• Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Kehutanan
  • Fakultas Komputer (D3)
  • Fakultas Komputer (S1)
  • Sekolah Pasca Sarjana
Program Studi

Visi Fakultas Ekonomi

Fakultas Ekonomi pada tahun 2020 diharapkan menjadi fakultas yang handal dan mempunyai keunggulan dalam penyelenggaraan tri dharma perguruan tinggi di bidang ilmu ekonomi dan bisnis, maupun menghasilkan lulusan berkualitas sesuai tuntutan era globalisasi dan perdagangan bebas, berwawasan kebangsaan, memiliki semangat kerakyatan, serta beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Misi Fakultas Ekonomi

  1. Menyelenggarakan tri dharma perguruan tinggi yang mendukung pembangunan nasional yang selaras dengan falsafah bangsa.
  2. Membina kehidupan akademik yang sehat sesuai dengan norma-norma akademik.
  3. Mengembangkan ilmu dan teknologi, khususnya di bidang ilmu ekonomi dan bisnis dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada.

 

Tujuan Fakultas Ekonomi

Meningkatkan kualitas calon mahasiswa, proses belajar mengajar, sarana dan prasarana pendidikan, serta lulusan. Dalam jangka lima tahun kedepan, tujuan umum ini dijabarkan dalam berbagai strategik berikut :

  1. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan profesional dibidang ekonomi dan bisnis, serta dapat menerapkan dan mengembangkan di masyarakat.
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan penggunaan komputer sebagai upaya meningkatkan kecerdasan bagi masyarakat,
  3. Menyelenggarakan diskusi / seminar tentang permasalahan empirik terkait dengan ilmu ekonomi, manajemen dan akuntansi minimal 1 kali dalam satu semester.
  4. Meningkatkan keefektifan dan efisiensi proses belajar, yang ditunjukan dengan IP rata-rata minimal 3,00, penurunan lama studi, peningkatan kualitas proses pembelajaran, dan peningkatan jumlah artikel yang dipublikasikan serta kinerja alumni.
  5. Meningkatkan kemampuan dalam metodologi penelitian dengan penggunaan teknik komputer yang memungkinkan mahasiswa lebih cepat menyelesaikan skripsinya.

 

Fakultas Ekonomi mempunyai dua program studi :

  1. Program Studi Manajemen, terakreditasi, dengan izin Dikti No. 4899/D/T/K-IV/2010 dengan masa berlaku 29 Agustus 2014
  2. Program Studi Akuntansi, terakreditasi, dengan izin Dikti No. 3388/D/T/K-IV/2010 dengan masa berlaku 29 Agustus 2014

 

Program Studi

 

Imu Hukum (S1) SK Mendikbud Nomor : 349/E/O/2012

Pembina : Prof. Dr. Eman Suparman, S.H., M.H.

Dosen  :

  • Prof. Dr. Eman Suparman, S.H., M.H.
  • Dr. H. Iskandar, M.M
  • Dr. Uhar Suharsaputra, M.Pd.
  • Dr. Ujang Safrudin, S.H.
  • Dr. Ayus Ahmad Yusuf, M.Si.
  • Haris Budiman, S.H., M.M.
  • Dade Yubaedah, S.H., M.H.
  • Suwari Akhmadiyan, S.H., M.H.
  • Diding Rahmat, S.H., M.H.
  • Hamid, S.H., M.H.
  • UM Abdul Azis S.Pdl, M.H.
  • Dikdik Harjadi, SE, M.Si.
  • Fahmi Yusuf, S.Kom, M.MSi.
  • Jhon Edy, S.E., S.H., M.H.

 

Prospek :

Untuk anda yang ingin berkarir menjadi penrgak hokum (hakim, jaksa, notaris atau advokat) atau ingin berkarir di Pemerintahan baik di eksekutif, legislative, maupun yudikatif.

 

Dibuka Kelas Reguler dan Karyawan

Waktu Kuliah

Senin s.d Sabtu

Pagi : 08.00 – 13.00 WIB

Siang : 13.00 – 18.00 WIB

Malam : 18.30 – 22.00 WIB

 

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan mempunyai empat program studi :

  1. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, memiliki akreditasi A
  2. Program Studi Pendidikan Ekonomi, memiliki akreditasi B
  3. Program Studi Pendidikan Biologi, memiliki akreditasi B
  4. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, memiliki akreditasi B

Program Studi

fahutan uniku

 

SEJARAH

Sekolah Tinggi Ilmu Kehutanan Kuningan (STIKKU) yang berdiri pada tanggal 5 juli 2001 berdasarkan Surat Keputusan Mendiknas No. 68/D/0/2001 merupakan cikal bakal Fakultas Kehutanan Universitas Kuningan. Sejak tahun 2003 STIKKU tidak lagi berdiri sendiri, melainkan bergabung dengan beberapa sekolah tinggi lainya yang berada di Kabupaten Kuningan dalam wadah Universitas Kuningan. Mulai saat itu STIKKU berganti nama menjadi Fakultas Kehutanan Universitas Kuningan, dan berada dibawah naungan Yayasan Sang Adipati Kuningan.

Sejak awal berdirinya, Fakultas Kehutanan memiliki 2 (dua) program studi untuk jenjang pendidikan sarjana (S1) yaitu Program Studi Konservasi Sumberdaya Hutan dan Program Studi Budidaya Hutan. Kedua Program Studi tersebut telah terakreditasi melalui Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional No. 20/BAN-PT/AK-IX/S1/X/2005 tahun 2005. Namun, seiring ditetapkannya SK Dirjen Dikti No. 163/Dikti/Kep/2007, program studi di lingkungan Fakultas Kehutanan mengalami perubahan menjadi satu program studi yaitu Program Studi Kehutanan jenjang S1. Sebagai bentuk komitmen terhadap penjaminan mutu pendidikan, saat ini Program Studi Kehutanan Fakultas Kehutanan UNIKU telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional No. 007/BAN-PT/AK-XIV/S1/VI/2011 tanggal 17 Juni 2011.

Fakultas Kehutanan UNIKU telah menjadi salah satu lembaga pendidikan tinggi yang survive dengan keterbatasan dan kekurangan yang ada di tengah gempuran era globalisasi dan persaingan yang ketat antara lembaga pendidikan tinggi terutama bidang kehutanan dan lingkungan hidup. Hal tersebut dibuktikan dengan menjadinya Fakultas Kehutanan UNIKU sebagai satu-satunya fakultas bidang kehutanan yang masih bertahan di Wilayah III Cirebon.

PRESTASI

Prestasi unggulan Fakultas Kehutanan UNIKU antara lain :
1. Tim Ahli Kementrian Kehutanan RI dalam LPI-IUPHHK
2. Lembaga Mitra Pemerintah Kabupaten Kuningan
3. Lembaga Mitra Desa Hutan
4. Perumus berdirinya Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC)
5. Konsultan Japan International Cooperation Agency (JICA), Jepang
6. Fasilitator Pengembangan Pupuk Organik
7. Pemenang Hibah Penelitian Dosen, DIKTI Tahun 2012

TATA KELOLA

Fakultas Kehutanan UNIKU merupakan lembaga pendidikan tinggi bidang kehutanan yang telah diakui secara nasional. Kompetensi yang ditawarkan bagi peserta didik adalah melahirkan ilmuwan yang beretika,  mandiri dan berjiwa enterpreunership tinggi. Komitmen tersebut diimplementasikan dalam tata kelola fakultas yang menjunjung tinggi prinsip transparansi dan akuntabilitas pada berbagai bidang. Civitas akademika selalu didorong untuk memiliki kerangka pemikiran yang luas dan luwes. Kepemimpinan fakultas dibangun melalui diskusi terbuka dan jujur, demi membangun kesefahaman dalam pengambilan keputusan guna melaksanakan kebijakan yang menguntungkan bagi semua pihak.

STAF PENGAJAR

Fakultas Kehutanan UNIKU memiliki dosen tetap sebanyak 17 orang dengan komposisi jenjang pendidikan S3 2 (dua) orang (11,7 %), S2 7 (tujuh) orang (41,2 %) dan S1 8 (delapan) orang (47,1 %) dan dosen tidak tetap sebanyak 14 (empat belas) orang dengan komposisi jenjang pendidikan S3 3 (tiga) orang (21,4 %), S2 7 (tujuh) orang (50 %) dan S1 4 (emapt) orang (28,6 %).  Upaya peningkatan kualitas dan kompetensi dosen terus diupayakan dengan melanjutkan studi S2 maupun S3. Saat ini dosen yang sedang melanjutkan studi S3 sebanyak 4 (empat) orang dan melanjutkan studi S2 sebanyak 8 (delapan) orang.

MAHASISWA DAN ALUMNI

Fakultas Kehutanan UNIKU saat ini mempunyai 150 mahasiswa aktif dengan jumlah alumni sebanyak 106 alumni. Para alumni telah berkecimpung dalam berbagai bidang pekerjaan seperti Pegawai Negeri Sipil (Dinas Kehutanan, BP4K, Dinas Pertanian, BPLHD, Dinas Bina Marga, Dinas Pendidikan dll), LIPI, Dosen, HPH/IUPHHK (Kaltim, Kalteng dan Babel), instansi swasta dan lain-lain.

FASILITAS KAMPUS

Fasilitas penunjang kegiatan belajar di Fakultas Kehutanan UNIKU relatif telah memadai. Saat ini Fakultas Kehutanan telah memiliki ruang kelas yang representatif dan semuanya telah dilengkapi LCD projector. Perpustakaan, labororatorium, rumah kaca dan kebun percobaan sebagai penunjang kegiatan belajar, praktikum dan penelitian pun telah dimiliki oleh fakultas. Fasilitas internet yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam proses belajar tersedia bagi semua civitas akademika melaui hotspot yang ada disekitar kampus.

Sementara itu, fasilitas lain sebagai penunjang aktifitas ekstrakulikuler mahasiswa adalah dengan tersedianya papan panjat yang telah memenuhi standar keamanan, mejid kampus, dan gedung student centre.

LABORATORIUM

Saat ini Fakultas Kehutanan UNIKU telah memiliki 3 (tiga) laboratorium, yaitu :

  1. Laboratorium Manajemen Hutan, Silvikultur, dan Tekologi Hasil Hutan. Laboratorium ini mewadahi bidang keahlian perencanaan dan pengelolaan hutan, pemulian pohon, dan teknologi pengelolaan hasil hutan, serta ilmu-ilmu terapanya.
  2. Laboratorium Ekologi, Konservasi dan Lingkungan Hidup. Bidang keahlian yang dikelompokan dalam laboratorium ini adalah bidang ekologi, konservasi, dan lingkungan hidup beserta ilmu-ilmu terapanya.
  3. Laboratorium Sosial Ekonomi Kehutanan dan Agroforestry. Konsentrasi bidang keilmuan laboratorium ini adalah sosial, budaya, ekonomi, dan kebijakan kehutanan, serta ilmu-ilmu terapannya.

 Info Lebih Lengkap : http://fahutan.uniku.ac.id

Visi : 2020

Terwujudnya Fakultas  Ilmu Komputer  Universitas Kuningan sebagai  fakultas andal  yang  unggul  dalam  penyelenggaraaan  Tri  Darma  Perguruan  Tinggi  di Wilayah Jawa Barat pada tahun 2020

Misi

  1. Menyelenggarakan  pendidikan,  penelitian,  dan  pengabdian  pada masyarakat secara terpadu berdasarkan pada kaidah-kaidah pendidikan modern.
  2. Membina  dan  mengembangkan  kehidupan  akademik  yang sehat sesuai dengan nilai-nilai  dan norma-norma yang berkembang di dunia akademik.
  3. Menyelenggarakan riset-riset ilmiah yang tidak saja mampu mendorong pertumbuhan ilmu dan teknologi lagi juga dapat menjamin kebutuhan dunia industri dan bisnis yang berkembang sangat pesat dewasa ini.
  4. Menjadi sarana terjadinya pertemuan-pertemuan ilmiah baik lingkup lokal  maupun  nasional  sehingga  dapat  memberikan  warna  dan kontribusi yang nyata dalam kemajuan ilmu dan teknologi.
  5. Melayani, memandu, dan menyatu dengan masyarakat dalam upaya ikut  serta  mewujudkan  masyarakat  baru  Indonesia  yang  adil  dan makmur.
  6. Menjadi sarana penggodokan generasi muda sehingga mampu mandiri, profesional,  dan  berakhlak  mulia  yang  bermanfaat  bagi  dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.
  7. Meningkatkan budaya baca dalam upaya mewujudkan generasi yang memiliki wawasan yang luas dalam bidang IPTEK sesuai dengan minat kajiannya

Tujuan

  1. Menyiapkan peserta didik menjadi kader bangsa yang mandiri, profesional, dan berakhlak mulia.
  2. Mempersiapkan peserta didik menjadi ilmuwan muda bidang informatika yang memiliki intergritas dan deidikasi yang tinggi serta memiliki komitmen untuk mengembangkan ilmu dan teknologi.
  3. Mempersiapakan peserta didik yang mampu menganalisis dan memecahkan masalah, berinovasi dan berimprovisasi, serta memilii daya saing yang tinggi dalam lingkup lokal maupun nasional dalam bidang IT.
  4. Mengembangkan ilmu dan teknologi khususnya dalam bidang informatika serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.
  5. Melayani dan mendampingi pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan di segala bidang dengan memanfaatkan teknologi informasi.
  6. Menjadi mitra masyarakat bisnis dalam upaya mengembangkan organisasi dan pemanfaatan teknologi informasi dalam rangka efektifitas dan efesiensi.
  7. Melayani dan mendampingi masyarakat untuk tumbuh menjadi masyarakat yang cerdas, kreatif dan mandiri.

 

Penyelenggaraan  kegiatan   untuk    mencapai    tujuan tersebut    berpedoman pada:

  1. Nilai, norma, dan etika ilmiah;
  2. Kepentingan  masyarakat, bangsa, dan negara;
  3. Minat,  kemampuan, dan prakarsa pribadi.

Visi : 2020

Terwujudnya Fakultas  Ilmu Komputer  Universitas Kuningan sebagai  fakultas andal  yang  unggul  dalam  penyelenggaraaan  Tri  Darma  Perguruan  Tinggi  di Wilayah Jawa Barat pada tahun 2020

Misi

  1. Menyelenggarakan  pendidikan,  penelitian,  dan  pengabdian  pada masyarakat secara terpadu berdasarkan pada kaidah-kaidah pendidikan modern.
  2. Membina  dan  mengembangkan  kehidupan  akademik  yang sehat sesuai dengan nilai-nilai  dan norma-norma yang berkembang di dunia akademik.
  3. Menyelenggarakan riset-riset ilmiah yang tidak saja mampu mendorong pertumbuhan ilmu dan teknologi lagi juga dapat menjamin kebutuhan dunia industri dan bisnis yang berkembang sangat pesat dewasa ini.
  4. Menjadi sarana terjadinya pertemuan-pertemuan ilmiah baik lingkup lokal  maupun  nasional  sehingga  dapat  memberikan  warna  dan kontribusi yang nyata dalam kemajuan ilmu dan teknologi.
  5. Melayani, memandu, dan menyatu dengan masyarakat dalam upaya ikut  serta  mewujudkan  masyarakat  baru  Indonesia  yang  adil  dan makmur.
  6. Menjadi sarana penggodokan generasi muda sehingga mampu mandiri, profesional,  dan  berakhlak  mulia  yang  bermanfaat  bagi  dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.
  7. Meningkatkan budaya baca dalam upaya mewujudkan generasi yang memiliki wawasan yang luas dalam bidang IPTEK sesuai dengan minat kajiannya

Tujuan

  1. Menyiapkan peserta didik menjadi kader bangsa yang mandiri, profesional, dan berakhlak mulia.
  2. Mempersiapkan peserta didik menjadi ilmuwan muda bidang informatika yang memiliki intergritas dan deidikasi yang tinggi serta memiliki komitmen untuk mengembangkan ilmu dan teknologi.
  3. Mempersiapakan peserta didik yang mampu menganalisis dan memecahkan masalah, berinovasi dan berimprovisasi, serta memilii daya saing yang tinggi dalam lingkup lokal maupun nasional dalam bidang IT.
  4. Mengembangkan ilmu dan teknologi khususnya dalam bidang informatika serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.
  5. Melayani dan mendampingi pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan di segala bidang dengan memanfaatkan teknologi informasi.
  6. Menjadi mitra masyarakat bisnis dalam upaya mengembangkan organisasi dan pemanfaatan teknologi informasi dalam rangka efektifitas dan efesiensi.
  7. Melayani dan mendampingi masyarakat untuk tumbuh menjadi masyarakat yang cerdas, kreatif dan mandiri.

 

Penyelenggaraan  kegiatan   untuk    mencapai    tujuan tersebut    berpedoman pada:

  1. Nilai, norma, dan etika ilmiah;
  2. Kepentingan  masyarakat, bangsa, dan negara;
  3. Minat,  kemampuan, dan prakarsa pribadi.

PROFIL SEKOLAH PASCASARJANA

 Universitas Kuningan

 

Pendahuluan

 

Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Kuningan saat ini memiliki dua program studi yaitu Pendidikan Ekonomi dan Pendidikan Biologi. Hasil Evaluasi Diri menunjukan bahwa Sekolah Pascasarjana SPS Universitas Kuningan  memiliki potensi dan modal dasar yang kuat dan memiliki kemampuan berkembang (Development Capacity) yang amat kokoh untuk maju. Kenaikan animo mahasiswa setiap tahunnya menunjukkan bahwa SPS Universitas Kuningan  berada di hati masyarakat dan selalu menjadi perhatian masyarakat. SDM Dosen dengan kualifikasi minimal S2 pada tahun 2005, efisiensi dan efektifitas manajemen yang tinggi baik dalam bidang akademik maupun non akademik, tertib administrasi dan disiplin yang ditunjukan oleh mahasiswa, dosen, dan tenaga administratif, sistem kendali dan jaminan mutu yang berfungsi dengan baik, akuntabilitas yang dapat diandalkan, disertai dengan kemauan, kesadaran, komitmen dan sikap yang kokoh untuk berubah dan berkembang ditunjukan oleh unsur pimpinan lembaga, dan seluruh civitas akademika SPS Universitas Kuningan.

SPS Universitas Kuningan membuka kesempatan untuk memberdayakan segala potensi dan mewujudkan capacity building lembaga dalam mempersiapkan tenaga kependidikan profesional dan tenaga profesional dalam berbagai profesi lainnya sehingga SPS Universitas Kuningan dapat memberikan kontribusi yang lebih nyata lebih bermakna dalam pembangunan pendidikan nasional dan dalam pembangunan bangsa saat ini dan untuk masa depan.

   

Landasan Filosofis dan Paradigma

Pendidikan adalah upaya sistematis dan sistemik dalam pengembangan potensi peserta didik untuk menjadi manusia seutuhnya yang berkualitas. Pendidikan bertujuan memanusiakan manusia sebagai pribadi, anggota masyarakat, dan makhluk Allah YME. Pendidikan adalah upaya sadar manusia untuk membina dan mengembangkan diri menjadi manusia beriman, bertaqwa, berahlak mulia, dan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan amanat pembukaan UUD 1945. ini mengandung makna bahwa pendidikan memiliki keterkaitan dengan berbagai upaya peningkatan kualitas hidup manusia. Dalam upaya peningkatan kualitas hidup manusia pendidikan memanfaatkan hasil kebudayaan manusia, seperti ilmu, teknologi, dan seni yang berlangsung secara integral menyentuh keseluruhan aspek diri manusia. Karena itu proses pendidikan yang esensinya tidak lain adalah proses learning merupakan proses yang melekat dengan kehidupan sepanjang hayat. Esensi tujuan pendidikan adalah menumbuhkan kesadaran akan tingginya harkat dan martabat manusia, kesadaran akan perbedaan mana yang benar dan yang tidak benar dalam setiap langkah dalam menempuh kehidupan kemanusiaan ini. Karena itu pendidikan tidak bebas nilai dan nilai perlu selalu melekat dalam proses pembelajaran.

SPS Universitas Kuningan sebagai lembaga pendidikan tinggi mengembangkan dan memanfaatan ilmu dan teknologi dalam suasana pedagogis yang religius dalam tatanan silih asah, silih asih, dan silih asuh. SPS Universitas Kuningan menempatkan ilmu pendidikan sebagai pusat unggulan utama dalam pemberian layanan kepada masyarakat. Alasannya baik secara hakiki maupun empirik tidak ada tatanan kehidupan yang terlepas keterkaitannya dengan kegiatan proses pendidikan. Pendidikan adalah proses yang berlangsung dalam setiap tatanan dan tataran kehidupan.

Atas dasar filosofi yang dipaparkan diatas, dalam melaksanakan fungsi dan tugas pokoknya, SPS Universitas Kuningan menerapkan paradigma pendidikan yang memberikan direction dan koridor yang jelas harus dilalui oleh SPS Universitas Kuningan dalam perjalanannya menuju tujuan yang telah ditetapkan. Paradigma tersebut sebagai berikut :

  1. Bahwa needs for learnings setiap orang mencakup keseluruhan aspek diri dan aspek kehidupan yang saling berkaitan dalam suatu kerangka utuh.
  2. Bahwa proses learning itu melekat dalam kehidupan yangdinamis dan berkembang memberikan respons terhadap berbagai kebutuhan yang berkembang;
  3. Bahwa dalam learning tersebut guru memiliki multi fungsi yang diperlukan dan tidak dapat digantikan oleh teknologi;
  4.  Bahwa guru harus berkembang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni karena itu guru harus memiliki kemampuan tinggi untuk bersaing dalam melaksanakan fungsinya yang kompleks tersebut.
  5. Bahwa tenaga kependidikan harus dipersiapkan  secara integratif menyatu sehingga darah dan tulangnya menyatu dalam gerak langkahnya sebagai guru dan pendidik yang profesional.
  6. Tenaga kependidikan harus memahami perkembangan perkembangan dari learning needs peserta didik, aspirasi orangtua, masyarakat dan bangsa.
  7. Tenaga kependidikan hanya dapat dipersiapkan secara profesional dalam lembaga yang khusus memperoleh mandat, kemampuan dan ditugaskan untuk maksud tersebut serta dilindungsi oleh peraturan dan perundangan.
  8. Ilmu-ilmu kependidikan berkembang subur melalui transaksi dengan berbagai disiplin ilmu lain yang terus menerus. Karena itu lembaga perguruan tinggi pendidikan tenaga kependidikan bertugas  untuk memfasilitasi interaksi tersebut dalam pengembangan akademik yang terpadu dan berimbang.
  9. SPS Universitas Kuningan yang mengembangkan berbagai disiplin ilmu merupakan wahana yang subur untuk menubuhkembangkan kesemua disiplin-disiplin ilmu tersebut.

 

Kepemimpinan dan Kepeloporan SPS Universitas Kuningan

  SPS Universitas Kuningan adalah satu universitas di Indonesia yang menyatakan komitmen yang yang tinggi terhadap pengembangan ilmu pendidikan dan profesi kependidikan. Komitmen yang tinggi tersebut tidak dinyatakan dalam nama universitas yang mengunakan kata pendidikan tetapi juga tercermin dalam strktur kelembagaan dan pengembangan program. Oleh karena itu SPS Universitas Kuningan harus dapat menunjukan dirinya sebagai pelopor dalam pengembangan ilmu pendidikan dan profesi kependidikan.


Visi

Pada Tahun 2020 menjadi Pusat Studi dan Pengembangan Sumerdaya Manusia yang Unggful dan Profesional dalam Bidang Pendidikan di Jawa Barat

  Misi

  1. Membina dan mengembangkan   kehidupan akademik yang sehat sesuai dengan nilai-nilai  dan norma-norma yang berkembang  di dunia akademik.
  2. Menyelenggarakan riset-riset ilmiah yang tidak saja mampu mendorong pertumbuhan ilmu dan teknologi lagi juga dapat menjamin kebutuhan dunia industri dan bisnis yang berkembang sangat pesat dewasa ini.
  3. Menjadi sarana terjadinya pertemuan-pertemuan ilmiah baik lingkup lokal maupun nasional sehingga dapat memberikan warna dan kontribusi yang nyata dalam kemajuan ilmu dan teknologi.
  4. Melayani, memandu, dan menyatu dengan masyarakat dalam upaya ikut serta mewujudkan masyarakat baru Indonesia yang adil dan makmur.
  5. Menjadi sarana penggodokan generasi muda sehingga mampu mandiri, profesional, dan berakhlak mulia yang bermanfaat bagi dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.

 

1.    Tujuan Sekolah Pascasarjana

    1. Menyiapkan  peserta  didik menjadi kader bangsa yang mandiri, profesional, dan berakhlak mulia.
    2. Mempersiapkan peserta didik menjadi ilmuwan muda yang memiliki integritas dan dedikasi yang tinggi serta memiliki komitmen untuk mengembangkan ilmu dan teknologi.
    3. Mengembangkan ilmu dan teknologi serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.
    4. Melayani dan mendampingi pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan di segala bidang.
    5. Menjadi mitra masyarakat bisnis dalam upaya mengembangkan kehidupan yang lebih baik.
    6. Melayani dan mendampingi masyarakat untuk tumbuh manjadi masyarakat yang cerdas, kreatif, dan mandiri.

Profil Lulusan

Atas Dasar landasan filosofis, paradigma, visi, dan misi serta tujuan, maka profil lulusan yang dicita-citakan adalah sebagai berikut :

  1. Lulusan SPS Universitas Kuningan memiliki integritas kepribadian tinggi yang beriman, tagwa dan berahlak mulia sebagai insan intelektual, pendidik, profesional yang memiliki kekuatan dan kemampuan untuk berjuang, bersaing, bekerja sama, bagi kepentingan pembangunan bangsa dannegara.
  2. Seabagai pendidik, lulusan SPS Universitas Kuningan memiliki kemampuan dan komitmen tinggi untuk memberikan yang terbaik kepada peserta didik untuk pengembangan keseluruhan potensi dan kebutuhan peserta didik.
  3. Sebagai seorang profesional, lulusan SPS Universitas Kuningan memiliki kemampuan tinggi dalam bidang keilmuannya, berpandangan luas, bersikap positif, memiliki daya tahan dan daya juang dalam menghadapi permasalahan dan kesulitan dalam kehidupan.
  4. Sebagai warga negara lulusan SPS Universitas Kuningan memiliki rasa cinta bangsa, cinta negara dan komitmen tinggi untuk membangun dan membela negara Kesatuan Republik Indonesia.
  5. Sebagai Guru, Lulusan SPS Universitas Kuningan memiliki kemampuan menguasai bidang keilmuannya dengan baik menguasai berbagai metodologi dan startegi pembelajaran yang modern, memiliki pemahaman tentang peserta didik termasuk tahapan pembelajaran, dan perkembangannya, kebutuhannya, menguasai teknologi pembelajaran, dan memiliki rasa cinta terhadap peserta didik dan profesi kependidikan yang ditekuni.
  6. Dalam proses globalisasi, lulusan SPS Universitas Kuningan memposisikan diri untuk selalu memandang globalisasi sebagai peluang yang harus dimanfaatkan sedemikan rupa untuk kepentingan pengembangan diri, pelaksanaan tugas, untuk kepentingan pendidikan nasional dan untuk kepentingan pembangunan bangsa dan negara.

 

Keseluruhan Prioritas pengembangan SPS Universitas Kuningan sebagaimana diuraikan tersebut diatas dirumuskan kedalam kebijakan pengembangan SPS Universitas Kuningan yang secara operasional dijabarkan pula kedalam program pengembangan yang secara lengkap dan rinci disajikan berikut ini :

  A. Manajemen Kelembagaan

  Tujuan kebijakan ini adalah terciptanya pembaharuan atau reformasi sistem tatanan kelembagaan secara menyeluruh sehingga tercipta sebuah sistem manajemen yang efisien dan efektif, ramping dan fleksibel dan memiliki kemampuan bergerak dan berbuat dengan cepat dan tepat. Good gevernance Sekolah Pascasarjana diharapkan dapat pula diciptakan melalui pembaharuan ini.

Penerapan IT dalam proses manajemen merupakan instrument untukmeningkatkan efisiensi dan memberikan kemampuan layanan yang cepat dan tepat dan akurat.

Untuk melaksanakan kebijakan dan mewujudkan tujuan tersebut diatas, maka disusun sejumlah program berikut :

  • Menyusun berbagai peraturan dan ketentuan akademik dannon akademik yang yang diperlukan untuk memfungsikan sistem manajemen baru tersebut
  •  Menyusun prosedur dan tatakerja baru sesuai dengan perubahan yang telah ditetapkan.
  • Mempersiapkan perangkat operasional manjaemen untuk memfungsikan keseluruhan komponen manajemen kelembagaan sesuai dengan system manajemen yang baru.
  • Menyempurnakan penerapan IT dalam setiap Komponen manajemen kelembagaan
  • Menyempurnakan perangkat IT yang diperlukan untukmeningkatkan efisiensi proses manajemen yang berbasis IT
  • Menumbuhkan profesionalisme, budaya dan disiplin kerja yang tinggi dalam upaya menciptakan good governance dalam proses manajemen universitas secara total.

 

B. Akademik

Tujuan Kebijakan ini adalah untuk mewujudkan kurikulum yang relevan, muktakhir dan memiliki kemampuan untuk memberikan jawaban terhadap tuntutan yang berkembang. Kurikulum yang berlaku saat ini adalah kurikulum 1993-94 yang memerlukan review dan evaluasi serta pembaharuan. Kebijaksanaan ini begitu penting karena isi pembelajaran di Uniku untuk semua jenis dan jenjang program pendidikan dikemas dalam kurikulum ini.   Program-program untk mewujudkan tujuanin adalah sebagai mana tercantum dibawah ini:

  • Melaksanakan review dan evaluasi kurikulum
  • Menetapkan perubahan kurikulum yang diperlukan
  • Menyiapkan langkah dan perangkat untuk menerapkan perubahan tersebut.
  • Melaksanakan pengawasan, pembinaan dan pengendalian dalam implementasi perubahan kurikulum.

 

Isi pendidikan di SPS Universitas Kuningan dikemas dalam kurikulum, implementasi kurikulum adalah proses pembelajaran atau PBM. Ini berarti mutu pendidikan di SPS Universitas Kuningan tergantung kepada mutu proses PBM. Proses PBM Melibatkan sejumlah komponen pembelajaran yang berkontribusi terhadap upaya peningkatan PBM. Karena itu program - program peningkatan PBM. Karena itu program-program peningkatan mutu PBM sebagai upaya melaksanakan kebijaksanaan ini adalah sebagai berikut :

  1. Menetapkan standar mutu perkuliahan
  2. Memperbaharui Silabus
  3. Mengembangkan berbagai strategi dan model mengajar
  4. Melengkapi perangkat teknologi yang diperlukan bagi setiap perkuliahan
  5. Mengaitkan perkuliahan dengan sumber belajar di perpustakaan dan akses informasi di pusat layanan internet
  6. Memperluas dan mengintesifkan penulisan buku text
  7. Menyempurnakan sistem evaluasi terhadap mahasiswa
  8. Menginsentifkan evaluasi terhadap performance mengajar dosen
 
 
C. Fasilitas Pembelajaran

 

Fasilitas Pembelajaran berbentuk ruang kuliah, lab, shop, peralatan, teknologi pembelajaran, media pembelajaran yang diperlukan untuk melaksanakan proses belajar mengajar. Fungsi fasilitas pembelajaran ini adalah untuk mendukung dan memfasilitasi agar proses belajar dan pembelajaran terjadi dan dilaksanakan dengan lebih baik dan lebih bermutu. Untuk dapat melaksanakan fungsi ini fasilitas tersebut harus sesuai dengan karakteristik program studi, memadai, mutakhir, ekonomis, dan mudah dalam pengadaan dan pengembanganya. Mutu banyak dibantu oleh fasilitas pembelajaran ini. Fasilitas pembelajaran yang tersedia saat ini amat bervariasi dan terbatas, karena upaya pengadaan dan pengembangannya pun dilaksanakan  secara bertahap. Fasilitas pembelajaran ini harus terus disempurnakan  dan dikembangkan agar dapat memenuhi standar akademik dan berfungsi dengan efisien dan efektif. Tujuan kebijaksanaan ini adalah untuk menyediakan keseluruhan fasilitas pembelajaran ini dan mewujudkan keseluruhan fungsi dengan segala persyaratan standar yang diperlukan. Program-program untuk mengoperasionalkan kebijaksanaan ini adalah seperti tercantum berikut ini :

  • Mempersiapkan rancangan pembangunan ruang kuliah, lab, shop dan studio
  • Mengupayakan berbagai bantuan dari dalammaupunluar negeri untuk mendanai pembangunan berbagai fasilitas perkuliahan.
  • Menuntaskan pembangunan fasilitas pembelajaran yang saat ini sedang dilaksanakan.
  • Memantapkan sistem manajemen fasilitas pembelajaran termasuk pemanfaatan pemeliharaan, dan pengamanannya seara sistemik dan komprehensif.

 

D. Sumber Daya Manusia

  Sumber daya manusia dalam kebijasanaan ini khusus tenaga akademik seperti dosen, teknisi, laboran, serta staf administrasi penunjang yang berperan penting dengan tugas yang berbeda daam proses pendidikan di SPS Universitas Kuningan. Secara total SDM ini merupakan faktor strategik dalam upaya peningkatan mutu pembelajaran dan mutu layanan manajemen. Atas dasar posisi SDM ini, maka peningkatan kualifikasi pengembangan mutu, dan jumlah SDM sesuai kebutuhan pengembangan SPS Universitas Kuningan amat penting pula. Kebijaksanaan ini merupakan upaya untuk mewujudkan semua yang diuraikan diatas. Adapun program-program yang tercantum di bawah ini adalah untuk menjabarkan kebijaksanaan tersebut secara proporsional.

  1. Mengembangkan proyeksi kebutuhan SDM  bagi SPS Universitas Kuningan untuk kurun waktu empat tahun kedepan.
  2. Memberikan kesempatan bagi setiap dosen untuk mengikuti studi lanjut ke jenjang S3 sesuai dengan bidang studi yang relevan dan diperlukan sehingga pada tahun 2013 semua tenaga edukatif SPS Universitas Kuningan memiliki kualifikasi minimal S3.
  3. Memberikan kesempatan kepada tenaga teknisi, laboran dan administrasi untuk meningkatkan kualifikasi pendidikannya sesuai dengan pekerjaan.
  4.  Mengembangkan system incentive bau yang mendorong  SDM untuk meningkatkan mutu kinerja dosen dan tenaga administratif.
  5. Menumbuhkan profesioanlisme dalam upaya melaksanakan efisiensi manajemen dan menumbuhkan work culture dan work discipline.
  6. Mengembangkan berbagai pelatihan jangka pendek untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan baru sesuai dengan persyaratan kerja baru

 

E. Penelitian dan Pengembangan

  Tujuan kebijakan ini adalah untuk meningkatkan mutu dalam berbagai aspek research, memperluas bidang garapan, mengembangkan research tim yang kuat, mengembangkan research alliance terutama dengan dunia bisnis dan industri, mandorong kretifitas dan inovasi, sehingga terjadilah dinamika untuk merubah image stagnasi dalam research di perguruan tinggi. Research adalah tulang punggung pengembangan berbagai disiplin ilmu, berbagai inovasidengan patennya dan alternatif strategi untuk memecahkan permasalahan pendidikan.

Research manajemen yang belum tumbuh dengan baik perlu memperoleh perhatian sehingga networking, research partnership secara internasional dapat pula dikembangkan. Untuk melaksanakan kebijaksanaan ini sejumlah yang tersusun dibawah ini amat diperlukan untuk secara operasional melaksanakan kebijakan tersebut dengan efisien.

  1.  Mengadakan berbagai pelatihan tentang metodologi research dan manajemen research bagi para dosen.
  2.  Mempublikasikan hasl-hasil research.
  3.  Mendorong dan memfasilitasi dosen untuk mengembangkan inovasi dalam berbagai disiplin ilmu
  4. Mengembangkan sistem informasi research
  5.  Mengembangkan network research dengan berbagai perguruan tinggi

 

F. Pengembangan dan Pembelajaran Masyarakat

Kebijaksanaan ini merupakanjembatan antara universitas dan masyarakat dalam arti penerapan berbagai disiplin ilmu yang secara alamiah diterapkan untuk memecahkan berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat. Program-program untuk mewujudkan kebijaksanaan ini adalah seperti tercantum dibawah ini.

  • Mengkaji ulang tentang konsep dan prinsip serta pendekatan pendekatan dalam pengabdian kepada masyarakat.
  • Mengadakan berbagai pelatihan strategi pengabdian kepada masyarakat dalam upaya community development.
  • Mengembangkan sebuah format pengabdian kepada masyarakat yang khas SPS Universitas Kuningan
  • Memberikan insentif kepada dosen untuk mengembangkan inovasi.
  • Mempublikasikan hasil-hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  • Memasarkan hasil-hasil program pengabdian kepada masyarakat.

 

G. Manajemen Keuangan

  Dana adalah salah satu sumber daya perguruan tinggi yang menentukan hidup matinya perguruan tinggi. Karena itu pengembangan system manajemen keuangan itu begitu penting dalam keseluruhan proses dan tahapan. Kemantapan dalam mengembangkan rencana anggaran, kemantapan dalam pemanfaatan dana secara efisien sesuai dengan prioritas alokasi dana, hanya dapat diwujudkan bila system manajemen keuangan tersebut telah berjalan dengan lancar dan efektif. Kebijaksanaan ini bertujuan agar SPS Universitas Kuningan memiliki sebuah system manajemen keuangan yang kuat dan efisien yang menerapkan IT sehingga uang dapat dimanfaatkan dengan lancar dan aman.

Program ini adalah sebagai berikut.

  • Mereview dan menyempurnakan prosedur dan tatakerja keuangan dalam system anggaran terpadu yang diterapkan saat ini.
  • Mengembangkan system manajemen keuangan berbasis IT.
  • Menggali berbagai sumber pendanaan baru yang dapat meningkatkan pendapatan setiap tahunnya.
  • Mengembangkan system pengawasan internal untuk meningkatkan efisiensi manajemen keungan dan mengeleminasi pemborosan dana.
  •  Mengembangkan system akuntabilitas yang bebas kesalahan.

 

H. Sistem Kendali dan Jaminan Mutu

  System kendali dan jaminan mutu di SPS Universitas Kuningan merupakan perangkat manajemen kelembagaan yang berfungsi untuk menjaga dan memantapkan upaya peningkatan mutu yang dilaksanakan secara menyeluruh di SPS Universitas Kuningan. Tujuan kebijaksanaan sistem kendali dan jaminan mutu ini adalah untuk menjaga agar standard mutu yang menyangkut input, proses dan output tetap terpelihara sehingga SPS Universitas Kuningan dari segala sudut dapat meningkatkan mutu dengan mantap dan terarah. Tiga program telah dirumuskan untuk mewujudkan tujuan pengendalian dan jaminan mutu ini. Ketiga program tersebut adalah :

  • Mereview system kendali dan jaminan mutu kelembagaan yang berlaku dan mengembangkan sebuah system kendali mutu kelembagaan total yang menyangkut berbagai komponen universitas baik akademik maupun non akademik.
  • Mempersiapkan berbagai perangkat pendukung untuk meningkatkan efisiensi implementasi system kendali mutu total tersebut.
  • Memfungsionalkan system kendali dan jaminan mutu total tersebut terhadap keseluruhan unsur atau komponen inti universitas.

 

I. Pengembangan Kehidupan Kemahasiswaan

  Mahasiswa adalah komponen besar yang strategik dalam pengembangan SPS Universitas Kuningan. Mahasiswa dituntut untuk mengembangkan diri secara kelembagaan dan dituntut juga untuk berpartisipasi dalam keseluruhan kegiatan pengembangan SPS Universitas Kuningan. Tujuan kebijaksanaan ini adalah untuk mencari berbagai pola baru dalam pembinaan mahasiswa. Mahasiswa tidak perlu dikuasai atau dikendalikan, tapi dibangun dan dikembangkan, sehingga mereka sia[ untuk menjadi pemimpin intelektual masa depan kelak. Adapun program untuk melaksanakan dan mengoperasionalkan kebijaksanaan ini seperti berikut ini.

  • Menyusun paradigma dan pendekatan baru dalam membina dan mengembangkan kehidupan kemahasiswaan yang sesuai dengan abad informasi saat ini.
  • Mengembangkan berbagai program pendidikan kepemimpinan mahasiswa sebagai kader intelektual bangsa.
  • Mengembangkan program studi banding mahasiswa keberbagai negara.
  • Menyempurnakan program pengembangan bakat, minat, dan nalar mahasiswa.
  • Membangun kembali student government yang sesuai dengan dinamika dan perubahan nasional dan global.

 

J. Pengembangan dan Penerapan ICT

  1. Membangun infrastruktur IT/ICT di SPS Universitas Kuningan secara total.
  2. Menuntaskan pembangunan SPS Universitas Kuningan Net Center.
  3. Mengembangkan e-learning.
  4. Mengembangkan e-management baik dalam bidang akademik maupun bidang non akademik.
  5. Mengembangkan  digital  library  untuk kepentingan peningkatan mutu pembelajaran SPS Universitas Kuningan secara menyeluruh.

 

K. Kerjasama, Networling dan kemitraan

  Dalam pengembangan universitas, SPS Universitas Kuningan tidak mungkin jalan sendiri tanpa ada kerjasama, networking atau kemitraan dengan berbagai instutusi lain baik yang sejenis maupun yang tidak sejenis diluar maupun didalam negeri. Kebijaksanan ini mendorong SPS Universitas Kuningan untuk selalu mengembangkan kerjasama, networking dan kemitraan, agar outsourcing dapat dilaksanakan dengan baik. Kerjasama inilah yang membuka pintu agar terbuka kepada dunia dalam berbagai hal yang menyangkut berbagai disiplin ilmu. Adapun program-program yang telah di kembangkan sebagai berikut.

  • Mengembangkan hubungan kerjasama dengan pemerintah daerah otonom dalam rangka pembangunan pendidikan di daerah.
  • Membina hubungan kerjasama dengan berbagai lembaga perguruan tinggi nasional yang saling menguntungkan.
  • Mengembangkan partnership atau kemitraan dengan masyarakat bisnis dan industri dalam kaitannya dengan pemasaran lulusan.
  • Memantapkan kerjasama dengan sekolah dalam berbagai kegiatan pembangunan pendidikan di sekolah.
  • Mengembangkan hubungan kerjasama dan kemitraan dengan berbagai institusi kemasyarakatan dalam upaya membangun dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

 

L. Public Relations ( Kehumasan)

  Public Relations atau kehumasan bagi universitas adalah amat penting, sebab PR merupakan corong informasi dan komunikasi baik kedalam seluruh unit kelembagaan yang ada, maupun untuk keluar. Tujuan kebijaksanaan ini adalah untuk mengembangkan hubungan yang luas dengan berbagai media masa dan media elektronik, sehingga SPS Universitas Kuningan memperoleh akses yang baik dan luas untuk memanfaatkan mass media bagi kepentingan SPS Universitas Kuningan. Keseluruhan program  public relations  ini tercantum di bawah ini :

  • Membina hubungan baik dengan media masa baik media cetak maupun media elektronik.
  • Meningkatkan komunikasi sosial SPS Universitas Kuningan hingga menempati posisi kuat dan menjadi milik masyarakat.
  • Mengembangkan program memberdayaan masyarakat yang dilaksanakan oleh SPS Universitas Kuningan untuk mengokohkan pengakuan terhadap SPS Universitas Kuningan oleh masyarakat.
  • Mengembangkan komunikasi sosial politik dengan segala lapisan pimpinan masyarakat untuk menarik komitmen mereka terhadap pembangunan pendidikan nasional.

 

M. Akuntabilitas

  Akuntabilitas akhir-akhir ini mengemuka sebagai tuntunan publik untuk terhadap investasi yang dipergunakan. Tujuan kebijaksanaan ini adalah agar SPS Universitas Kuningan secara mantap memiliki sistem untuk pertanggungjawaban kepada publik terhadap keseluruhan kegiatan yang dilaksanakannya sehingga publik memberikan kepercayaan yang semakin kokoh kepada SPS Universitas Kuningan dalam melaksanakan Visi dan Misinya. Untuk melaksanakan kebijaksanaan ini telah dirumuskan sejumlah program pengembangan yang operasional seperti tercantum berikut ini.

  1. Memfungsikan Dewan Audit untuk melaksanakan manajemen Audit terhadap universitas.
  2. Membentuk internal  audit task force, yang bertugas untuk melaksanakan audit internal terhadap seluruh unit manajemen dalam lingkungan SPS Universitas Kuningan.
  3. Mengintensifkan melekat secara menyeluruh.
  4. Mengembangkan instrument evaluasi kinerja dan menerapkannya terhadap seluruh unsur pejabat dan dosen serta karyawan universitas.
  5. Menyiapkan laporan akuntabilitas secara teratur untuk setiap tahun.