• Akuntansi
  • Manajemen

Akuntansi   Kunjungi Halaman Website

         SEJARAH

 

Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Kuningan didirikan untuk memenuhi keinginan dan harapan masyarakat akan pendidikan tinggi ilmu akuntansi yang membekali para peserta didik dengan berbagai ilmu pengetahuan dasar dan lanjutan tentang ilmu akuntansi serta metodologi penelitian dengan maksud mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi akuntan yang professional, bertanggung jawab dan berakhlak.

 

Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Kuningan merupakan kelanjutan dari Program Studi Akuntansi Strata satu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kuningan yang  penyelenggaraannya dimulai pada tahun 1995 berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor  059/D/O/1995 tanggal  26 Juli 1995. Saat ini Program Studi Akuntansi telah mendapat pengakuan Sertifikasi Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tanggal 09 Oktober 2009  Nomor : 029/BAN-PT/AK-XII/S1/X/2009  dengan kualifikasi  Akreditasi C. Masa akreditasi ini akan berakhir tahun 201

 

VISI

   Terwujudnya program studi yang unggul dalam bidang akuntansi di wilayah Jawa Barat Tahun  2020”

MISI

1. Menyelenggarakan sistem pendidikan yang professional, dinamis, inovatif, demokratis dan berkualitas dalam bidang akuntansi.

2. Menyelenggarakan penelitian ilmiah dalam bidang akuntansi.

3. Melaksanakan pengabdian sebagai bentuk kepedulian dan solidaritas sosial dalam rangka penerapan ilmu akuntansi kepada masyarakat.

4. Mengembangkan jiwa dan semangat kewirausahaan. 

 

TUJUAN

1. Menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidang akuntansi yang berbasis pada penguasaan ilmu dan teknologi.

2.  Menghasilkan lulusan yang memiliki integritas dan etos kerja dalam bidang akuntansi.

3.  Menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa dan semangat kewirausahaan.

4.  Menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas sebagai hasil dari kegiatan penelitian ilmiah di bidang   akuntansi.

5.  Terciptanya kemitraan dengan stakeholder dalam bidang akuntansi.

6. Membangun masyarakat khususnya dunia usaha yang memiliki kepentingan terhadap masalah akuntansi.

 

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

Untuk mengikuti trend ekonomi global, Program Studi Akuntansi secara terus-menerus mengembangkan dirinya untuk memupuk dan menghasilkan sarjana strata satu (S1) yang mempunyai jiwa mandiri, inovatif, kreatif dan professional.

 

Dalam setiap pendidikannya tidak hanya menekankan pada segi kompetensi dalam bidang akuntansi saja, tetapi juga diarahkan untuk dapat memiliki soft skill (keterampilan) sehingga para lulusan Program Studi Akuntansi dapat bersaing di dunia kerja. Softskill yang dibekali Program Studi Akuntansi kepada para mahasiswa adalah mengadakan berbagai seminar, workshop, dan pelatihan yang berkaitan dengan bidang akuntansi berbasis tekhnologi. Saat ini pelatihan yang diselenggarakan oleh Program Studi Akuntansi adalah pelatihan Pajak Terapan Brevet A & B serta pelatihan komputer akuntansi keuangan dengan menggunakan software e-solution dari Perusahaan Silktech Singapore. Adapun kegiatan seminar dan workshop yang diselenggarakan Program Studi Akuntansi diantaranya bekerja sama dengan Pusat Pembinaan Akuntan dan Jasa Penilai (PPAJP) Kementrian Keuangan Republik Indonesia, Bank Indonesia Kantor Perwakilan Cirebon, Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat (PD. BPR) Kabupaten Kuningan, Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP Pratama), Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Kuningan, Perusahaan Phintraco Securities dan Bursa Efek Indonesia.

 

KERJASAMA

Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Kuningan telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, seperti: Dinas Koperasi dan UKM (KUKM) Kabupaten Kuningan, Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kabupaten Kuningan, Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat (PD. BPR) Kabupaten Kuningan, Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP Pratama), Dinas Pendapatan Daerah (DIPENDA) Kabupaten Kuningan, Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), Perusahaan Phintraco Securities, Bursa Efek Indonesia (BEI).

 

MAHASISWA DAN LULUSAN

 

Pada saat ini, mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Kuningan terdiri atas mahasiswa reguler dan lanjutan. Mahasiswa lanjutan yang berasal dari luar disiplin ilmu Akuntansi menempuh pendidikannya sesuai dengan hasil penyetaraan yang dilakukan sebelumnya. Jumlah mahasiswa aktif saat ini 452 orang mahasiswa. Dari jumlah tersebut 437 orang mahasiswa reguler dan 15 orang mahasiswa pindahan (transfer). Mahasiswa program studi Akuntansi berasal dari berbagai latar belakang baik asal daerah, tingkat ekonomi maupun status sosialnya.

 

Selama lima  tahun terakhir program studi akuntansi telah menghasilkan 316 lulusan. Dari 316 lulusan tersebut IPK paling kecil 2,47 dan yang terbesar 3,98. Rata-rata IPK secara keseluruhan berada pada rentang 2,75 – 3,50 dengan kategori yudisium sangat memuaskan. Rata-rata kurun waktu penyelesaian studi mereka  yaitu 3 tahun 7 bulan. 

 

Berdasarkan hasil penelusuran alumni baik yang dilakukan oleh Program Studi Akuntansi maupun Career Development Center (CDC) melalui angket (kuesioner) bahwa sebagian besar lulusan Program Studi Akuntansi telah terserap di dunia kerja, diantaranya di Instansi Pemerintah, Perusahaan Swasta, BUMN/BUMD dan wirausaha.

 

SARANA PRASARANA

Sarana dan Prasarana yang dipakai Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Kuningan untuk pelaksanaan proses pembelajaran antara lain:

1.  Gedung dan ruang kuliah. Gedung Fakultas Ekonomi Universitas Kuningan merupakan milik Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan yang menjadi yayasan pembina Universitas Kuningan. Kualitas gedung secara umum baik yaitu terdiri dari 7 ruang kelas, 1 ruang pelayanan administrasi, 1 ruang pimpinan, 1 ruang program studi, 1 ruang sidang skripsi,  7 ruang dosen, 1 ruang galeri investasi, 1 ruang laboratorium komputer, 1 ruang laboratorium akuntansi, 1 ruang kantin, tempat parkir motor dan mobil, dan 6 ruang toilet

2. Perpustakaan. Fasilitas perpustakaan terpusat pada Perpustakaan Universitas Kuningan. Walau demikian Fakultas Ekonomi dan Program Studi Akuntansi juga memiliki perpustakaan mini yang menyediakan bahan–bahan literatur yang dibutuhkan oleh dosen dan mahasiswa.

3.  Laboratorium. Program studi akuntansi memiliki Laboratorium Komputer dan akuntansi yang dilengkapi dengan 44 unit komputer yang bisa digunakan untuk pelaksanaan praktikum akuntansi.

4.  Fasilitas internet. Fakultas ekonomi telah memiliki jaringan internet yang bisa diakses melalui local area conection ataupun hotspot yang bisa diakses secara bebas disekitar kampus

Manajemen   Kunjungi Halaman Website

Visi

Terwujudnya program studi yang unggul dalam bidang manajemen dan bisnis di wilayah Jawa Barat pada tahun 2020

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang profesional dan berkualitas di bidang manajemen dan bisnis.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu untuk menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas di bidang manajemen dan bisnis.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat melalui penerapan ilmu dan teknologi di bidang manajemen dan bisnis.
  4. Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas dan kinerja program studidi bidang manajemen dan bisnis.

 

Tujuan

  1. Mempersiapkan peserta didik yang memiliki pengetahuan yang mendalam dan pemahaman yang kuat di bidang manajemen dan bisnis.
  2. Mempersiapkan peserta didik  yang profesional dan berkualitas di bidang manajemen dan bisnis.
  3. Mempersiapkan peserta didik menjadi wirausahawan  yang profesional di bidang manajemen dan bisnis.
  4. Mengembangkan keahlian manajemen dan bisnis serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di bidang manajemen dan bisnis.
  5.   Menjadi mitra masyarakat dalam mengembangkan kehidupan yang lebih baik di bidang manajemen dan bisnis.

 

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

 

Sasaran Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Kuningan dan strategi pencapaiannya baik dari bidang pendidikan, penelitian maupun bidang pengabdian kepada masyarakat adalah sebagai berikut :

 

Sasaran dan Strategi Pencapaian bidang Pendidikan

 

No

Sasaran

Strategi Pencapaian

1

Pada semester genap Tahun Akademik 2014 / 2015, lulusan dengan masa studi ≤ 4 tahun atau kurang dari 8 semester mencapai  40 %

a.  Mendesain kurikulum 2011 – 2015 yang memungkinkan mahasiswa lulus dalam waktu 8 semester,atau penyempurnaan dan pemantapan kurikulum yang fleksibel sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, tuntutan pasar kerja, dan kemandirian lulusan untuk menciptakan pekerjaan secara mandiri dan bekerja secara profesional sesuai dengan bidang keahliannya.

b.  Melakukan pembimbingan akademik (PA) untuk mengarahkan mahasiswa dalam menentukan mata kuliah yang akan diambil.

c.  Memberlakukan 75 % kehadiran perkuliahan sebagai syarat minimal untuk mengikuti ujian akhir semester (UAS).

d.  Meningkatkan monitoring dan evaluasi proses  pembelajaran secara keseluruhan.

e.  Peningkatan kualitas lulusan dengan meningkatkan indeks prestasi kumulatif bagi mahasiswa rata-rata minimal 3,00.

f.  Meningkatkan penggunaan media belajar, sumber belajar dan bahan ajar dosen dan mahasiswa yang berkualitas dalam proses pembelajaran.

g.  Secara berkelanjutannya meningkatkan penyediaan sarana dan prasarana pendidikan.

h.  Pengembangan konsentrasi yang ada di program studi manajemen.

i.   Meningkatkan kemampuan dosen dalam proses pembelajaran.

2

Sekurang – kurangnya 80 % lulusan Prodi Manajemen FE Uniku pada Tahun 2015 bekerja pada bidang yang sesuai

a.  Mendesain kurikulum 2011 – 2015 Atau penyempurnaan dan pemantapan kurikulum yang fleksibel sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, tuntutan pasar kerja, dan kemandirian lulusan untuk menciptakan pekerjaan secara mandiri dan bekerja secara profesional sesuai dengan bidang keahliannya.

b.  Mengundang praktisi untuk memberikan kuliah tamu diharapkan mahasiswa mempunyai gambaran tentang praktek di lapangan.

3

Jumlah rata-rata lama penyusunan skripsi ≤ 6 bulan sekurang –kurangnya 80 % pada Tahun  Akademik 2014 / 2015

a.  Dalam mata kuliah metodologi penelitian dengan target dihasilkannya proposal-proposal sesuai bidang konsentrasi baik konsentrasi sumber daya manusia, konsentrasi pemasaran konsentrasi keuangan, maupun konsentrasi operasional.

b.  Mengisi Forum Diskusi Rutin Bulanan (Economic Insight Forum) yang memungkinkan dosen Program Studi Manajemen FE Uniku menyampaikan hasil penelitiannya di hadapan mahasiswa

c.  Mengintensifkan waktu bimbingan skripsi dengan frekuensi minimal 8 kali pertemuan.

d.  Melibatkan banyaknya mahasiswa Program Studi Manajemen yang ikut serta dalam penelitian dosen.

4

Pada Tahun 2015 sekurang – kurangnya 20 % dari lulusan Program Studi Manajemen menjadi wirausahawan (Lulusan atau mahasiswa memiliki jiwa berwirausaha)

 

a.  Mata kuliah kewirausahaan menjadikan matakuliah wajib bagi kurikulum Program Studi Manajemen FE Uniku

b.  Ditambah mata kuliah dari Universitas Kuningan yaitu mata kuliah Pendidikan Kewirausahaan.

c.  Mendorong mahasiswa untuk mengikuti program mahasiswa wirausaha (hibah kewirausahaan) yang diselenggarakan oleh pemerintah melalui kopertis IV

d.  Pelatihan wirausaha Mahasiswa  “Sukses Memulai dan Menjalankan Bisnis Bagi Mahasiswa”.

e.  Presentasi Bisnis Plan peserta Pelatihan Wirausaha Mahasiswa yang diikuti oleh seluruh peserta pelatihan dengan menyertakan bisnis plan, serta pemberian dana bergulir

5

sekurang – kurangnya 80 % di Tahun Akademik 2014 / 2015 mahasiswa mempunya IPK ≥ 3,00

a.  Memberlakukan 75 % kehadiran perkuliahan sebagai syarat minimal untuk mengikuti ujian akhir semester (UAS).

b.  Indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 3,00 berdasarkan penyelenggaraan pendidikan,pengajaran dan pelatihan yang tepat waktu dengan dukungan sarana/ prasarana  serta penempatan dosenyang  sesuai dengan bidang ilmunya

6

Sekurang – kurangnya 15 % di Tahun 2015 lulusan Prodi Manajemen FE Uniku melanjutkan ke jenjang lebih tinggi

a.  Untuk Menginformasikan peluang beasiswa studi lanjut ke mahasiswa.

b.  Secara aktif mendorong mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris dengan mewajibkan test (TOEFL internal) bersertifikat dengan skor 400 bagi mahasiswa yang akan menempuh sidang skripsi.

7

Sekurang – kurangnya tiap tahun HIMA Prodi Manajemen FE Uniku mempunya kegiatan yang berskala nasional

a.  Seminar Nasional, Musyawarah Daerah dan Rapat Kerja Daerah Jawa Barat Himpunan Mahasiswa Manajemen Indonesia (HMMI) sebagai Penyelenggara / tuan rumah : HIMA Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Kuningan.

b.  Menyediakan anggaran untuk berbagai kegiatan Himpunan Mahasiswa Prodi Manajemen FE Uniku

8

Perbandingan dosen berpendidikan S3 sekurang – kurangnya 40 % pada Tahun Akademik 2014 / 2015

a.  Mendorong dosen Program Studi Manajemen FE Uniku untuk memanfaatkan peluang beasiswa yang ada.

b.  Menganggarkan biaya studi lanjut bagi dosen Program Studi Manajemen FE Uniku

9

Perbandingan dosen tetap ≥ 60 % memiliki sertifikasi Pendidik Profesional pada Tahun Akademik 2014 / 2015

a.  Mensuport dosen muda agar mempersiapkan pencapaian Jabatan Akademik minimal Asisten Ahli.

b.  Menggiatkan dosen muda agar membiasakan diri melakukan penelitian baik individu maupun group minimal satu tahun sekali.

c.  Mempersiapkan diri dalam menghadapi Tes TOEP dan TKDA sebagai salah satu syarat mendapatkan Sertifikasi Pendidik Profesional

 

Sasaran dan Strategi Pencapaian bidang Penelitian

 

No

Sasaran

Strategi Pencapaian

1

Tercapai sejumlah hasil karya penelitian dosen dan mahasiswa yang berkualitas  dan bermanfaat  serta dapat diterapkan untuk  kepentingan berbagai pihak. Dalam hal ini Prodi Manajemen FE Uniku menyelenggarakan penelitian sekurang-kurangnya 1 tahun

a.  Mengalokasikan anggaran penelitian sekurang – kurangnya

     Rp 3.000.000,00 / Dosen / Tahun.

b. Mendorong dosen untuk melakukan penelitian bersama baik dalam satu program studi maupun lintas program studi.

c.  Meningkatkan kemampuan dan kemauan dosen-mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan penelitian ilmiah.

2

Sekurang – kurangnya 2 penelitian pertahun oleh dosen Prodi Manajemen FE Uniku mendapatkan dana hibah dari institusi di luar Uniku

a.  Aktif mengirimkan proposal hibah penelitian atau peningkatan kualitas penelitian yang dilakukan tenaga akademik sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta tuntutan kebutuhan dunia praktis.

b.  Mengikuti pelatihan penulisan proposal yang diselenggarakan baik oleh internal Universitas Kuningan maupun eksternal Universitas Kuningan.

c.  Membangun jejaring kerjasama kemitraan dengan berbagai instansi terkait.Meningkatkan kegiatan penelitian yang bermanfaat secara nyata guna kepentingan masyarakat dan pemerintah daerah.

3

Sekurang – kurangnya 5 penelitian yang dilakukan oleh dosen pertahun dapat di publikasikan di jurnal baik jurnal lokal maupun jurnal terakreditasi nasional

a.  Penyebarluasan hasil - hasil penelitian yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa melalui Jurnal Ekonomi Akuntansi & Manajemen (JEAM) yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Kuningan maupun jurnal lain.

b.  Mengadakan pelatihan penulisan jurnal

 

 Sasaran dan Strategi Pencapaian bidang

pengabdian kepada masyarakat

 

No

Sasaran

Strategi Pencapaian

1

Prodi Manajemen FE Uniku menyelenggarakan pengabdian sekurang – kurangnya 6 pengabdian pertahun

a.  Meningkatkan kemampuan dan kemauan dosen-mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat.

b.  Peningkatan peran Program studi Manajemen dalam pembinaan Usaha Kecil Menengah.

c.  Secara proaktif memanfaatkan informasi dari LPPM Universitas Kuningan.

2

Sekurang – kurangnya 1 pengabdian pertahun yang dilakukan oleh Prodi Manajemen FE Uniku mendapatkan dana Hibah dari Uniku maupun luar Uniku

a.  Mengalokasikan anggaran pengabdian kepada masyarakat sekurang – kurangnya Rp 1.500.000,00 / Dosen / Tahun.

b.  Aktif mengirimkan proposal hibah pengabdian kepada masyarakat. Mengikuti pelatihan penulisan proposal pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan baik oleh internal Universitas Kuningan maupun eksternal Universitas Kuningan.

c.  Membangun jejaring kerjasama kemitraan dengan berbagai instansi terkait.Meningkatkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat secara nyata guna kepentingan masyarakat dan pemerintah daerah.

Nama Program Studi Manajemen
Tanggal Berdiri12-09-1995
Status Program Studi Aktif 
Nomor SK Dikti4899/D/T/K-IV/2010
Tanggal SK Dikti20-12-2010
Masa Berlaku SK Dikti29-08-2014