• Bahasa Inggris
  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Pendidikan Biologi
  • Pendidikan Ekonomi
  • Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Pendidikan Matematika

Bahasa Inggris   Kunjungi Halaman Website

     VISI, MISI DAN TUJUAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris didirikan pada tanggal Tanggal 7 Juni 2006 berdasarkan SK. DIRJEN No. 1882/D//T/2006  Tanggal 7 Juni 2006. Program Studi ini didirikan sebagai jawaban atas tuntutan masyarakat yang makin mempercayai UNIKU sebagai salah satu Universitas yang kompeten di negara kita.

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris mengemban Visi “Unggul Dalam Berkarya Profesional Dalam Bertindak Dengan Didasari Iman Dan Taqwa “.

Visi ini dijabarkan dalam Misi sebagai berikut :

    1. Menghasilkan tenaga kependidikan Bahasa Inggris yang profesional sesuai dengan tuntutan jaman.
    2. Menghasilkan tenaga kependidikan Bahasa Inggris yang berwawasan  luas dan peka akan perubahan ( Agen pembaharu )
    3.  Menghasilkan tenaga kependidikan Bahasa Inggris yang beriman dan bertaqwa dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi.

 

Disamping itu Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris memiliki beberapa tujuan. Adapun tujuan tujuan dijabarkan sebagai berikut :

    1. Membekali mahasiswa dengan kemampuan atau keterampilan berbahasa yaitu kemampuan membaca, menulis, berbicara dan menyimak.
    2. Membekali mahasiswa dengan Ilmu Kebahasaan.
    3. Membekali mahasiswa dengan dasar dasar Ilmu Penelitian khususnya penelitian bahasa untuk melakukan penelitian dan inovasi baru sesuai dengan bidangnya.
    4. Membekali mahasiswa dengan ilmu kependidikan sebagai dasar untuk menjadi tenaga kependidikan yang tangguh dan profesional.

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia   Kunjungi Halaman Website

1. Visi

          PADA TAHUN 2032 MENJADI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA YANG UNGGUL DAN BERKOMITMEN TINGGI TERHADAP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT SERTA MENGHASILKAN LULUSAN YANG BERKARAKTER DAN PROFESIONAL

2. Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan bagi calon sarjana pendidikan  Bahasa dan Sastra Indonesia sesuai dengan kaidah-kaidah pendidikan berbasis kompetensi dan perkembangan pendidikan modern.
  2. Menyelenggarakan penelitian-penelitian dalam bidang pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  3. Mengadakan pengabdian kepada masyrakat dalam bidang pendidikan, kebahasaan, dan kesaatraan dengan melibatka dosen dan mahasiswa
  4. Memberikan layanan pembelajaran dan administrasi akademik yang berkualitas untuk mendukung proses kuliah mahasiswa.
  5. Meningkatkan kompetensi dan motivasi dosen dan tenaga kependidikan untuk dapat memerankan fungsinya dengan optimal dalam mendukung keberhasilan pendidikan mahasiswa.
  6. Mengembangkan dan mengimplementasikan model-model dan metode pembelajaran yang memperkuat karakter mahasiswa sesuai dengan  konsep multiple intelligence, agar mahasiswa siap menghadapi tantangan zaman yang selalu berubah.
  7. Mengembangkan penelitian-penelitian yang terintegrasi dengan kepentingan pembelajaran dan pengabdian pada masyarakat.
  8. Menjadi sarana terjadinya pertemuan-pertemuan ilmiah baik lingkup lokal maupun nasional sehingga dapat memberikan warna dan kontribusi yang nyata dalam kemajuan ilmu dan teknologi pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  9. Menyelenggarakan pendidika karekter yang terintegrasi dalam setiap perkuliahan demi menciptakan lulusan yang berkerakter
  10. Meningkatkan kerjasama yang saling menguntungkan baik di bidang pendidikan maupun di luar bidang pendidikan berbasis Tri Darma Perguruan Tinggi.

3. Tujuan 

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  2. Menghasilkan lulusan yang terampil melaksanakan pembelajaran dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  3. Menghasilkan lulusan yang siap mengabdi di masyarakat dalam bidang pendidikan bahasa dan Sastra
  4. Menghasilkan lulusan yang bertanggung jawab, bermoral, dan mencintai profesi sebagai guru dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

 

Pendidikan Biologi   Kunjungi Halaman Website

Visi Program Studi Pendidikan Biologi (S1)

Terwujudnya Program Studi Pendidikan Biologi yang terkemuka dalam penyelenggaraan Tri Darma Perguruan Tinggi, dan memiliki komitmen terhadap pemberdayaan masyarakat.

Misi Program Studi Pendidikan Biologi adalah :

  1. Melaksanakan pembelajaran, bimbingan, dan pelatihan sesuai dengan kaidah-kaidah pendidikan berbasis kompetensi dan perkembangan pendidikan modern untuk menghasilkan calon guru biologi yang kreatif dan inovatif di bidang biologi dan pendidikan biologi.
  2. Mengembangkan penelitian dalam bidang pendidikan biologi dan biologi murni yang terintegrasi dengan kepentingan pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat berbasis penelitian bagi kemajuan masyarakat.
  4. Meningkatkan kerjasama yang saling menguntungkan baik di bidang maupun di luar bidang pendidikan berbasis Tri Darma Perguruan Tinggi.

Tujuan Program Studi Pendidika Biologi (S1):

  1. Menghasilkan Calon guru biologi yang mempunyai kompetensi dalam bidang pendidikan, professional dan berkarakter.
  2. Menghasilkan lulusan menjadi ilmuwan yang memiliki integritas tinggi dalam mengembangkan pendidikan biologi di sekolah dan masyarakat.
  3. Menghasilkan karya ilmiah dan penelitian di bidang biologi dan pendidikan biologi untuk perbaikan mutu kerja dan kehidupan.
  4. Menjadi mitra pemerintah dalam memberikan pelayanan di bidang pendidikan untuk memajukan kualitas pendidikan sesuai dengan perkembangan jaman

Pendidikan Ekonomi   Kunjungi Halaman Website

PROFIL  PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI

 

RIWAYAT SINGKAT

Program Studi Pendidikan Ekonomi berdiri pada tahun 1992 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor :038/O/1992. Berdasarkan Surat Keputusan tersebut nama program studi ini adalah Pendidikan Dunia Usaha (PS PDU) dengan jenjang Diploma III (D III). Pada tahun 1994 membuka jenjang Strata Satu (S1) berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 128/DIKTI/Kep/1994. Pada tahun 1996, bersamaan dengan terjadinya pembaharuan kurikulum secara nasional, terjadi perubahan nama program studi dari Program Studi Pendidikan Dunia Usaha menjadi Program Studi Ekonomi hingga sekarang.

Visi, Misi, dan Tujuan Program Studi Pendidikan Ekonomi

   VISI

    “Terwujudnya Program Studi Pendidikan Ekonomi yang Unggul dan Menghasilkan Lulusan yang Profesional, Berkarakter, Inovatif, Kreatif dan Inspiratif ”.

 

    MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan Calon Sarjana dalam bidang Pendidikan Ekonomi secara terpadu serta adaptif terhadap perubahan
  2. Menyelenggarakan Kegiatan ilmiah dalam bidang Pendidikan Ekonomi.
  3. Membina dan mengembangkan kehidupan akademik yang sehat sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma yang berkembang di dunia akademik.
  4. Melayani, memandu, dan menyatu dengan masyarakat dalam upaya ikut serta membangun masyarakat.

 

   TUJUAN

  1. Menyiapkan  peserta  didik menjadi kader bangsa yang mandiri, profesional, dan berakhlak mulia.
  2. Mempersiapkan peserta didik menjadi ilmuwan muda yang memiliki integritas dan dedikasi yang tinggi serta memiliki komitmen untuk mengembangkan ilmu dan teknologi.
  3. Mempersiapkan peserta didik menjadi tenaga Pendidik/Guru yang professional, kreatif, inovatif serta berakhlak mulya
  4. Menghasilkan Sarjana Pendidikan dalam bidang Pendidikan Ekonomi yang siap berperan dalam kehidupan masyarakat
  5. Melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi.

 

SASARAN

Kompetensi Lulusan Sarjana Pendidikan Ekonomi diharapkan :

  1. Mampu berpikir kritis dalam menghadapi masalah-masalah pendidikan
  2. Mampu merencanakan pembelajaran dalam bidang ekonomi secara efektif
  3. Mampu melaksanakan pembelajaran dalam bidang ekonomi secara efektif dan efisien
  4. Mampu melaksanakan pengukuran, penilaian dan evaluasi pembelajaran ekonomi
  5. Mampu melaksanakan penilaian dan evaluasi dalam proses pendidikan secara umum
  6. Mampu mengelola proses pendidikan secara efektif dan efisien
  7. Mampu mengembangkan sumberdaya pendidikan secara efektif dan efisien
  8. Memiliki sikap professional sebagai pendidik dan mampu mengembangkan profesi secara mandiri
  9. Mampu memahami sumber belajar yang berbahasa inggris dengan baik

Pengembangan Program Studi :

Beasiswa

Program Studi menyalurkan beasiswa, seperti BBM serta Uniku Peduli. Bagi mahasiswa berprestasi dan berdedikasi tinggi dapat memperoleh beasiswa sesuai dengan  syarat dan ketentuan yang ditetapkan.

 

Kurikulum

Kurikulum Program Studi Pendidikan Ekonomi merupakan kurikulum yang disusun sesuai dengan kebutuhan dalam rangka menghasilkan seorang sarjana pendidikan ekonomi. Diberikan pula mata kuliah Kewirausahaan untuk membekali mahasiswa agar dapat berusaha secara mandiri sesuai dengan ilmu yang didapatkannya.

 
 
 

Kerjasama

Program Studi Pendidikan Ekonomi telah melakukan kerjasama dengan berbagai pihak dalam menunjang kompetensi lulusan, seperti : SMP dan SMA (MGMP Ekonomi) dalam pengembangan pembelajaran,  Dinas Perindustrian dan Energi Provinsi DKI Jakarta dalam kegiatan pembuatan sistem aplikasi perpustakaan dan kemudian untuk mewadahi kegiatan/minat wirausaha memasarkan produk mahasiswa menjalin kerjasama dengan berbagai objek wisata di Kabupaten Kuningan.

Untuk memberikan layanan kepada mahasiswa  dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat  melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Posdaya.

 

Dosen

Dosen Program Studi Pendidikan Ekonomi, terdiri dari dosen tetap dan tidak tetap.

Dosen tetap adalah dosen yang tugas utamanya mengajar di  perguruan tinggi ini.

Dosen tetap terdiri dari dosen tetap yayasan dan dosen tetap pegawai negeri sipil.

Dosen Pendidikan Ekonomi berpendidikan S-2 bergelar magister dan S-3 doktor.

 

 

 

Prospek Lulusan Pendidikan Ekonomi

Prospek Lulusan Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Kuningan berhak menyandang gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) dan berpeluang besar untuk menduduki pos-pos strategis pada instansi atau lembaga pemerintah maupun swasta. Mereka berkelayakan menjadi tenaga pengajar pada SMP, SMA/SMK, dan Pendidik Luar Sekolah (kursus-kursus).

 

Alumni

Hingga saat ini Program Studi Pendidikan Ekonomi telah menghasilkan banyak alumni. Mereka terserap dalam berbagai bidang pekerjaan; guru PNS, guru yayasan, mentor kursus, pengusaha, karyawan perusahaan swasta dan sebagainya. Alumni Pendidikan Ekonomi tergabung dalam wadah organisasi yang bernama Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan.

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Pendidikan Guru Sekolah Dasar   Kunjungi Halaman Website

Visi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

“Menjadi Program Studi yang mencetak guru sekolah dasar yang profesional, unggul, berkarakter dan berdaya saing serta berkomitmen tinggi terhadap pemberdayaan masyarakat”

isi tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Pernyataan Profesional mempunyai makna bahwa lulusan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar menguasai bidang keilmuan serta memiliki kompetensi Pedagogik, Profesional, Sosial dan Kepribadian yang tinggi
  2. Pernyataan Unggul mengandung arti bahwa Program Studi PGSD melaksanakan kegiatan belajar dan mengajarnya senantiasa dengan standar yang tinggi (Standar Nasional).
  3. Pernyataan Berkarakter mengandung arti bahwa lulusan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar selalu berpegang pada norma dan etika dalam pekerjaannya, sehingga terbentuk kepribadian lulusan yang mencapai tingkat budi pekerti luhur.
  4. Pernyataan Berdayasaing mengandung arti bahwa lulusan prodi PGSD  memiliki kemampuan untuk menunjukkan produktivitas  yang lebih baik, lebih cepat atau lebih bermakna.

Selanjutnya visi sebagaimana tertera di atas sangat jelas dan realistis karena telah memenuhi persyaratan: imaginable, desirable, feasible, focus, flexible,time specific dan communicative. Hal ini dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Imaginable, dengan visi yang disebutkan dapat dibayangkan Program Studi PGSD masa depan yang dijamin berkualitas. Hal ini karena dapat dibayangkan ada standar-standar yang ketat diterapkan di Program Studi PGSD.
  2. Desirable, dengan visi tersebut maka seluruh stakeholder merasa nyaman, senang dan terjamin kepentingannya karena Program Studi PGSD melaksanakan kegiatannya dengan standar-standar yang jelas dan terkemuka.
  3. Feasible, visi yang dibangun tentu disusun berdasarkan kondisi obyektif yang ada sekarang ini.
  4. Measurable, visi yang dirumuskan dirasakan sudah terukur baik ditinjau dari cakupan maupun dimensi waktu. Tentu penentuannya telah diperhatikan indikator-indikator pencapaian yang terlihat.
  5. Focus, visi yang dirumuskan telah fokus pada kompetensi lulusan.
  6. Flexible, visi yang dirumuskan terbuka untuk adanya perubahan seiring perubahan yang terjadi pada sisi internal maupun sisi eksternal.
  7. Time specific, visi yang dirumuskan telah diperhitungkan secara tepat berdasarkan ketercapaian indikator-indikator yang ditentukan sebelumnya

Communicative, visi yang dirumuskan telah dengan mudah diingat dan dipahami oleh civitas akademika dan stakeholder program studi ini.

 

Misi Program Studi PGSD

Selaras dengan visi tersebut, maka Misi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar telah ditetapkan dalam SK Dekan Nomor 17/PGSD – UNIKU/KNG/2013 adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan sarjana dalam bidang Pendidikan Dasar yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan jaman.
  2. Menyelenggarakan kegiatan, penelitian, pengabdian dalam bidang Pendidikan Dasar. Menyelenggarakan pendidikan sarjana dalam bidang Pendidikan Dasar.
  3. Membina dan mengembangkan kehidupan akademik yang sehat sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma yang berkembang di dunia akademik.
  4. Membangun dan mengembangkan kemampuan nonakademik yang dibutuhkan di  sekolah dasar.
  5. Menjadi sarana pembinaan mahasiswa agar mampu mandiri, profesioal dan berakhlak mulia, bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat.

Menjadi sarana pembinaan mahasiswa agar siap pakai menjadi pembina-pembina kegiatan eksra kurikuler di sekolah dasar.

 

Tujuan Program Studi PGSD

Tujuan dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar ini adalah menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan dalam menerapkan ilmu dan pengetahuan ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Tujuan untuk memperbaiki sistem pembelajaran dalam rangka memecahkan masalah-masalah belajar telah ditetapkan dalam SK Dekan Nomor 17/PGSD – UNIKU/KNG/2013, antara lain:

  1. Menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu pedagogic yang berkarakter dan berdayasaing, mampu mengembangkan perangkat pembelajaran yang berbasis multi media yang dapat dikembangkan di sekolah dasar
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan penelitian di bidang pendidikan dasar yang dipublikasikan dan menjunjung tinggi hak kekayaan intelektual (HKI)
  3. Mempersiapkan Guru Sekolah Dasar untuk menjadi kader bangsa yang mandiri dan berakhlak mulia serta dapat mengikuti tuntutan jaman.
  4. Mempersiapkan Guru Sekolah Dasar untuk menjadi pendidik yang memiliki integritas dan dedikasi tinggi serta memiliki komitmen untuk mengembangkan ilmu dan teknologi.
  5. Menjadi mitra pemerintah/ instansi terkait dalam mengembangkan, meningkatkan mutu pendidikan sekolah dasar
  6. Menghasilkan Guru Sekolah Dasar yang professional yang memiliki bebagai kompetensi, profesional,  pedagogik, kepribadian dan sosial
  7. Melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Tujuan yang dinyatakan jelas terkait dan tidak terpisah dari Visi, Misi dan Tujuan Universitas dan Fakultas, menjadi prodi yang unggul dan berkomitmen tinggi dalam pemberdayaan masyarakat. Dalam hal ini tentu tujuan yang hendak dicapai harus meliputi universalitas, obyektivitas, kebebasan akademik, transparansi, efisiensi, demokratis, dan akuntabel. Semua nilai ini tercermin dalam semua proses penyelenggaraan pendidikan yang terintegrasi dalam tujuan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

 

 

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

Sasaran Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) adalah:

Menjadi Program Studi PGSD (S1) yang menyelenggarakan kurikulum berbasis kompetensi, menggalakkan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat bagi dosen dan mahasiswa serta melaksanakan kegiatan penunjang yang mendukung pendidikan berkualitas. Untuk mencapai Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran yang telah dirumuskan maka Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar merancang strategi pencapaian meliputi perencanaan jangka panjang (8 tahun), perencanaan jangka menengah (4 tahun) dan perencanaan jangka pendek (1 tahun). Adapun sasaran lulusan Program studi Pendidikan PGSD seperti pada Tabel 1.1

Tabel 1.1. Sasaran Profil Kemampuan Lulusan

No.

Profil Kemampuan

Indikator

1

Mampu melaksanakan proses pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan jaman, disiplin, serta menguatkan karakter calon guru sekolah dasar yang menguasai prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.

        1. Dapat menerapkan metode pembelajaran yang tepat pada peserta didik melalui penguasaan karakteristik perkembangan peserta didik.
        2. Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media, dan sumber belajar pada beberapa bidang studi di sekolah dasar. 
        3. Menguasai dan melaksanakan evaluasi pembelajaran di sekolah dasar.
        4. Mengembangkan bahan ajar yang bervariasi
        5. Mampu melakukan layanan bimbingan dan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku peserta didik dalam proses pembelajaran secara bertanggung jawab.
        6. Memiliki komitmen dan tanggung jawab dalam melaksanakan dan mengembangkan pembelajaran untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.

2.

Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian dan dapat memecahkan permasalahan pembelajaran di sekolah dasar dan pengembangan karya inovatif serta mengkomunikasikan hasil penelitian dan karyanya secara bertanggung jawab sebagai seorang pendidik yang profesional.

              1. Mampu meningkatkan kualitas keilmuan melalui penelitian.
              2. Memiliki karakter kuat dalam mengikuti perkembangan IPTEKS terkait dengan profesi sebagai tenaga pendidik di sekolah dasar.

3.

Mampu bekerjasama dengan pihak lain

 

  1. Terlibat secara aktif dalam berbagai organisasi profesi dan masyarakat.
  2. Mendapat promosi setelah lulus
  3. Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal

4.

Mampu menjadi Pembina beberapa kegiatan ekstrakurikuler di Sekolah Dasar

Mengembangkan potensi di bidang nonakademik melalui berbagai macam pelatihan.

 

Untuk itu maka standar utama yang ditetapkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar  adalah sebagai berikut:

  1. Tingkat kepuasan mahasiswa dan dosen dalam aspek pembelajaran dan akademis setiap semester minimal 90%.
  2. Setiap kegiatan belajar mengajar dilengkapi dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).
  3. Setiap perkuliahan dilengkapi dengan silabus, RPS/SAP, modul-modul dan bahan ajar.
  4. Tingkat kehadiran dosen 100% dan mahasiswa minimal 80% dengan catatan jika dosen berhalangan wajib diganti dengan waktu lain yng disepakati oleh mahasiswa.
  5. Perkuliahan menerapkan keaktifan mahasiswa yang tinggi.
  6. IP semester mahasiswa minimal 3,0.

 

 

Strategi Pencapaian Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) adalah:

  1. Peningkatan kualitas program pendidikan dan pengajaran, meliputi:
  1. Pengembangan buku pedoman akademik.

Peningkatan proses belajar membelajarkan, mencakup tahap persiapan, proses, dan evaluasi. Tahap persiapan proses belajar membelajarkan dilakukan mulai dari proses penyusunan jadwal perkuliahan dan menentukan penanggung jawab mata kuliah, mengembangkan SAP dan silabus. Tahap proses belajar membelajarkan dilakukan mulai dari pengembangan model pembelajaran yang profesional, dinamis, inovatif, demokratis dan berkualitas, melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran, dimana setiap ruang kelas telah disediakan proyektor, melengkapi peralatan laboratorium baik dari jenis maupun jumlahnya. Tahap evaluasi proses belajar membelajarkan dilakukan sebelum pelaksanaan UAS biasanya pada pertemuan terakhir sebelum UAS.

  1. Pengembangan rencana operasional Program Studi Pendidikan Guru sekolah dasar meliputi : Penyusunan rancangan rencana operasional program studi dan GKM (Gugus Kendali Mutu) yang selanjutnya akan diajukan pada rapat program studi pada awal semester.
  2. Pengembangan SOP Program Studi Pendidikan Guru sekolah dasar meliputi penyusunan rancangan SOP oleh GKM (Gugus Kendali Mutu) yang selanjutnya akan diajukan pada rapat program studi.
  3. Pembagian Dosen Pembimbing Akademik
  4.   Peningkatan kualitas dan kuantitas buku ajar.
  5. Peningkatan kualitas dan kuantitas buku di perpustakaan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  6. Pemantauan kelayakan sarana dan prasarana yang tersedia untuk proses belajar mengajar yang selanjutnya dibuatkan laporan kepada Fakultas;
  7. Perencanaan program pengembangan SDM, meliputi :

Pengiriman Dosen dan Tenaga Kependidikan untuk mengikuti pelatihan, seminar, workshop serta mengusulkan dosen untuk mengikuti pendidikan lanjut baik strata dua maupun strata tiga di dalam negeri dan di luar negeri.

  1. Perencanaan membuat program penelitian meliputi: kegiatan untuk mendukung keikutsertaan dosen maupun mahasiswa untuk mengikuti hibah penelitian, mengkoordinasi dosen dalam pembuatan proposal penelitian yang akan diajukan, mengirimkan dosen untuk mengikuti pelatihan dan seminar dalam bidang penelitian menyelenggarakan seminar program studi.
  2. Merencanakan program kegiatan pengabdian pada masyarakat, meliputi: penyusunan proposal untuk diajukan dana ke LPPM maupun lembaga, pelaksanaan pengabdian bersama dengan kegiatan mahasiswa.

Perencanaan jangka menengah (4 tahun), meliputi :

  1. Bidang Pendidikan dan Pengajaran, yaitu :
  1. Menyelenggarakan  lokakarya kurikulum dengan melibatkan berbagai pihak, seperti Pimpinan Fakultas, Pimpinan Universitas, Dosen, Tenaga Kependidikan, Mahasiswa, Alumni, Pengguna Lulusan, dan Stakeholder.
  2. Menyelenggarakan pelatihan penyusunan Silabus dan SAP.
  3. Menyelenggarakan pelatihan pemilihan model pembelajaran yang sesuai.
  4. Mengembangkan dan mengupdate buku ajar/modul dosen.
  5. Meningkatkan kenyamanan ruang kelas.
  6. Meningkatkan kualitas laboratorium dengan menambah jenis dan jumlah peralatan laboratorium.
  7. Meningkatkan kualitas dosen melalui jenjang pendidikan formal maupun pelatihan – pelatihan, workshop dan seminar.
  1. Bidang Penelitian, yaitu :
  1. Menjalin kerjasama penelitian dengan berbagai pihak, meliputi instansi nasional maupun internasional.
  2. Meningkatkan penelitian baik untuk dosen, mahasiswa, maupun dosen dan mahasiswa.
  3. Meningkatkan sarana dan prasarana.
  4. Meningkatkan kemampuan dalam penelitian melalui berbagai pelatihan tata cara penulisan artikel ilmiah untuk publikasi nasional maupun internasional serta pelatihan di bidang penelitian. 
  1. Bidang Pengabdian pada Masyarakat, yaitu :
  1. Pengembangan berbagai pelatihan kemampuan guru sekolah dasar pada kelompok masyarakat dan lingkungan sekolah mitra.
  2. Perluasan jejaring kerjasama dengan instansi lain baik tingkat nasional maupun internasional.
  3. Melakukan peningkatan dan perluasan topik program kerjasama dengan instansi terkait.

Adapun perencanaan jangka panjang meliputi :

  1. Bidang Pendidikan dan Pengajaran, yaitu :
  1. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dapat menjadi pusat kajian guru sekolah dasar.
  2. Penyempurnaan kurikulum Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar melalui lokakarya kurikulum, pelatihan penyusunan Silabus dan SAP.
  3. Meningkatkan kualitas pembelajaran melalui model pembelajaran, buku ajar/modul, serta pengembangan sarana dan prasarana  pendidikan seperti ruang kelas, dan pemutakhiran alat-alat laboratorium;
  4. Target 50% Dosen kualifikasi S3.
  1. Bidang Penelitian, yaitu :
  1. Menyusun Program payung penelitian Program Studi yang mengacu pada penelitian Universitas (LPPM) dan Dikti.
  2. Menjalin kerjasama penelitian dengan berbasis Universitas dan Instansi terkait baik nasional maupun internasional;
  3. Meningkatkan penelitian Dosen, Mahasiswa serta Dosen dan Mahasiswa untuk memperoleh hak kekayaan intelektual (HKI)
  4. Mengembangkan sarana dan prasarana.
  1. Bidang Pengabdian pada Masyarakat, yaitu :
  1. Menyusun program payung pengabdian pada masyarakat yang mengacu pada program pengabdian pada masyarakat tingkat Universitas (LPPM) dan Dikti
  2. Mengembangkan pusat Pendidkan Guru Sekolah Dasar yang  berorientasi kebutuhan disekolah dasar.
  3. Meningkatkan pengabdian pada masyarakat baik untuk dosen, maupun dosen dan mahasiswa.

Berikut disajikan rekapitulasi strategi pencapaian seperti pada di bawah (1.1, 1.2, 1.3)

 

Strategi 1 : Mendapatkan mahasiswa baru yang berkualitas

Target

Strategi

Hasil Pencapaian

Mendapatkan mahasiswa baru yang berkualitas

 

  1. Melakukan sosialisasi ke sekolah mitra serta menyampaikan informasi mealui brosur, website dan media sosial.
  2. Melakukan seleksi mahasiswa baru melalui tes tertulis dan lisan
  3. Melakukan seleksi mahasiswa baru melalui jalur prestasi

Rata-rata IPK > 3,00 dan menghasilkan  lulusan tepat waktu> 80%

 

Strategi 2 : Meningkatkan kualitas dosen Program Studi Pendidikan Matematika

Target

Strategi

Hasil Pencapaian

Memiliki 3 Dosen yang bergelar S3

Program pengembang dosen untuk studi lanjut S3

Meningkatnya kualitas pembelajaran

Peningkatan keahlian bagi tenaga pendidik

Mengikuti kegiatan-kegiatan ilmiah

Mahasiswa dapat mengikuti perkembangan IPTEK

 

Strategi 3 : Meningkatkan kualitas pengajaran

Target

Strategi

Hasil Pencapaian

Meningkatkan kompetensi pedagogik

Mengikut sertakan tenaga pendidik dalam pelatihan Pekerti dan applied approach (AA)

Meningkatnya kemampuan tenaga pendidik dalam menyusun perangkat pembelajaran

Pembaharuan Bahan ajar

Melakukan penelitian yang berhubungan dengan bahan ajar

Adanya bahan ajar yang bervariatif

 

Strategi 4 : Meningkatkan kualitas penelitian dosen

Target

Strategi

Hasil Pencapaian

Meningkatkan Jumlah publikasi jurnal ilmiah

Menambah jumlah penelitian

Meningkatnya profesionalisme dosen

 

Strategi 5 : Meningkatkan sarana prasarana pembelajaran

Target

Strategi

Hasil Pencapaian

Meningkatkan etos kerja dosen

Menciptakan ruang dosen yang representative

Tingginya karya ilmiah

Menciptakan suasana praktek yang ideal

Membuat ruang praktikum berupa ruang laboratorium computer dan laboratorium media pendidikan matematika

Meningkatnya kemampuan mahasiswa dalam praktek Pengolahan data dan pembuatan media pembelajaran

Meningkatkan suasana kampus yang berbasis IT

Peningkatan akses dan konektivitas internet di kampus Fakultas Keguruan dan  Pendidikan

Memberikan kemudahan bagi mahasiswa dalam pengkayaan ilmu pengetahuan di Pendidikan Matematika

Meningkatkan etos kerja dosen

Menciptakan ruang dosen yang representative

Tingginya karya ilmiah

 

Strategi 6 : Meningkatkan kualitas tenaga kependidikan

Target

Strategi

Hasil Pencapaian

Meningkatkan kompetensi keahlian tenaga kependidikan

Meningkatkan strata pendidikan dan pelatihan tenaga kependidikan

Meningkatnya kompetensi tenaga kependidikan.

 

Pendidikan Matematika   Kunjungi Halaman Website

  1. SEJARAH BERDIRINYA PROGRAM STUDI

BERDIRI TAHUN 2013 Tanggal 2 Juli 2013 dengan Nomor 257/E/O/2013 ijin penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Matematika (S-1) pada Universitas Kuningan, yang ditetapan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

 

  1. VISI PROGRAM STUDI

Pada tahun 2032 menjadi Program Studi Pendidikan Matematika yang unggul dan kompetitif dalam bidang pendidikan matematika serta berkomitmen tinggi dalam pemberdayaan masyarakat.

 

  1. MISI PROGRAM STUDI
  1. Menyelenggarakan pembelajaran, bimbingan dan pelatihan pada mahasiswa guna menghasilkan lulusan yang unggul dan kompetitif dalam bidang pendidikan matematika.
  2. Memberikan kontribusi nyata dalam penyelenggaraan penelitian pada bidang pendidikan dan ilmu matematika.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat secara terpadu yang dapat memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan masyarakat.
  4. Membina dan mengembangkan kehidupan akademik yang sehat sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma yang berkembang di dunia akademik.
  5. Mengembangkan keilmuan matematika dalam bidang pendidikan yang mampu menemukan model-model pembelajaran dalam bidang pendidikan matematika.
  6. Menjadikan center pengembangan keilmuan pendidikan matematika bagi pendidik dan tenaga kependidikan matematika di wilayah Jawa Barat.

 

  1. TUJUAN PROGRAM STUDI
  1. Mengembangkan potensi mahasiswa sehingga menjadi mahasiswa yang bertakwa, sehat jasmani dan rohani serta menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat.
  2. Menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu pendidikan matematika, teknologi dan seni yang memiliki nilai - nilai moral dan berdaya saing serta memiliki jiwa kewirausahaan yang dapat dikembangkan dilingkungan sekolah dan masyarakat.
  3. Menghasilkan karya ilmiah dan penelitian di bidangn pendidikan dan ilmu matematika yang dipublikasikan dan menjunjung tinggi hak atas kekayaan intelektual (HaKI).
  4. Membantu, melayani dan mendampingi masyarakatt dalam bidang pendidikan dan pembelajaran matematika.
  5. Menjadi mitra pemerinta/instansi terkait dalam mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan.

 

  1. PROGRAM KERJA PRODI
  1. Memberikan kesempatan kepada dosen untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.
  2. Memfasilitasi dosen dalam menulis karya ilmiah dan mempublikasikannya.
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam bidang pendidikan matematika.
  4. Mengadakan pembinaan olimpiade matematika dan kegiatan ilmiah lain yang bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika
  5. Pembuatan Prosedur Operasi Standar program studi
  6. Pembukaan perpustakaan dan laboratorium program studi
  7. Memaksimalkan manajemen dan pelayanan akademik program studi
  8. Melaksanakan evaluasi diri dan penjaminan mutu secara berkesinambungan
  9. Meningkatkan kinerja dan kreativitas staf jurusan
  10. Memonitoring dan mengevaluasi pelaksanaan kurikulum
  11. Peningkatan pelayanan akademik mahasiswa
  12. Melakukan kerja sama dengan instansi-instansi lain dalam bidang akademik dan non akademik.

 

  1. STAF PENGAJAR

Program Studi Pendidikan matematika UNIKU memiliki keunggulan dalam bidang SDM dosen yang berpredikat Master dari perguruan tinggi ternama seperti UPI, ITB dan UNNES.

 

  1. CAPAIAN PEMBELAJARAN / LEARNING OUTCOME LULUSAN
  1. Mampu merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika secara inovatif dengan mengaplikasikan konsep pedagogik-didaktik matematika dan keilmuan matematika serta memanfaatkan berbagai sumber belajar dan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup.
  2. Menguasai konsep teoretis matematika meliputi logika matematika, matematika diskrit, aljabar, analisis, geometri, teori peluang dan statistika, prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear, persamaan diferensial, dan metode numerik yang mendukung pembelajaran matematika di pendidikan dasar dan menengah serta untuk studi lanjut.
  3. Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas atau sekolah dan lembaga pendidikan yang dipercayakan kepadanya dengan penuh tanggungjawab.
  4. Mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis multimedia.
  5. Mampu menganalisis data hasil penelitian.