teks Bahasa Indonesia

3

 

6

Microteaching

2

7

Penulisan Bahan Ajar**

Keprotokolan**

2

 

7

Kuliah Kerja Nyata

2

 

Jumlah SKS

18

 

 

Jumlah SKS

18

 

NO

MATA KULIAH

SKS

 

NO

MATA KULIAH

SKS

SEMESTER 7

 

SEMESTER 8

1

Wacana Bahasa Indonesia

3

 

1

Komprehensif

0

2

Analisis Kesalahan Berbahasa

3

 

2

Skripsi

6

3

Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia

3

 

 

 

 

4

Penulisan Proposal Penelitian

3

 

 

 

 

5

Program Pengalaman Lapangan

3

 

 

 

 

 

Jumlah SKS

15

 

 

Jumlah SKS

6

 


Pendidikan Biologi   Kunjungi Halaman Website

PROFIL PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI


IDENTITAS

Program Studi (PS)                                  : PENDIDIKAN BIOLOGI

Jenjang                                                   : S1

Nama Ketua Program Studi                      : Edi Junaedi, S.Si

SK Pengangkatan Sebagai Kaprodi  

Nomor SK                                               : 053/UNIKU-KNG/KP/2013

Tanggal Sk                                              : 31 Januari 2013

Berlaku s.d                                             : 2017

Nama Sekertaris Program Studi                : Ilah Nurlaelah, M.Si

SK Pengangkatan Sebagai Sekertaris      

Nomor SK                                              : 053/UNIKU-KNG/KP/2013

Tanggal SK                                            : 31 Januari 2013

Berlaku s.d                                            : 2017

Nomor SK Pendirian PS (*)                     : 128/DIKTI/Kep/1994

Tanggal SK Pendirian PS                        : 18 MEI 1994

Bulan & Tahun Dimulainya

Penyelenggaraan PS                              : MEI 1994

Nomor SK Izin Operasional (*)                 : 4894/D/T/K-IV/2010

Tanggal SK Izin Operasional                    : 20 DESEMBER 2010

Peringkat (Nilai) Akreditasi Terakhir          : B

Nomor SK BAN-PT                                 : 217/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S1/X/2013

Alamat PS                                             : Jalan Pramuka Nomor 67 Kuningan Jawa Barat  45512

No. Telepon PS                                      : (0232)  871982

No. Faksimili PS                                    : (0232)  871982

Homepage dan E-mail PS                       : http://www.uniku.ac.id/Pendidikan-Biologi

                                                             prodi_biologi@yahoo.com

Bidang Ilmu                                    : Pendidikan Biologi (771)

Gelar yang diberikan                      : S.Pd

 

Visi Program Pendidikan Biologi (S1) Universitas Kuningan 2020 adalah :

Terwujudnya Program Studi Pendidikan Biologi yang andal dan unggul dalam penyelenggaraan Tri Darma Perguruan Tinggi di wilayah Jawa Barat,   yang menghasilkan lulusan professional, berkarakter, inovatif dan berdaya saing tinggi.

 

     Misi Program Studi Pendidikan Biologi adalah :

  1. Menyelenggarakan pendidikan bagi calon sarjana pendidikan biologi sesuai dengan kaidah-kaidah pendidikan berbasis kompetensi dan perkembangan pendidikan modern.
  2. Menyelenggarakan penelitian-penelitian dalam bidang pendidikan biologi dan biologi murni.
  3. Memberikan layanan pembelajaran dan administrasi akademik yang berkualitas untuk mendukung proses kuliah mahasiswa.
  4. Meningkatkan kompetensi dan motivasi dosen dan tenaga kependidikan untuk dapat memerankan fungsinya dengan optimal dalam  mendukung keberhasilan pendidikan mahasiswa.
  5. Mengembangkan dan mengimplementasikan model-model dan metode pembelajaran yang memperkuat karakter mahasiswa sesuai dengan  konsep multiple intelligence, agar mahasiswa siap menghadapi tantangan zaman yang selalu berubah.
  6. Mengembangkan penelitian-penelitian yang terintegrasi dengan kepentingan pembelajaran dan pengabdian pada masyarakat.
  7. Menjadi sarana terjadinya pertemuan-pertemuan ilmiah baik lingkup lokal maupun nasional sehingga dapat memberikan warna dan kontribusi yang nyata dalam kemajuan ilmu dan teknologi pendidikan biologi.
  8. Meningkatkan kerjasama yang saling menguntungkan baik di bidang pendidikan maupun di luar bidang pendidikan berbasis Tri Darma Perguruan Tinggi.

    

     Program Studi Pendidikan Biologi (S1) bertujuan menghasilkan:

  1. Menghasilkan Sarjana Pendidikan biologi yang mempunyai kompetensi dalam bidang pendidikan, handal, profesional, mandiri dan berkarakter.
  2. Mempunyai dasar keahlian profesional untuk mempraktekan di tempat kerja, selaku ahli pendidikan biologi di sekolah tingkat lanjut.
  3. Mempersiapkan lulusan menjadi ilmuwan yang memiliki integritas  tinggi dalam mengembangkan pendidikan biologi di sekolah dan dimasyarakat.
  4. Memiliki keseimbangan antara intelektualitas, kepribadian dan emosional;
  5. Menghasilkan lulusan yang berkarakter yang mampu menerapkan konsep berpikir tingkat tinggi, sebagai penjabaran dari multiple intelegences dengan cara berpikir logis, inovatif, kreatif dan kritis dalam menyikapi persoalan pendidikan, biologi dan sosial.
  6. Mampu mengelola dan mengembangkan nurturant effect secara terus menerus dalam ilmu dan keterampilan sosial uintuk mengupayakan perbaikan mutu kerja dan kehidupan.

 

 

Sasaran Program Studi Pendidikan Biologi (S1) adalah:

Menjadi Program Studi Pendidikan Biologi (S1) yang menyelenggarakan kurikulum berbasis kompetensi, menggalakkan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat bagi dosen dan mahasiswa serta melaksanakan kegiatan penunjang yang mendukung pendidikan berkualitas. Sasaran Program Studi Pendidikan Biologi (S1) adalah:

Menjadi Program Studi Pendidikan Biologi (S1) yang menyelenggarakan kurikulum berbasis kompetensi, menggalakkan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat bagi dosen dan mahasiswa serta melaksanakan kegiatan penunjang yang mendukung pendidikan berkualitas.

 

Program Studi Pendidikan Biologi memiliki dosen-dosen tetap berkualitas dari lulusan berbagai Universitas terkemuka (UPI, ITB, UGM, UNPAD, UNSOED, IPB, UNS, UNAIR, UNES, UNAS, PLAGUE University CHECOSLOVAKIA,  Monas University, Quensland University). Dosen-dosen tersebut sebagian berstatus sebagai Asesor Program Sarjana Kependidikan Bagi Guru Dalam Jabatan, PLPG dan lain-lain.

 

Program Studi Pendidikan Biologi juga menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga dalam negeri (LIPI dan beberapa instansi lain) dan lembaga luar negeri untuk pengembangan fasilitas dan pengembangan keilmuan mahasiswa dan dosen.

 

Program Studi Pendidikan Biologi  Memiliki sarana yang sangat lengkap, pembelajaran multi media, hot-spot, e-learning, LCD, Proyektor di tiap kelas, berbagai Laboratorim (kultur jaringan, mikrobiologi, botani, zoology, fisiologi, ekologi, biologi terapan, microteaching, komputer, bengkel media pembelajaran dan beberapa laboratorium dari instansi lain yang siap digunakan dalam kegiatan pembelajaran dan penelitian), berbagai mikroskop (binokuler, trinokuler, stereo, multimedia, mikroskop kamera), alat-alat analisis biomolekuler (spectrophotometer, elektroforesis dll) serta alat dan bahan laboratorium lainnya. Berlokasi di daerah strategis mudah dijangkau oleh kendaraan umum, dengan iklim yang sejuk, udara bersih dan nyaman sangat mendukung untuk belajar dan pengembangan aktivitas mahasiswa.

 

Program Studi Pendidikan Biologi menyalurkan berbagai beasiswa (PPA, BBM, Propinsi Jawa Barat, beasiswa UNIKU, beasiswa Depag dan beasiswa Bidik Misi). Pada tahun 2013 Program studi Pendidikan Biologi dipilih sebagai salah satu Program Studi yang memenuhi Kriteria beasiswa Propinsi Jawa Barat, beberapa mahasiswa Prodi Pendidikan biologi menerima beasiswa selama studi penuh (Rp 52 juta) dan yang lainnya beasiswa selama 1 tahun studi. Program Studi Pendidikan Biologi memfasilitasi berbagai kelompok studi/minat mahasiswa yang mengembangkan konten keilmuan dan kewirausahaan antara lain Mahasisawa Pencinta Alam (Mapala Green). Pada tahun 2013 kelompok studi jamur mendapatkan dana hibah dari departemen koperasi untuk budidaya  jamur tiram

 

.

 

 

Pendidikan Ekonomi   Kunjungi Halaman Website

PROFIL  PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI

 

Riwayat Singkat

Program Studi mulai berdiri pada tahun 1992 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor :038/O/1992. Berdasarkan Surat Keputusan tersebut nama program studi ini adalah Pendidikan Dunia Usaha (PS PDU) dengan jenjang Diploma III (D III). Pada tahun 1994 membuka jenjang Strata Satu (S1) berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 128/DIKTI/Kep/1994. Pada tahun 1996, bersamaan dengan terjadinya pembaharuan kurikulum secara nasional, terjadi perubahan nama program studi dari Program Studi Pendidikan Dunia Usaha menjadi Program Studi Ekonomi hingga sekarang (Prodi  PE).

Visi, Misi, dan Tujuan Program Studi Pendidikan Ekonomi

   Visi

    “Menjadi Program Studi Unggul dalam mencetak Sarjana Pendidikan Ekonomi yang Profesional,

     Memiliki Etos Kewirausahaan yang Kuat, Memiliki Wawasan Bisnis yang Luas, dan Berahlak Mulia”.

 

    Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan Calon Sarjana  dalam bidang Pendidikan Ekonomi secara terpadu serta adaptif terhadap perubahan
  2. Menyelenggarakan Kegiatan ilmiah dalam bidang Pendidikan Ekonomi.
  3. Membina dan mengembangkan   kehidupan akademik yang sehat sesuai dengan nilai-nilai  dan norma-norma yang berkembang  di dunia akademik.
  4. Melayani, memandu, dan menyatu dengan masyarakat dalam upaya ikut serta membangun masyarakat.

 

   Tujuan
  1. Menyiapkan  peserta  didik menjadi kader bangsa yang mandiri, profesional, dan berakhlak mulia.
  2. Mempersiapkan peserta didik menjadi ilmuwan muda yang memiliki integritas dan dedikasi yang tinggi serta memiliki komitmen untuk mengembangkan ilmu dan teknologi.
  3. Mempersiapkan peserta didik menjadi tenaga Pendidik/Guru yang professional, kreatif, inovatif serta berakhlak mulya
  4. Menghasilkan Sarjana Pendidikan dalam bidang Pendidikan Ekonomi yang siap berperan dalam kehidupan masyarakat
  5. Melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi.

 

Pengembangan Program Studi :

Beasiswa

Program Studi menyalurkan beasiswa, seperti BBM serta Uniku Peduli. Bagi mahasiswa berprestasi dan berdedikasi tinggi dapat memperoleh beasiswa sesuai dengan  syarat dan ketentuan yang ditetapkan.

 

Kurikulum

Kurikulum Program Studi Pendidikan Ekonomi merupakan kurikulum yang disusun sesuai dengan kebutuhan dalam rangka menghasilkan seorang sarjana pendidikan ekonomi. Diberikan pula mata kuliah Kewirausahaan untuk membekali mahasiswa agar dapat berusaha secara mandiri sesuai dengan ilmu yang didapatkannya.

 
 
 

Kerjasama

Program Studi Pendidikan Ekonomi telah melakukan kerjasama dengan berbagai pihak dalam menunjang kompetensi lulusan, seperti : SMP dan SMA (MGMP Ekonomi) dalam pengembangan pembelajaran,  Dinas Perindustrian dan Energi Provinsi DKI Jakarta dalam kegiatan pembuatan sistem aplikasi perpustakaan dan kemudian untuk mewadahi kegiatan/minat wirausaha memasarkan produk mahasiswa menjalin kerjasama dengan berbagai objek wisata di Kabupaten Kuningan.

Untuk memberikan layanan kepada mahasiswa  dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat  melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Posdaya.

 

Dosen

Dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi, terdiri dari dosen tetap dan tidak tetap.

Dosen tetap adalah dosen yang tugas utamanya mengajar di  perguruan tinggi ini.

Dosen tetap terdiri dari dosen tetap yayasan dan dosen tetap pegawai negeri sipil.

Dosen Pendidikan Ekonomi berpendidikan S-2 bergelar magister dan S-3 doktor.

 

 

 

Prospek Lulusan Pendidikan Ekonomi

Prospek Lulusan Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Kuningan berhak menyandang gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) dan berpeluang besar untuk menduduki pos-pos strategis pada instansi atau lembaga pemerintah maupun swasta. Mereka berkelayakan menjadi tenaga pengajar pada SMP, SMA/SMK, dan Pendidik Luar Sekolah (kursus-kursus).

 

Alumni

Hingga saat ini Program Studi Pendidikan Ekonomi telah menghasilkan banyak alumni. Mereka terserap dalam berbagai bidang pekerjaan; guru PNS, guru yayasan, mentor kursus, pengusaha, karyawan perusahaan swasta dan sebagainya. Alumni Pendidikan Ekonomi tergabung dalam wadah organisasi yang bernama Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan.

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pendidikan Guru Sekolah Dasar   Kunjungi Halaman Website

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) merupakan salah satu prodi dalam lingkungan FKIP  Universitas Kuningan. Prodi ini mendapatkan ijin operasional dari Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud pada tanggal 07 Juni 2013 dengan SK Mendikbud No. 225/E/O/2013.

Prodi PGSD merupakan lembaga pendidikan Tenaga Kependidikan yang menyelenggarakan pendidikan dan pengembangan bagi calon-calon guru SD. Dalam menyelenggarakan kegiatan-kegiatannya, Prodi PGSD menekankan pada pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Ketiga kegiatan tersebut dilaksanakan secara terintegrasi.

Prodi PGSD saat ini memiliki mahasiswa sejumlah 200 orang mahasiswa dari sejumlah 220 yang mengikuti seleksi (20  Orang calon mahasiswa tidak lulus seleksi) dibimbing oleh sejumlah 13 orang dosen dan dipimpin oleh Ketua Prodi, Dr. Pupu Saeful Rahmat, M.Pd, dan SekProdi Arrofa Acesta, M.Pd.

Mahasiswa dapat lulus dari Prodi PGSD ini setelah menyelesaikan 145 SKS ditambah menyelesaikan beberapa kegiatan ekstrakurikuler untuk mempersiapkan mereka menjadi pembina-pembina kegiatan di Sekolah Dasar. Mahasiswa dibawah bimbingan dan binaan instruktur/pelatih mengikuti program kegiatan ekstrakulikuler dalam cabang-cabang kegiatan  pramuka, UKS, Koperasi dan kesenian, kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan dalam workshop/lokakarya., diklat/Bimtek. Kegiatan kegiatan tersebut dimaksudkan agar melalui kegiatan yang diikutinya mahasiswa mendapatkan pemahaman, tambahan wawasan pengetahuan, pengalaman, sehingga diharapkan terampil dan memiliki sikap positif dan siap menjadi Pembina-pembina kegiatan di SD. Mahasiswa memiliki tambahan wawasan  ilmu pengetahuan yang sesuai dengan perkembangan IPTEK dan  kebijakan  dalam bidang pendidikan, Prodi mewajibkan  kepada mahasiswa untuk mengikuti  kegiatan-kegiatan tersebut. Dampak positif lainnya selain mahasiswa  mendapatkan perolehan ilmu juga sertifikat yang didapat bermanfaat untuk pengumpulan TAK (Trankrip Akademik Kemahasiswaan) untuk kepentingan persyaratan ujian siding skripsi.

 
A.    Visi

       Pada tahun 2020 menjadi Program Studi pencetak calon guru SD yang unggul, handal, mumpuni,  siap pakai, dan terdepan di  di Jawa Barat

B.    Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat secara terpadu berdasarkan kaidah-kaidah pendidikan modern.
  2. Membina dan mengembangkan   kehidupan akademik yang sehat sesuai dengan nilai-nilai  dan norma-norma yang berkembang  di dunia akademik.
  3. Menyelenggarakan riset-riset ilmiah yang  mampu mendorong pertumbuhan ilmu dan teknologi
  4. Menjadi sarana pertemuan-pertemuan ilmiah baik lingkup lokal, nasional maupun internasional sehingga dapat memberikan warna dan kontribusi yang nyata dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  5. Ikut serta memberdayakan masyarakat dalam bidang pendidikan
  6. Menjadi sarana pembinaan mahasiswa agar mampu mandiri, profesioal dan berakhlak mulia sehingga bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat.
  7. Mencetak calon-calon  guru  yang  berkarakter, mandiri,  dan siap pakai dalam melaksanakan tugas-tugas iintra kurikuler dan ekstrakurikuler di Sekolah Dasar.
 

C.    Tujuan

       Tujuan Program Studi Pendidikan Pendididikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP Universitas Kuningan sebagai berikut.

  1. Menghasilkan calon guru Sekolah Dasar untuk menjadi kader bangsa yang mandiri, profesional, dan  berakhlak mulia serta dapat mengikuti tuntutan jaman.
  2. Menghasilkan calon guru Sekolah Dasar untuk menjadi pendidik yang memiliki integritas dan  dedikasi tinggi serta memiliki komitmen untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat
  4. Membantu  pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan di segala bidang terutama dalam peningkatan mutu SDM
  5. Menjadi mitra masyarakat  dalam upaya mengembangkan kahidupan yang lebih baik
  6. Membantu melayani dan mendampingi masyarakat untuk tumbuh manjadi masyarakat yang cerdas, kreatif, dan mandiri.
  7. Menghasilkan calon guru Sekolah Dasar yang profesional dengan kepemilikan berbagai kompetensi, baik  yang berkaitan dengan kompetensiprofesional, paedagogik, kepribadian dan sosial.
  8. Menghasilkan calon guru Sekolah Dasar yang berkarakter sehingga menjadi teladan bagi peserta didik dan lingkungannya,
  9. Menghasilkan calon guru Sekolah Dasar yang mandiri dan siap pakai melalui pembekalan berbagai kegiatan pembinaan berbagai kegiatan kokuriluler  /intrakurikuler.
  10. Menghasilkan calon guru Sekolah Dasar yang mandiri dan siap pakai melalui pembekalan berbagai kegiatan pembinaan ekstrakurikuler sehingga siap  menjadi Pembina-pembina kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah Dasar.



D.    Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

  1. Sasaran  Program Studi PGSD adalah menghasilkan tenaga kependidikan (guru) yang berakhlak mulia, mandiri, kreatif, inspiratif, inovatif, mumpunidalam   berbagai ilmu ke-SD-an, trampil dalam kegiatan ekstrakurikuler, bertanggung jawab terhadap lingkungan serta mampu menjadi suri tauladan bagi peserta didik dan masyarakat sekitarnya.
  2. Strategi pencapaian sasaran di atas dilakukan melalui pendidikan pengajaran dalam bentuk perkuliahan tatap muka, praktik keterampilan dari beberapamata kuliah, pelatihan kegiatan ekstrakurikuler serta pelatihan-pelatihan lainnya untuk menunjang kompetensi guru SD yang siap pakai.

 

E.    Pejabat Struktural Prodi  PGSD

  1. Dr. Pupu Saeful Rahmat, M.Pd         (Ketua Program Studi)
  2. Arrofa Acesta, M.Pd                        (Sekretaris Program Studi)
  3. Aan Nurhasanah                             ( Kepala Lab PGSD)

 

Website : http://pgsd.fkip.uniku.ac.id

Pendidikan Matematika   Kunjungi Halaman Website

A.  SEJARAH BERDIRINYA PROGRAM STUDI

     BERDIRI TAHUN 2013

Tanggal 2 Juli 2013 dengan Nomor 257/E/O/2013 ijin penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Matematika (S-1)  pada  Universitas Kuningan, yang ditetapan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

 

B.  VISI PROGRAM STUDI 

Menjadi Program Studi Pendidikan Matematika yang unggul, andal, dan Profesional dalam mengembangkan diri untuk memupuk dan menghasilkan sarjana Pendidikan matematika di Wilayah Jawa Barat

 

C. MISI PROGRAM STUDI

  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat secara terpadu berdasarkan pada kaidah-kaidah pendidikan modern.
  2. Membina dan mengembangkan kehidupan akademik yang sehat sesuai dengan nilai-nilai  dan norma-norma yang berkembang di dunia akademik.
  3. Mengembangkan keilmuan matematika dalam bidang pendidikan yang mampu menemukan model-model pembelajaran dalam bidang pendidikan matematika.
  4. Mendorong staf pengajar dalam meningkatkan penelitian terutama dalam bidang pengembangan pendidikan matematika yang dapat dipublikasikan dalam jurnal hasil penelitian lokal, nasional dan internasional atau dalam bentuk bahan ajar untuk memenuhi  kebutuhan para pendidik di sekolah.
  5. Menjadikan center pengembangan keilmuan pendidikan matematika bagi guru-guru pendidikan matematika tingkat SD, SLTP dan SLTA di wilayah timur Jawa Barat.
  6. Menjadi sarana pembinaan mahasiswa agar mampu mandiri, profesioal, dan berakhlak mulia sehingga bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat
  7. Mencetak calon-calon guru  yang profesional dan berkarakter.

 

D. TUJUAN PROGRAM STUDI

  1. Menghasilkan calon guru Matematika yang mandiri, profesional, dan berakhlak mulia serta dapat mengikuti tuntutan zaman.
  2. Menghasilkan calon guru Matematika untuk menjadi pendidik yang memiliki integritas dan  dedikasi tinggi serta memiliki komitmen untuk mengembangkan ilmu dan teknologi.
  3. Memberi kesempatan kepada lulusan SMA, MA, dan SMK baik negeri maupun swasta di Kabupaten Kuningan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya dalam bidang pendidikan matematika.
  4. Mendorong para guru yang belum menyelesaikan program Strata 1 serta telah bekerja untuk meningkatkan kompetensinya dalam mengembangkan profesinya.
  5. Memberikan kesempatan kepada para guru Matematika yang berlatar belakang bukan pendidikan Matematika di lingkungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kuningan untuk memperdalam/menambah wawasan dalam bidang pendidikan Matematika
  6. Menyediakan informasi dan pengetahuan, wawasan keilmuan serta kepakaran matematika, sehingga setiap calon guru matematika atau guru matematika yang berlatar belakang bukan pendidikan matematika  dapat secara optimal mengembangkan diri dalam bidang matematika.

 

E.  PROGRAM KERJA PRODI

  1. Memberikan kesempatan kepada dosen untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.
  2. Memfasilitasi dosen dalam menulis karya ilmiah dan mempublikasikannya.
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam bidang pendidikan matematika. 
  4. Mengadakan pembinaan olimpiade matematika dan kegiatan ilmiah lain yang bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa  Jurusan Pendidikan Matematika
  5. Pembuatan Prosedur Operasi Standar program studi
  6. Pembukaan perpustakaan dan laboratorium program studi
  7. Memaksimalkan manajemen dan pelayanan akademik program studi
  8. Melaksanakan evaluasi diri dan penjaminan mutu secara berkesinambungan
  9. Meningkatkan kinerja dan kreativitas staf jurusan
  10. Memonitoring dan mengevaluasi pelaksanaan kurikulum 
  11. Peningkatan pelayanan akademik mahasiswa
  12. Melakukan kerja sama dengan instansi-instansi lain dalam bidang akademik dan non akademik.

 

F.  STAF PENGAJAR

Program Studi Pendidikan matematika UNIKU memiliki keunggulan dalam bidang SDM dosen yang berpredikat Master dari perguruan tinggi ternama seperti UPI, ITB, UNNES dan UGM.